Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Penyebab Kaum Muslimin Banyak Telat Shalat Subuh

Penyebab Kaum Muslimin Banyak Telat Shalat Subuh

T Diposting oleh pada 22 March 2019
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 282 kali

Seperti yang telah kita ketahui bersama,  bila kita melihat masjid yang begitu megah-megah namun memiliki jamaah yang sedikit. Terutama, saat waktu shalat subuh. Ini merupakan kondisi kaum muslimin saat ini yang dimana tidak bisa didiamkan saja. karena sedikit kaum muslimin yang masih berselimut dengan tempat tidurnya akibat pekerjaannya atau kesibukannya didunia.

Bahkan mungkin ada yang lebih parah lagi yakni ada seorang muslim yang tidak shalat sama sekali dalam hidupnya padahal beridentitaskan agama islam, ada pula yang hanya shalat sekali seumur hidup, atau hanya shalat saat di hari raya lebaran saja. Padahal nikmat yang Allah turunkan tidak diputus walau kita tidak shalat atau bolong-bolong dalam beribadah.

Dari Ibnu Qayyim Al-jauziyah rahimahullah, mengatakan, bahwa “Kaum muslimin bersepakat bahwa meninggalkan shalat lima waktu dengan sengaja adalah dosa besar yang paling besar dan dosanya lebih besar dari dosa membunuh, merampas harta orang lain, berzina, mencuri dan minum-minuman keras. Orang yang meninggalkannya akan mendapatkan hukuman dan kemurkaan Allah serta mendapatkan kehinaan didunia dan akhirat.” (Ash-Sholah hal. 7)

 

Penyebab Kaum Muslimin Banyak Telat Shalat Subuh

Sebab-Sebab Sering Telat Shalat Subuh

  1. Ditelinganya dikencingi oleh setan

Inilah bahayanya jika seseorang selalu tidur di malam hari hingga ia lalai shalat Shubuh. Seseorang terjaga dimalam hari untuk hal-hal yang tidak bermanfaat atau karena ketiduran. Sungguh bahaya karena orang ini disebut dikencingi oleh setan.

Dari Ibnu Mas’ud ia pernah berkata, “Di hadapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam disebutkan tentang seorang laki-laki yang tidur semalaman sampai datang pagi. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda,

ذَاكَ رَجُلٌ بَالَ الشَّيْطَانُ فِى أُذُنَيْهِ – أَوْ قَالَ – فِى أُذُنِهِ

Artinya: “Laki-laki itu telah dikencingi oleh setan pada kedua telinganya -dalam riwayat lain: di telinganya-” (Muttafaqun ‘alaih, HR. Bukhari no. 3270 dan Muslim no. 774). Al Qodhi ‘Iyadh memahami hadits ini secara tekstual. Demikianlah yang benar. Lalu dikhususkan kata telinga yang dikencingi karena telingalah pusat pendengaran untuk diingatkan. (Lihat Syarh Shahih Muslim, 6: 58).

 

Al-Qodhi ‘iyadh memahami hadits ini secara tekstual. Dikhususkan kata telinga yang dikencingi karena telingalah pusat pencengaran untuk diingatkan. Bahkan dari beberapa ulama menafsirkan arti dari orang yang tidur hingga pagi hari sampai luput shalat subuh yakni ia menunjukkan jeleknya orang yang tidak shalat subuh sampai-sampai dikencingi oleh setan.

 

  1. Sebab ketiduran

Dan seseorang yang tidak shalat subuh karena ketiduran, disegerakan untuk melaksanakan nya disaat dia sudah ingat. Dijelaskan dari Anas bin Malik, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا رَقَدَ أَحَدُكُمْ عَنِ الصَّلاَةِ أَوْ غَفَلَ عَنْهَا فَلْيُصَلِّهَا إِذَا ذَكَرَهَا فَإِنَّ اللَّهَ يَقُولُ أَقِمِ الصَّلاَةَ لِذِكْرِى

Artinya: “Jika salah seorang di antara kalian tertidur atau lalai dari shalat, maka hendaklah ia shalat ketika ia ingat. Karena Allah berfirman (yang artinya), “Kerjakanlah shalat ketika ingat.” (HR. Bukhari no. 597 dan Muslim no. 684).

