Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Pendidikan » Keutamaan Orang Tua Mengajarkan Al-Quran Kepada Anaknya

Keutamaan Orang Tua Mengajarkan Al-Quran Kepada Anaknya

T Diposting oleh pada 15 April 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 325 kali

Keutamaan Orang Tua Mengajarkan Al-Quran Kepada Anaknya

Orang tua yang mengajarkan anaknya Al-Qur’an merupakan sebuah keutamaan. Karena orang tualah sekolah pertama bagi anak. Anak-anak tersebut akan meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Sebab itu, mengajarkan anaka dengan hal-hal yang baik merupakan kewajiban orang tua kepada anak-anaknya termasuk mengajarkan Al-Qur’an.

Al-Qur’an merupakan sebuah kitab sebagai penuntun hidup manusia, Al-Qur’an diturunkan oleh Allah subhanahuwata’ala sebagai cahaya pembeda antara kebenaran dan kebathilan. ketika seorang anak dapat mengambil pembenaran dari Al-Qur’an yang dapat membedakan mana baik dan buruk serta dapat mengamalkannya, Allah subhanahuwata’ala menjamin keberkahan di akhirat kelak bagi orang tuanya.

Orang tua memiliki kewajiban untuk membimbing anak-anaknya nanti, sebagaimana Allah subhanahuwata’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, periharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjkan apa yang diperintahkan.” (QS. At-Tahrim : 6)

 

Anjuran Orang Tua Mengajarkan Al-Qur’an Pada Anak

Para orang tua dihimbau agar dapat mengajarkan anaknya untuk bisa membaca dan mengamalkan Al-Qur’an, hal ini merupakan salah satu hak anak atas orang tua selain yang dua, yakni :

“Hak anak atas orang tua nya ada tiga: pertama memilihkan anak nama yang baik ketika baru lahir, mengajarkan Kitabullah (Al-Qur’an) ketika mulai berfikir dan menikahkannya ketika dia dewasa.” (HR. Ahmad).

Memberikan pendidikan Al-Qur’an sedini mungkin merupakan tindak pencegahan. Anak-anak yang tidak dibekali pendidikan Al-Qur’an besar kemungkinan anak tersebut dapat menjadi sebuah keburukan bagi orang tuanya, seperti anak tersebut tidak tahu adab ke orang tua, berani, dan pasti anak tersebut berada di jalan yang sesat yang dapat menjerumuskan orang tuanya sendiri ke dalam neraka.

Pendidikan sedari dini itu memiliki pengaruh yang lebih kuat dan lebih membekas dibanding memberikan pedidikannya ketika sudah dewasa, ibarat kata pepatah:

“Adalah berguna mendidik anak di waktu kecil dan terkadang berguna mendidik anak di waktu dewasa. Adalah mudah meluruskan ranting yang bengkok dan tidak lah mudah meluruskan jika telah menjadi batang.”

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa yang mengajarkan anaknya membaca Al-Qur’an, maka dosa-dosanya yang akan datang dan yang telah lalu akan diampuni. Dan barang siapa mengajarkan anaknya sehingga menjadi hafizh Qur’an, maka pada hari kiamat ia akan dibangkitkan dengan wajah yang bercahaya seperti cahaya bulan purnama, dan dikatakan kepada anaknya, ‘Mulailah membaca Al-Qur’an’. Ketika anaknya mulai membaca satu ayat dari AlQur’an, ayahnya dinaikkan satu derajat, hingga terus bertambah tinggi sampai tamat bacaannya.” (HR. Thabrani)

Lalu dari Mu’adz Al-Juhani, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya apa yang terkandung didalamnnya, maka kedua orang tuanya akan dikenakan mahkota pada hari kiamat yang cahayanya melebihi cahaya matahari seandainya ada di dalam rumah-rumah kalian di dunia ini, maka bagaimanakah perkiraanmu mengenai orang-orang yang mengamalkannya?” (HR. Ahmad)

Dari Burairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya, maka akan di pakaikan kepadanya sebuah mahkota yang terbuat dari nur. Dan kedua orang tuanya akan dipakaikan dua pasang pakaian yang indah tiada bandinganya didunia ini. Orang tuanya akan bertanya kepada Allah subhanahuwata ‘ala, “Ya Allah, mengapa kami diperlakukan seperti ini?” Jawab Allah, “Ini adalah pahala bacaan Al-Qur’an anakmu.”

