Beranda » Agama Islam » Bagaimana Menyikapi Orang Yang Membenci Kita?

Bagaimana Menyikapi Orang Yang Membenci Kita?

T Diposting oleh pada 11 November 2019
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1114 kali

Dalam kehidupan bersosialisme pasti ada saja orang yang menyukai atau tidak menyukai kita. Ini merupakan hal yang lumrah terjadi pada kita maupun orang lain. Ada yang suka dan tidak suka, ada yang membenci dan mencintai, ada yang ikhlas dan tidak ikhlas. Ini merupakan sebagai warna kehidupan. Karena semua manusia memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing itu mengingatkan ita agar bermuhasabah diri.

Muhasabah diri ialah mengevaluasi diri. Memperbaiki segala amalan-amalan kita selama ini. Mungkin kita memang melaksanakan ibadah 5 waktu, melaksanakan zakat, melakukan sedekah serta berpuasa layaknya umat muslim pada dasarnya. Namun, ia selalu melakukan maksiat yang mana ia tidak menyadari bahwa segala amal kebaikannya ternyata tidak berdampak pada kehidupannya, malah ia jauh dari-Nya. Maka di sinilah pentingnya muhasabah atau memperbaiki kebiasaan kita yang merupakan bagian dari memaknai segala tujuan manusia di ciptakan.

Dari Syadad bin Aus radhiyallahu anhu, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Orang yang pandai adalah orang yang menghisab (evaluasi) dirinya sendiri serta beramal untuk kehidupan sesudah kematian. Sedangkan orang yang lemah adalah yang dirinya mengikuti hawa nafsunya serta beranga-angan terhadap Allah Subhahu wa ta’ala. (HR. Imam Tirmidzi. Ia berkata hadits ini adalah hadits Hasan.)

Doa-Doa Ketika Di Zalimi

Orang yang bermuhasabah berarti ia telah menjalankan perintah Allah subhanahu wa ta’ala. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman ,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa saja yang telah di perbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hasyr : 18)

Dan berikut doa-doa yang dapat kita baca ketika kita di zalimi:

  • QS. Al – Imran ayat 147

وَمَا كَانَ قَوْلَهُمْ إِلَّا أَنْ قَالُوا رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَإِسْرَافَنَا فِي أَمْرِنَا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Artinya: “ Tidak ada doa mereka selain ucapan: “Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.” (QS. Al Imran : 147)

  • QS. Al – Hasyr ayat 10

وَالَّذِينَ جَاءُوا مِنْ بَعْدِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

artinya: “Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshor). mereka berdoa: “Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebh dulu dari kami dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman, Ya Rabb kami, sesungguhnya ENgkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.””(QS. Al-Hasyr:10­).

  • QS. Yunus ayat 85-86

فَقَالُوا عَلَى اللَّهِ تَوَكَّلْنَا رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ. وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ.

Artinya: “Lalu mereka berkata: “kepada Allah-lah kami bertawakkal! Ya Rabb kami: Janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang dzalim dan selamatkanlah kami dengan rahmat Engkau dari tipi daya orang-orang yang kafir.” (QS. Yunus: 85-86)

Hikmah Mendoakan Orang Yang Membenci Kita

Sebenarnya orang yang tidak menyukai kita berarti ia telah cemburu dengan apa yang telah kita miliki namun ia tidak memilikinya. Maka dari itu ia dengan sengaja menzalimi atau terang-terangan menyatakan ketidaksukaannya pada kita. Maka bila terjadi berdoalah atau doakan memohon ampunan untuknya serta, berikan ia hati yang lapang dan bersih, berikan ia keikhlasan hati supaya ia dapat bersyukur atas apa yang telah diberikan untuknya selama ini.

Dan berikut hikmah dari mendoakan orang yang membenci kita

  1. Hati kita menjadi tenang

Bila ada orang yang tidak menyukaimu dan ia juga melakukan hal yang buruk kepadamu, hendaklah balas dengan kebaikan. Karena apabila keburukan di balas dengan keburukan maka hanya menambah keburukan lainnya dan tidak memperkecil masalah. Tapi bila kita membalasnya dengan kebaikan, maka hati akan menjadi tenang karena kita tak berbuat buruk padanya.

Semoga hati kita senantiasa bersih dari sifat – sifat buruk yang dapat mengkotori hati kita.

  • Mendapat pahala

Keburukan di balas dengan kebaikan, maka pahala turun kepada siapapun yang ikhlas melakukannya. Bukankah islam mengajarkan pada kebajikan bukan keburukan?

Semoga sedikit penjelasan ini daoat mengubah kita untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya serta menjadikan kita umat muslim yang kokoh pada tegaknya kebenaran.

Belum ada Komentar untuk Bagaimana Menyikapi Orang Yang Membenci Kita?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Bagaimana Menyikapi Orang Yang Membenci Kita?

Amalan dibulan puasa

8 Macam Amalan Dibulan Suci Ramadhan

T 22 May 2018 F A Admin Web YNI-1

Bulan suci Ramadhan merupakan bulannya kaum muslimin berlomba-lomba untuk mengais banyak pahala. Mereka umat muslim bergembira dengan datangnya bulan suci ini karena mereka dapat bertemu lagi dengan bulan nan mulia tersebut. Bahkan para sahabat nabi terdahulu diberi kabar oleh Rasulullah... Selengkapnya

Dimasa Pandemic Mengajarkan Kita Arti Lebih Untuk Saling Berbagi

T 1 October 2020 F A Admin Web YNI-1

Dimasa pandemic ternyata mengajarkan kita arti lebih untuk banyak-banyak melakukan kebaikan. Dengan bersedekah atau mengerahkan tenaga kita untuk membantu sesama.

3 fase ramadhan

3 Fase Ramadhan Yang Harus Kita Ketahui

T 10 June 2017 F A Yayasan Nurul Ihsan

Pada umumnya umat Islam telah memahami bahwa puasa Ramadhan selama satu bulan penuh terbagi menjadi 3 fase. Fase Pertama, yakni 10 hari pertama adalah Fase RAHMAT, kemudian 10 hari kedua adalah fase AMPUNAN, dan fase 10 hari ketiga adalah fase... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00