Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Pengertian Dari Istighosah Secara Bahasa dan Harfiah

Pengertian Dari Istighosah Secara Bahasa dan Harfiah

T Diposting oleh pada 25 October 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1451 kali

Pengertian Istighosah

Istighosah berasal dari kata الغوث (al-ghouts) yang artinya pertolongan. Dan dalam tata bahasa Arab kalimat yang mengikuti pola (wazan) ‘istaf’ala’  استفعل atau ‘istif’al’ yang artinya permintaan atau pertolongan.

Maka pengertian Istighosah ialah berarti meminta pertolongan. Seperti kata غفران (ghufran) yang artinya ampunan. Namun ketika dikaitkan pola istif’al menjadi istighfar yang berarti memohon ampunan. Maka, Istighosah berarti طلب الغوث (thalabul ghouts) atau meminta pertolongan

Namun para ulama membedakan antara istighosah dengan istianah استعانة, walaupun secara bahasa arti keduanya memiliki kurang lebih sama. Dikarenakan isti’anah juga pola istif’al yang berasal dari kata “al-aun” العون yang artinya “thalabul aun” طلب العون yang juga memiliki arti meminta pertolongan. Dan pengertian istighosah ialah meminta pertolongan saat dalam keadaan yang berat dan sulit. Sedangkan untuk isti’anah artinya meminta pertolongan dengan arti yang lebih luas dan juga umum.

Istighosah dan isti’anah terdapat didalam nushushusy syariah atau teks-teks Al-Qur’an atau hadits Nabi Muhammad SAW. Dan didalam surat disebutkan bahwa,

إِذْ تَسْتَغِيثُونَ رَبَّكُمْ فَاسْتَجَابَ لَكُمْ أَنِّي مُمِدُّكُمْ بِأَلْفٍ مِنَ الْمَلَائِكَةِ مُرْدِفِينَ

Artinya: “ (Ingatlah wahai Muhammad), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu lalu Dia mengabulkan permohonanmu.” (QS. Al – Anfal : 9).

Ayat diatas menjelaskan bahwa Rasulullah ﷺ memohon bantuan kepada Allah SWT ketika beliau berada di tengah berkecamuknya perang badar yang dimana musuh memiliki kekuatan 3x lipat lebih besar daripada pasukan islam. Lalu Allah kabulkan permohonan Nabi ﷺ dengan mengirim tambahan 1000 pasukan malaikat.

Apa Hukum Beristighosah Menurut Para Ulama?

Arti dari istighosah ialah memohon pertolongan Allah SWT, bukan sekedar doa yang biasa kita lakukan tapi doa yang menjurus ke sebuah kajaiban. Ketika dalam keadaan sulit dan sukar maka istighosah merupakan tempat berkumpulnya zikir-zikir, wirid-wirid dan doa-doa tertentu yang dibaca secara berjama’ah dan dipimpin oleh imam istighosah untuk terlepas dari bala bencana.

Imam Ahmad bin Hambal pernah ditanya:

يكره أن يجتمع القوم يدعون الله سبحانه وتعالى ويرفعون أيديهم؟

“Apakah diperbolehkan sekelompok orang berkumpul, berdoa kepada Allah subhanahuwa ta’ala dengan mengangkat tangan?”

Maka berliau menjawab:

ما أكرهه للإخوان إذا لم يجتمعوا على عمد، إلا أن يكثروا

“Aku tidak melarangnya jika mereka tidak berkumpul dengan sengaja, kecuali kalau terlalu sering.” (diriwayatkan oleh Al-Marwazi didalam Masail Imam Ahmad bin Hambal wa Ishaq bin Rahuyah 9/4879)

Berkata Al-Marwazy:

وإنما معنى أن لا يكثروا: يقول: أن لا يتخذونها عادة حتى يعرفوا به

“Dan makna ‘jangan terlalu sering’ adalah jangan menjadikannya sebagai sebuah kebiasaan. Sehingga dikenal oleh manusia dengan amalan tersebut.” (Masail Imam Ahmad bin Hambal wa Ishaq bin Rahuyah 9/4879)

