Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Larangan Pengobatan Selain Dengan Syariat Islam

Larangan Pengobatan Selain Dengan Syariat Islam

T Diposting oleh pada 27 April 2018
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 543 kali

Menurut ilmu medis, sakit merupakan kondisi dimana tubuh mengalami penurunan daya tahan tubuh atau yang disebut imunitas. Bagi yang sedang sakit disarankan untuk memenuhi makanan yang sehat. Selain itu mereka juga dianjurkan untuk minum obat yang telah diberikan oleh dokter. Namun, masih banyak bagi penderita sakit memilih jalan lain dengan berobat ke orang pintar atau yang disebut dukun.

Sakit dan sehat merupakan ujian dari Allah, ketika sehat apakah kita manfaatkan sehat tersebut untuk selalu menjalankan segala perintahnya atau sebaliknya. Begitu juga ketika kita sakit, apakah sakit tersebut membuat kita untuk mendekatkan diri padanya atau malah semakin jauh darinya. Islam sangat melarang hambanya untuk berobat atau minta pertolongan kepada para ahli sihir. Karena ini merupakan suatu kemusyrikan, dan tiada manfaat didalamnya untuk didunia ataupun diakhirat.

Karena mereka tidak tahu, maka mereka melarikan diri mereka ke para dukun. Ini terjadi karena kurang pengetahuan agama yang mereka miliiki. Disamping itu banyak juga yang sadar akan metode dukun lebih efektif dibanding dengan metode kedokteran yang padahal sekarang ini sudah berkembang pesat. Allah SWT berfirman yang artinya, “Dan sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barang siapa yang menukarnya (kitab Allah) dengan sihir itu, tiadalah baginya keuntungan diakhirat.”

pola hidup sehat, gaya hidup sehat, hidup sehat ala rasulullah, sehat, sakit, mati

Hidup Sehat Dengan Pola Rasulullah SAW

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan ) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” ( QS. Al-Ahzab : 21). Dalam diri Rasul sudah tertanam berbagai kebaikan. Bila kita mengikuti kebiasaan Beliau maka, hidup kita akan selalu sehat. Karena Nabi sendiri hanya merasakan sakit 2(dua) kali yaitu pada saat diracuni oleh wanita yahudi dan ketika menjelang akhir hayatnya.

Dan berikut pola hidup sehat ala Rasulullah :

  1. Makan makanan yang halal dan baik

Rasulullah SAW selalu makan dengan yang halal dan baik yaitu memakan, ikan laut yang segar, madu, daging, susu, biji-bijian dan buah-buahan (seperti tin, anggur, delima, kurma, dan zaitun).

Rasulullah SAW bersabda , yang artinya, “Makanlah minyak zaitun dan berminyaklah dengannya. Sesungguhnya ia berasal dari pohon yang diberkahi.” (diriwayatkan oleh Mahmud bin Ghailan, dari Abu Ahmad azzubair dan diriwayatkan juga oleh Abu Nu’aim, keduanya menerima dari Sufyan , dari Abdullah bin Isa, dari seorang laki-laki ahli syam yang bernama Atha’,yang bersumber dari Abi Usaid r.a.

Rasulullah SAW bersabda, yang artinya, “Barang siapa yang makan tujuh butir kurma, maka akan terlindung dari racun”

  1. Habbatussauda (Jintan Hitam)

Selain mengonsumsi makanan yang telah disebutkan sebelumnya, yang berikutnya ialah jintan hitam atau yang dikenal dengan habbatussauda. Mengonsumsi Habbatussauda dapat menjaga kesehatan tubuh dan stamina.  Campur dengan madu dan berbekam jika sakit.

  1. Makan Sesuai Dengan Anjuran

Selain memakan makanan yang halal dan baik, Rasulullah menganjurkan untuk makan tidka berlebihan dan makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Karena Rasulullah tidak menyukai hal-hal yang berlebihan termasuk dalam asupan makanan yang masuk kedalam tubuh beliau. Karena 1/3 untuk makan, 1/3 untuk minum, 1/3 untuk bernafas.

Dan makan yang berlebihan dapat membuat kita sulit untuk bernafas.

  1. Rutin Berolahraga

Rasulullah menganjurkan berolahraga, agar tubuh tetap sehat dan kuat. Dan jenis permainan olahraga yang Rasulullah biasa lakukan adalah berlatih memanah, menunggang kuda dan berenang, Rasul pun selalu mengajak anak dan isterinya untuk berolahraga bersama-sama.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya, “Ketahuilah bahwa yang dimaksud kekuatan itu adalah memanah, beliau mengucapkannya tiga kali.” (HR. Muslim). Dalam hadits lain juga dijelaskan, “Kamu harus belajar memanah, karena memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu.” (HR. Bazzar dan Thabrani).