Manfaat Al-Qur’an Yang Diajarkan Pada Anak

Al-Qur’an merupakan pedoman hidup kaum muslimin. Al-Qur’an sebagai petunjuk hidup manusia yang mengharahkannya ke arah yang haq. Tanpa Al-Qur’an hidup kita akan berantakan, tidak mempunyai tujuan hidup, banyak melakukan penyimpangan ajaran dalam hidup, jauh dari norma-norma agama dan lain sebagainya. Sungguh ini merupakan sebuah bencana apabila anak-anak kita nanti hidup tanpa tau tujuan hidup yang sebenarnya.

Ketika kita risau anaknya nanti tidak bisa mendapat nilai bagus dipelajaran umumnya, dan kita memberikan pelajaran tambahan kepadanya dengan mengeluarkan uang yang banyak maka seharusnya kita lebih risau lagi pabila anak tidak bisa baca Al-Qur’an dan shalat. Karena, tatkala mereka jauh dari Al-Qur’an maka yang akan menjadi temannya ialah setan yang terus menggodanya ke dalam hawa nafsu duniawi.

Allah subhanahwata’ala berfirman:

وَمَنْ يَعْشُ عَنْ ذِكْرِ الرَّحْمَٰنِ نُقَيِّضْ لَهُ شَيْطَانًا فَهُوَ لَهُ قَرِينٌ. وَإِنَّهُمْ لَيَصُدُّونَهُمْ عَنِ السَّبِيلِ وَيَحْسَبُونَ أَنَّهُمْ مُهْتَدُونَ.

Artinya: “Barang siapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al-Qur’an), kami adakan baginya syaitan (yang menyesatkan) maka syaitan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya. Dan sesungguhnya syaitan-syaitan itu benar-benar menghalangi mereka dari jalan yang benar dan mereka menyangka bahwa mereka mendapat petunjuk.” (QS. Az-Zukhruf : 36-37).

Belum ada Komentar untuk Keutamaan Orang Tua Mengajarkan Al-Quran Kepada Anaknya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Keutamaan Orang Tua Mengajarkan Al-Quran Kepada Anaknya

ADAB TERHADAP ORANG TUA

7 Cara Menghormati Orang Tua Dalam Islam

T 6 December 2018 F , A WP-YNI

Orang tua merupakan manusia yang mengandung kita, melahirkan kita kedunia, membesarkan kita dengan sekuat tenaga dan diisi dengan iman. Yang membesarkan kita tanpa kenal lelah dan selalu menyiakan segala kebutuhan anaknya. Tanpa meminta imbalan ataupun penghargaan. Memberikan pendidikan baik agama... Selengkapnya

Mengisi Kegiatan Positif Di Waktu Senggang

Mengisi Kegiatan Positif Di Waktu Senggang

T 8 April 2019 F , A WP-YNI

Di saat seseorang merasa bosan dan ingin mengisi waktu luang, terkadang banyakan dari mereka akan mengisi waktu kosong mereka dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan yang pastinya untuk menghilangkan rasa suntuk atau bosan. Contohnya dengan bermain game, bermain dengan teman-teman ataupun... Selengkapnya

keutamaan menuntut ilmu

Janji Allah Bagi Manusia Yang Menuntut Ilmu

T 29 March 2018 F , A WP-YNI

Ilmu merupakan pengetahuan untuk kita, dengan ilmu kita akan mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk. Maka itu manusia yang tak berilmu bagai terjebak didalam kegelapan. Mereka tak tahu kemana mereka harus melangkah, bagaimana mereka harus berbuat. Dan terkadang... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00