Berdoa bersama yang dimaksud kalau satu orang yang berdoa sedangkan yang lain mengamini, maka ini memilki 2 keadaan, yakni:

  1. Hal tersebut dilakukan pada amalan yang memang disyariatkan untuk berdoa bersama. Maka berdoa bersama ketika keadaan ini disyariatkan seperti didalam shalat Al Istisqa’ (meminta hujan) dan Qunut.
  2. Hal ini dilakukan pada amalan yang tidak ada dalilnya dilakukan doa bersama didalamnya. Seperti berdoa bersama usai shalat fardhu, setelah majelis ilmu, setelah membaca Al-Qur’an dan lain-lain, maka ini dibolehkan dilakukannya bila kadang-kadang dan tanpa unsur kesengajaan. Namun jikalau dilakukan terus-menerus maka menjadi bid’ah.

Makna Istighosah Bagi Islam

Istighosah, doa yang dipanjatkan ialah memohon kepada Allah atas keadaan yang sulit dan sukar untuk dihadapi. Seperti mendapat bencana atau kesulitan yang sangat besar. Allah subhanahu wa ta’ala akan mengirimkan bantuan-Nya untuk orang-orang yang selalu ingat dan selalu menyebut namanya . mengingat nama-Nya bukan hanya saat kita membutuhkan atau berada situasi sulit namun juga ketika keadaan lapang tetap mengingat Allah SWT.

Kesulitan dan kesusahan merupakan datangnya dari Allah, Dia menguji hambanya kewat berbagai musibah dan ujian yang diturunkan untuk hamba-Nya agar meningkatkan rasa iman dan taqwanya kepada Allah SWT. Hendaklah ketika dalam kesusahan, Allah SWT lah yang akan kita datangi jangan selain pada-Nya (syirik).

Jadikanlah kita manusia yang pandai bersyukur dan selalu introspeksi diri untuk memperbaiki diri agar menjadi hamba Allah yang berkualitas baik dari segi iman maupun taqwa.

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ

Artinya: “Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami.”(QS. Al-Hasyr : 10)

Aamiin

Pencarian dari Google :

Belum ada Komentar untuk Pengertian Dari Istighosah Secara Bahasa dan Harfiah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Pengertian Dari Istighosah Secara Bahasa dan Harfiah

INILAH DOA YANG TAK TERTOLAK

Inilah Doa-Doa Yang Tidak Tertolak

T 26 March 2019 F , A WP-YNI

Doa merupakan jalur penghubung seorang hamba kepada Tuhannya. Manusia lemah yang selalu butuh pertolongan Allah subhanahuwata’ala sang maha kuasa atas segala-galanya. Doa adalah suatu aktifitas yang tidak hanya bernilai ibadah tetapi doa tersebut juga sebagai salah satu koridor yang harus... Selengkapnya

3 fase ramadhan

3 Fase Ramadhan Yang Harus Kita Ketahui

T 10 June 2017 F A Yayasan Nurul Ihsan

Pada umumnya umat Islam telah memahami bahwa puasa Ramadhan selama satu bulan penuh terbagi menjadi 3 fase. Fase Pertama, yakni 10 hari pertama adalah Fase RAHMAT, kemudian 10 hari kedua adalah fase AMPUNAN, dan fase 10 hari ketiga adalah fase... Selengkapnya

godaan iblis

Godaan Iblis dari 4 Arah! Bagaimana Menghindarinya?

T 14 February 2018 F A WP-YNI

Iblis ialah salah satu ciptaan Allah SWT,makhluk laknat yang telah diusir dari jannahnya Allah  yang dimana iblis dan para pengikutnya selalu menyesatkan manusia. Kenapa mereka diusir? Karena hanya merekalah yang tak mematuhi perintah Allah SWT untuk bersujud kepada Nabi Adam... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00