  1. Rajin Membersihkan Gigi

Rasulullah SAW sangat memperhatikan kesehatan gigi dan membersihkannya dengan siwak atau nama lain dari akar pohon salvadora persica. Dan waktu-waktu untuk membersihkan gigi yang disarankan adalah sebelum shalat, sebelum tidur, dan ketika bangun tidur. Bila tidak memiliki siwak dapat dengan sikat gigi biasa.

  1. Tidur Lebih Cepat dan Bangun Lebih Awal Pagi

Rasulullah SAW selalu tidur selepas ba’da isya atau sampai pukul jam 9 malam, beliau tidk pernah begadang kecuali ada hal mendesak. Beliau tidur lebih awal agar bangun lebih pagi pada sepertiga malam untuk menjalankan shalat malam.

  1. Rajin Berpuasa

Rasulullah selalu menjalankan puasa senin kamis untuk menghindarkan dari berbagai penyakit.

  1. Tidak Mudah Marah

Ternyata mudah marah dapat mengganggu kesehatan, krena mudha marah dapatmengakibatkan sakit kepala, masalah sistem pencernaan, darah tinggi, depresi dan sakit jantung.

  1. Menjaga Kebersihan

Selain menjaga kesehatan gigi dengan bersiwak, Rasulullah selalu mandi sebelum subuh. Mandi sebelum subuh kandungan oksigen dalam airnya sangat tinggi, sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan dapat menurunkan depresi, sakit kepala adn sehat untuk jantung dan paru-paru.

Makna Dari Sehat Sakit Dan Mati

Allah SWT ciptakan bumi dan segala isinya agar hanya untuk semata-mata beribadah hanya kepada-Nya. Bagi mereka yang taat kepada Allah, maka Allah selalu akan memberikan apa yang kita minta kepada-Nya. Maka ketika sakit hendaklah kita memohon kesembuhan kepada Allah tidak pada benda atau wujud lainnya. Bila kita meminta kesembuhan pada selain padaNya, maka dosa besar akan menimpa kita, ialah musyrik.

Bila kita sehat hendaklah kita bersyukur, bila kita sakit mohonlah kesembuhan, bila kita sudah mati apa yang akan minta? Hanya malaikat yang menjemput kita. Hati sangat erat kaitannya dengan kesehatan tubuh. Bila hatinya sehat maka seluruh tubuhnya akan sehat, bila hatinya sakit maka seluruh tubuhnya bisa tertular sakit, bila hatinya mati? Naudzubillah, semoga kita selalu mohon ampunan kepada Allah. Bisa jadi segalanya adalah ujian bagi makhluk yang bernyawa dan berakal.

Allah SWT berfirman yang artinya, “ (Yaitu Tuhan) yang telah menciptakanku, maka Dialah yang memberi petunjuk kepadaku. Dan Tuhanku, yang Dia memberi makan dan minum kepadaku. Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkanku. Dan yang akan mematikan aku, kemudian akan menghidupkanku(kembali). Dan yang amat kuinginkan akan mengampuni kesalahanku pada hari kiamat.” (QS. Asy-Syuara’ 78-82).

Belum ada Komentar untuk Larangan Pengobatan Selain Dengan Syariat Islam

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Larangan Pengobatan Selain Dengan Syariat Islam

keutamaan puasa asyura

Keutamaan Puasa Sunnah Asyura Di Bulan Muharram

T 31 August 2018 F A WP-YNI

Puasa merupakan salah satu perintah Allah bagi hambaNya, yang mana puasa merupakan bertujuan untuk menahan rasa haus, lapar dan nafsu manusia. Puasa wajib ialah puasa Ramadhan yang mana dikerjakan mendapat pahala yang berlipat ganda bila ditinggalkan tanpa sabab musabab yang... Selengkapnya

Shalat Tarawih

Keutamaan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan

T 28 May 2018 F A WP-YNI

Shalat tarawih merupakan shalat sunnah yang hanya ada dibulan suci Ramadhan. Shalat sunnah ini dilaksanakan ba’da Shalat Isya yang terdiri dari 23 Rakaat. Shalat tarawih merupakan shalat sunah dengan segudang pahala. Shalat tarawih ini memiliki pahala yang sangat luar biasa... Selengkapnya

ADA APA DI BULAN RAMADHAN

Ada Apa Di Bulan Ramadhan?

T 1 April 2019 F , A WP-YNI

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling dinantikan oleh umat muslim seluruh dunia. Bila sudah mendekati Ramadhan, begitu banyak persiapan yang kita kumpulkan untuk menyambut datangnya Ramadhan. Dimulai dengan melaksanakan puasa dibulan Ramadhan (Rukun Islam ke tiga), Shalat Terawih dan Tadarus.... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00