Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Peristiwa-Peristiwa Penting Di Hari Asyuro

Peristiwa-Peristiwa Penting Di Hari Asyuro

T Diposting oleh pada 10 September 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 51 kali
Peristiwa-Peristiwa Penting Di Hari Asyuro

‘Asyuro adalah hari kesepuluh di bulan Muharram. Hari yang berada dalam bulan-bulan haram, bulannya Allah Subhanahuwa ta’ala. Hari yang menyimpan sejarah-sejarah islam yang banyak dan mendalam yang harus diingat oleh muslimin dan muslimat setelahnya. Serta dianjurkannya melaksanakan puasa Sunnah Tasuah serta ‘Asyuro.

Dari Ibnu Abbas ra berkata, yang artinya :

“Nabi tiba di Madinah dan dia mendapati orang-orang Yahudi sedang berpuasa ‘Asyuro. Nabi bertanya: “Puasa apa ini?” Mereka menjawab: “ Hari ini adalah hari yang baik, hari dimana Allah telah menyelamatkan Bani Israil dari kejaran musuhnya, maka Musa berpuasa sebagai rasa syukur kepada Allah Subhanahuwa ta’ala. Dan kami-pun ikut berpuasa. Nabi berkata: “Kami lebih berhak terhadap Musa dari pada kalian.” Akhirnya Nabi berpuasa dan memerintahkan manusia untuk berpuasa.

Tanggal 10 Muharram atau satu ‘asyura merupakan hari bersejarah dalam islam, disebutkan oleh beberapa riwayat tentang peristiwa terdahulu, yakni

  1. Nabi Adam alaihissalam bertaubat kepada Allah subhanahu wa ta’ala dari dosa-dosa yang telah dilakukannya dan Allah mengabulkannya.
  2. Berlabuhnya kapal Nabi Nuh di bukit Zuhdi dengan selamat, setelah dunia dilanda banjir besar yang menghanyutkan dan membinasakan.
  3. Nabi Ibrahim ‘alaihissalam selamat dari siksaan Raja Namrud yakni berupa api yang akan membakar.
  4. Nabi Yusuf ‘alaihissalam, dibebaskan dari penjara mesir karena difitnah
  5. Nabi Yunus ‘alaihissalam selamat dan dapat keluar dari perut ikan hiu
  6. Nabi Ayub ‘alaihissalam disembuhkan olwh Allah dari penyakit yang menjijikan.
  7. Nabi musa ‘alaihissala, dan umatnya Bani Israil selamat dari pengejaran Raja Fir’aun di laut merah. Beliau dan umatnya yang berjumlah kurang lebih lima ratus ribu orang yang selamat memasuki gurun Sinai untuk kembali ke tanah leluhur mereka.

Keutamaan Yang Ada Didalam Bulan Muharram

Muharram dalam Bahasa arab artinya waktu yang diharamkan. Diharamkan untuk menzalimi diri kita sendiri dan berbuat dosa. Muharram termasuk dalam salah satu bulan nya Allah dan disebut dengan salah satu bulan haram. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman :

نَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakam langit dan bumi, diantaranya 4bulan haram. itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang 4 itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka-pun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertaqwa.”  (QS. At-Taubah : 36)

selain penjelasan diatas, berikut keutamaan-keutamaan yang ada dialam bulan Muharram:

  1. Puasa Asyuro dapat diampuni dosa satu tahun lalu dan sesudahnya

وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ

Artinya: “ Dan puasa di hari ‘Asyuro saya berharap kepada Allah agar dapat menghapus doa setahun yang lalu.” (HR. Mulsim : 1162/2746)

  • Dibulan haram dibolehkan berperang melawan kemusyrikan, kebatilan dan keburukan lainnya.

 فَإِذَا انْسَلَخَ الْأَشْهُرُ الْحُرُمُ فَاقْتُلُوا الْمُشْرِكِينَ حَيْثُ وَجَدْتُمُوهُمْ

Artinya: “ Apabila sudah habis bulan-bulan Haram, maka bunuh-lah orang-orang musyrikin itu dimana saja kamu jumpai mereka.” (QS. At – Taubah : 5)

Hikmah Pada Peristiwa Hari Asyuro

Dari kisah-kisah yang terjadi pada hari asyura diatas, itu semua merupakan kejadian-kejadian yang dialami oleh Nabi terdahulu saat semasa hidupnya dilanda bencana dan masing-masing ujian. Perjuangan para Nabi dan Rasul terdahulu dapat kita petik pelajaran didalamnya.

Semua misi mereka sama, yakni menegakan aqidah Islamiyah, meyakini ke-esaan Allah subhanahu wa ta’ala yang maha pengasih lagi penyayang. Peristiwa besar, yang dapat kita tukil bahwa harus memisahkan antara kebenaran dan kebathilan. Dapat memisahkan mana yang baik dan buruk serta selalu berada dijalan Allah subhanahu wa ta’ala, karena Rahmatnya tidak akan putus bagi orang yang  beriman dengan seyakin-yakinnya.

Allah subhanahu wa ta’ala Maha Penolong bagi hambanya yang berserah dan meminta pada-Nya.

Belum ada Komentar untuk Peristiwa-Peristiwa Penting Di Hari Asyuro

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Peristiwa-Peristiwa Penting Di Hari Asyuro

manfaat belajar agama

Pentingkah Mempelajari Agama Islam Di Era Modern Seperti Ini?

T 12 March 2018 F , A WP-YNI

Islam.. Apa itu islam? Semua orang-orang pasti mengatakan bahwa itu adalah agama. Tapi apakah arti dari islam sendiri? baiklah, dalam konteks yang cukup banyak, islam secara harfiyah berarti damai, berserah diri, selamat, bersih, dan patuh. Yang terbentuk dari huruf sim,... Selengkapnya

bersedekah dibulan ramadhan

Keutamaan Banyak Bersedekah Di Bulan Ramadhan

T 30 May 2018 F , A WP-YNI

Sedekah di bulan ramadhan sangatlah dianjurkan. Bagaimana tidak, keutamaan dibulan ramadhan merupakan alasan terbaik orang mukmin untuk memperbanyak sedekah.  Rasulullah SAW merupakan manusia yang sangat bersemangat dalam berbuat kebaikan. Dari Ibnu Abbas Radhiallahu’anhuma, ia berkata: “Nabi SAW adalah orang yang... Selengkapnya

Zakat

Zakat Salah Satu Solusi Pemberantas Kemiskinan

T 5 April 2018 F , A WP-YNI

Zakat merupakan harta yang wajib kita keluarkan dan memenuhi syarat berdasarkan ketentuan syariat islam. Zakat juga harus disalurkan kepada yang telah ditetapkan. Yaitu ada 8 (delapan) golongan sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Al-Quran surat At-Taubah ayat 60 yang artinya :... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00