Beranda » Agama Islam » Apa Saja Macam Shalat Yang Tidak Diterima Allah ?

Apa Saja Macam Shalat Yang Tidak Diterima Allah ?

T Diposting oleh pada 8 January 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 637 kali

Shalat merupakan tiang agama. shalat terdiri dari lima waktu, kedudukan shalat lima waktu ini adalah ibarat tiang utama atau tiang penopang sebuah masjid atau bangunan. Bila tiang ini hancur atau roboh maka robohlah bangunan tersebut. Dari Mu’adz bin Jabal, Nabi shallallahu’alaihi wa salam bersabda,

رَأْسُ الأَمْرِ الإِسْلاَمُ وَعَمُودُهُ الصَّلاَةُ

Artinya: “Inti pokok segala perkara adalah islam dan tiangnya (penopang) adalah shalat.” (HR. Tirmidzi no. 2616 dan Ibnu Majah no. 3979. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Dalam hadits tersebut bahwa shalat didalam agama islam merupakan tiang penopangnya sebuah bangunan. Bangunan tersebut bisa roboh  apabila tiang penopang itu patah atau hancur. Begitu juga dengan islam , dapat ambruk dengan hilangnya shalat.  Maka, bersungguh-sungguhlah dalam shalat dengan kesungguhan dan khusu’ nya dalam shalat insyaAllah shalat kita diterima dan tiang agama tidak akan jatuh.

Diwajibkannya kita shalat dalam keadaan yang baik, khusu’ dan ikhlas. Namun masih banyak shalatnya orang muslim yang tidak diterima Allah subhanahuwata’ala karena beberapa factor. Dari Imam Hasan Al-Basri rahimahullah mengatakan, “Wahai anak manusia. Shalat adalah perkara yang dapat menghalangimu dari maksiat dan kemungkaran. Jika shalat tidak menghalangimu dalam kemaksiatan dan kemungkaran, maka hakikatnya engkau belum shalat”.

shalat yang tidak diterima oleh Allah SWT

Rasulullah shallallahu’alaihi wa salam bersabda bahwa: “10 orang shalatnya tidak diterima oleh Allah subhanahuwata’ala, diantaranya:

  1. Lelaki yang shalat sendirian tanpa membaca sesuatu.
  2. Lelaki yang mengerjakan shalat tetapi tidak mengeluarkan zakat.
  3. Lelaki yang menjadi imam, padahal orang yang menjadi makmum membencinya.
  4. Lelaki yang melarikan diri.
  5. Lelaki yang meminum arak tanpa mau meninggalkannya (taubat)
  6. Perempuan yang suaminya marah padanya.
  7. Perempuan yang mengerjakan shalat tanpa memakai tudung.
  8. Imam atau pemimpin yang zalim, sombong dan menganiaya.
  9. Orang-orang yang suka makan riba’
  10. Orang yang shalatnya tidak dapat menahan diri dari melakukan perbuatan keji dan munkar. (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah shallallhu’alaihi wa salam bersabda, “Barang siapa yang shalatnya itu tidak dapat menahannya dari melakukan perbuatan keji dan munkar, maka sesungguhnya shalatnya itu hanya menambah kemurkaan Allah dan juh dari Allah.”

Lalu dari Hassan radhiyallahuanhu berkata, “Kalau shalat kamu tidak dapat menahan kamu dari melakukan perbuatan mungkar dan keji, maka sesungguhnya kamu dianggap orang yang tidak mengerjakan shalat. Dan pada hari kiamat nanti shalatmu itu akan dilemparkan kearah mukamu seperti satu bungkusan kain tebal nan buruk.”

 

Bagaimana Agar Shalat Kita Diterima Oleh Allah SWT

Orang-orang yang mengerjakan shalat saja masih bisa celaka, apalagi orang yang tidak shalat? Lalu apa saja tanda-tanda shalat yang diterima oleh Allah subhanahuwata’ala?

Allah berfirman, yang artinya: “Sesungguhnya Aku hanya akan menerima shalat orang-orang yang merendahkankan dirinya karena kebesaranKu, menahan dirinya dari hawa nafsu karena  Aku, yang mengisi sebagian waktu siangnya untuk berzikir kepadaKu, yang melazimkan hatinya untuk takut kepadaKu, yang tidak sombong terhadap makhlukKu, yang memberi makan pada orang yang lapar, yang memberi pakaian pada orang yang telanjang, yang menyayangi orang yang terkena musibah, yang memberikan perlindungan kepada orang yang terasing. Kelak cahaya orang itu akan bersinar seperti cahaya matahari. Aku akan berikan cahaya ketika dia kegelapan. Aku akan berikan ilmu ketika dia tidak tahu. Aku akan lindungi dia dengan kebesaranKu. Aku akan suruh malaikat menjaganya. Kalau dia berdoa kepadaKu,  Aku akan segera menjawabnya. Kalau dia meminta kepadaKu, Aku akan segera menenuhi permintaannya. Perumpamaannya dihadapanKu seperti perumpamaan Surga Firdaus.

Belum ada Komentar untuk Apa Saja Macam Shalat Yang Tidak Diterima Allah ?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Apa Saja Macam Shalat Yang Tidak Diterima Allah ?

Benarkah Tidak Boleh Puasa Setelah Dipertengahan Sya’ban(BAG.2)

Benarkah Tidak Boleh Puasa Setelah Dipertengahan Sya’ban? (BAG. 2)

T 5 April 2019 F , A Admin Web YNI-1

Berpuasa Satu Atau Dua Hari Sebelum Ramadhan Dari Abu Hurairah ra, Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, لاَ تَقَدَّمُوا رَمَضَانَ بِصَوْمِ يَوْمٍ وَلاَ يَوْمَيْنِ إِلاَّ رَجُلٌ كَانَ يَصُومُ صَوْمًا فَلْيَصُمْهُ Artinya: “Janganlah mendahulukan Ramadhan dengan sehari atau dua hari berpuasa kecuali... Selengkapnya

contoh makanan yang halal dimakan

Memakan Makanan Haram Pemicu Jauhnya Keberkahan

T 19 April 2018 F , A Admin Web YNI-1

Allah SWT sudah menyiapkan umatnya segala macam makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi oleh segala makhlukNya dimuka bumi ini. Banyak sekali makanan yang dapat kita santap namun harus sesuai dengan syariat islam tentunya, ialah makanan dan minuman halal. Di zaman... Selengkapnya

keutamaan Surah Al Kahfi

Keutamaan Membaca Surah Al Kahfi Di Hari Jumat

T 4 July 2019 F A Admin Web YNI-1

Surah Al-Kahfi (الْكَهْفِ) atau disebut dengan Ashabul Kahfi yang artinya penghuni-penghuni gua. Merupakan surah ke 18 yang terdiri dari 110 ayat dan termasuk dalam golongan surah Makkiyah. Surah Al-Kahfi biasa kita baca dimalam Jum’at atau hari Jum’at sebagai bentuk pertahanan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00