Beranda » Agama Islam » Tanda-Tanda Kematian Menurut Qur’an Dan Hadits

Tanda-Tanda Kematian Menurut Qur’an Dan Hadits

T Diposting oleh pada 7 April 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 151 kali
Tanda-tanda kematian menurut qur'an dan hadits

Kematian datang tidak tau kapan waktu dan tempatnya. Apakah di saat kita sedang berbuat kebaikan atau kebathilan? bahkan ada perihal mengatakan bahwa tanda-tanda orang yang akan mati bisa terlihat setelah 100 hari, 40 hari, 7 hari dan 3 hari. Apakah benar demikian?

Berikut kita nilai perihal tersebut, Allah Subhanahu wa ta’ala bersabda:

وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَدًا ۖ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Artinya: “ Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui dengan pasti apa yang akan di usahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. Luqman : 34)

Apapun rencana yang akan kita lakukan besok jangan lupa bahwa kita adalah seorang hamba, rencana kita buat dengan sebaik dan seyakin mungkin namun Allah berkehendak lain. Ada si Z berencana akan meninggal di usia sekian dan meninggal di kampung halaman. Seperti yang kita ketahui bahwa umur manusia tidak ada yang tahu serta mati di mana pun juga tidak tahu.

Seperti yang di sebutkan oleh Allah Subhanahuwa ta’ala, bahwa “ Tiada seorang-pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati.”.

Benarkah Malaikat Maut Datang 70 Kali Sehari?

Dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Bahwa malaikat maut memperlihatkan wajah manusia di muka bumi ini 70 kali dalam sehari. Ketika Izrail datang menatap wajah seseorang, di dapati orang itu ada yang gelak tawa. Maka berkata Izrail : Alangkah herannya aku melihat orang ini, sedangkan aku di utus oleh Allah Ta’ala untuk mencabut nyawanya, tetapi dia masih berhura-hura dan bergelak tawa.

Benarkah hadits sedemikian di atas? Bahwa Malaikat Maut datang kepada kita setiap 70 kali sehari? Bila di hitung 1 hari ada 24 jam berjumlah 1440 menit lalu di bagikan 70 kali maka hasilnya ialah setiap hari Malaikat Maut datang setiap 21 menit sekali. Lalu benarkah demikian. Bukannya kita malah berfikir di setiap 21 menit kita mencoba melakukan kebaikan tapi setelah 21 menit dan sebelum datang 21 menit dapat berbuat sesuka hati? Naudzubillah.

Hadits di atas serupa dengan hadits di bawah ini namun di ketahui ini salah satu hadits palsu.

“Sesungguhnya Malaikat Maut benar-benar melihat kepada wajah-wajah para hamba setiap hari 70 kali. Apabila seorang hamba tertawa, maka ia akan mengutus dan berkata, ‘Betapa mengherankannya, aku di utus kepadanya untuk mencabut nyawanya, sedangkan ia malah tertawa’.” (Riwayat di dalam kumpulan hadits-hadits palsu di kitab Tanzih asy-Syariah al-Marfu’ah ‘an al-Akbar asy-Syani’ah al-maudhu’ah (2:375) yang di susun oleh Ali bin Muhammad al-Kinani)

Menyebarkan hadist yang lemah ialah tidak di benarkan, namun menyebarkan bahwa ketidak jelasan hadits tersebut tidak apa-apa. Dan tidak mengapa mengingat kematian, karena itu merupakan tindakan tepuji dan Allah sukai. Agar kita dapat memotovasi diri kita sendiri untuk terus berbuat baik kepada semua manusia, memperbaiki akhlak, menyempurnakan shalat dan menyebar kebaikan sebagai manusia yang bermanfaat semasa hidup.

Mengingat kematian juga termasuk kedalam keutamaan dari hadits yang mneyebutkan bahwa orang yang paling cerdas ialah orang yang selalu mengingat kematian. Sebagaimana di nukil dalam hadist di bawah ini, yang artinya:

Dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhuma, berkata: “Suatu hari aku duduk bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, tiba-tiba datang seorang lelaki dari kalangan Anshar, kemudian dia mengucapkan salam kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassalam dan bertanya, ‘ Wahai Rasululah, siapakah orang mukmin yang paling utama?’ Rasulullah menjawab, ‘Yang paling baik akhlaknya’. Kemudian ia bertanya lagi, ‘Siapakah orang mukmin yang paling cerdas?’. Beliau menjawab. ‘Yang paling banyak mengingat mati, kemudian yang paling baik dalam mempersiapkan kematian tersebut, itulah orang yang peling cerdas’.” (HR. Ibnu Majah, Thabrani, dan Al Haitsamiy. Syaikh Al –Albani dalam shahih Ibnu Majah 2/419 berkata ini adalah hadits hasan)

Belum ada Komentar untuk Tanda-Tanda Kematian Menurut Qur’an Dan Hadits

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Tanda-Tanda Kematian Menurut Qur’an Dan Hadits

keutamaan puasa asyura

Keutamaan Puasa Sunnah Asyura Di Bulan Muharram

T 31 August 2018 F A Admin Web YNI-1

Puasa merupakan salah satu perintah Allah bagi hambaNya, yang mana puasa merupakan bertujuan untuk menahan rasa haus, lapar dan nafsu manusia. Puasa wajib ialah puasa Ramadhan yang mana dikerjakan mendapat pahala yang berlipat ganda bila ditinggalkan tanpa sabab musabab yang... Selengkapnya

wanita muslimah

19 Pintu Kebaikan Pembuka Jalan Bagi wanita

T 23 March 2018 F , A Admin Web YNI-1

Wanita bagi pandangan Rasulullah ialah kaum hawa, yang dimana Rasulullah angkat derajatnya pada saat jaman jahiliyah. Dijaman tersebut wanita tidaklah memiliki martabat atau harga diri. Mereka tidak dianggap layaknya manusia atau seorang wanita yang harus dilemah lembutkan, dihormati, atau dihargai... Selengkapnya

Keutamaan Membaca Al-Qur’an Walaupun Terbata-Bata

Keutamaan Membaca Al-Qur’an Walaupun Terbata-Bata

T 1 November 2019 F , A Admin Web YNI-1

Masih banyak orang muslim yang tidak mau membaca al-quran atau mempelajarinya. Padahal al-qur’an ialah kitab petunjuk bagi umat muslimin  untuk hidup di dunia. Dan dengan alasan lainnya yakni tidak memiliki waktu senggang karena ia di sibukkan oleh kegiatan dan pekerjaannya... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00