Dan dijelaskan di riwayat lain yakni,

مَنْ نَسِىَ صَلاَةً أَوْ نَامَ عَنْهَا فَكَفَّارَتُهَا أَنْ يُصَلِّيَهَا إِذَا ذَكَرَهَا

Artinya: “Barang siapa yang lupa shalat atau tertidur, maka tebusannya adlah ia shalat ketika ia ingat.”

  1. Sengaja menunda shalat sampai keluar waktu shalat

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah pernah ditanya, “Bagaimana hokum orang yang meninggalkan suatu shalat dengan sengaja niat ia akan mengerjakan secara qadha ketika sudah habis waktunya? Apakah dosa besar.”

Beliau menjawab,

Ya, mengakhirkan shalat dari waktu shalat padahal ia wajib menunaikan di waktunya termasuk dosa besar. Bahkan Umar bin Khattab tadhiyallahu’anhu berkata,

الْجَمْعُ بَيْنَ الصَّلَاتَيْنِ مِنْ غَيْرِ عُذْرٍ مِنْ الْكَبَائِرِ

Artinya: “Jamak antara dua shalat tanpa uzur termasuk dosa besar.”

Dan dijelaskan oleh Imam Tirmidzi secara marfu’ sampai pada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, dari Ibnu Abbas, Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, yang artinya : “Barang siapa menjamak dua shalat tanpa ada uzur, maka ia telah mendatangi salah satu pintu dosa besar.” Hadits ini dikatakn marfu’ – sampai pada Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam-, walaupun pernyataan itu menuai kritikan. Imam Tirmidzi mengatakan,  “para ulama mengetahui akan hal ini dan atsar tersebut sangat ma’ruf. Para ulama menyebutkan dan menetapkannya, tidak mengingkarinya.”

Dan dalam kitab shahih, dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa meninggalkan shalat Ashar, maka terhapuslah amalannya.”

semoga Allah subhanahuwata’ala melindungi kita dari godaan setan dan dari gangguan-gangguan lainnya yang datang pada kita untuk beribadah. Aamiin

Belum ada Komentar untuk Penyebab Kaum Muslimin Banyak Telat Shalat Subuh

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Penyebab Kaum Muslimin Banyak Telat Shalat Subuh

Sah Kah Orang Yang Puasa Tapi Tidak Shalat

Sah Kah Orang Yang Puasa Tapi Tidak Shalat?

T 13 May 2019 F , A WP-YNI

puasa namun tidak shalat

apa itu puasa arafah dan apa niatnya

Apa Itu Puasa Arafah ? Dan Apa Niatnya?

T 25 July 2018 F , A WP-YNI

Bulan Dzulhijjah merupakan waktu yang ditunggu kedatangannya oleh seluruh umat musllim. Karena dibulan Dzulhijjah banyak terjadinya momen penting diantaranya karena hanya dibulan ini haji dan berqurban terlaksana dan bagi yang tidak melaksanakan haji dapat digantikan dengan berpuasa arafah dan tarwiyah... Selengkapnya

Anak Yatim

Pengertian Dan 8 Keutamaan Memuliakan Anak Yatim

T 19 February 2018 F A WP-YNI

Agama Islam adalah agama yang mengajarkan kedamaian. Dalam agama islam kita selalu diajarkan untuk saling menyayangi dan menolong kepada sesama, terutama pada anak yatim. Allah SWT menciptakan manusia sebagai makhluk sosial,ialah makhluk yang saling membutuhkan satu sama lain. Karena kita... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00