Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Pendidikan » Mengisi Kegiatan Positif Di Waktu Senggang

Mengisi Kegiatan Positif Di Waktu Senggang

T Diposting oleh pada 8 April 2019
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 348 kali

Di saat seseorang merasa bosan dan ingin mengisi waktu luang, terkadang banyakan dari mereka akan mengisi waktu kosong mereka dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan yang pastinya untuk menghilangkan rasa suntuk atau bosan. Contohnya dengan bermain game, bermain dengan teman-teman ataupun pergi kesuatu tempat yang ramai dapat membuatnya merasa nyaman.

Penyebab rasa bosan dapat disebabkan oleh pekerjaan yang ketat, pikiran sedang stress atau sedang dalam mood yang tidak baik. Benar dengan melakukan kegiatan-kegiatan diatas dapat menghilangkan rasa bosan karena berada dalam zona nyaman yang membuat mood kita kembali naik namun itu hanyalah kenyamanan sementara.

Namun, kegiatan lain juga ada selain bermain dengan teman, bermain game atau pergi ke suatu tempat. Yaitu dengan silaturahim kerumah saudara, membaca Al-Qur’an serta membaca-membaca article keislaman. Selain lebih bagus dengan kegiatan yang lain seperti keagamaan, mengisi waktu luang dengan kegiatan keagamaan maka bernilai pahala.

Mengisi Kegiatan Positif Di Waktu Senggang

Menambah Wawasan Ilmu Di Waktu Luang

Waktu merupakan salah satu nikmat dari Allah subhanahuwata’ala, mengisi waktu yang lapang dengan hal-hal yang positif serta bernilai pahala. Merupakan sesuatu hal yang lebih utama. Karena sudah sepatutnya manusia dapat memanfaatkan waktu yang ada dengan baik untuk mengumpulkan amal-amal shaleh.

Dan berikut kegiatan-kegiatan yang dapat di isi saat waktu luang:

  1. Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an disaat waktu luang merupakan suatu kebaikan, membaca tidak hanya diwaktu luang atau menyempatkan membaca Al-Qur’an disaat sempit lebih utama.  Dapat pula belajar bersama keluarga diluar rumah sambal rekreasi kan menjadikan kegiatan lebih nyaman. Kita sebagai hamba Allah, membaca Al-Qur’an merupakan suatu kewajiban. Bagaimana jadinya orang islam tidak dapat membaca Al-Qur’an? Maka, haruslah kita mempelajarinya dengan bersungguh-sungguh. Memanfaatkan waktu senggang dengan baik mempelajari Al-Qur’an maka menambah amal pahala kita serta mendekatkan kita pada Allah subhanahuwata’ala.

 

  1. Bersilaturahim Ke Sanak Saudara

Mendatangi keluarga atau sanak saudara merupakan bagian dari ajaran islam. Selain  bermanfaat mempererat tali persaudaraan, yang lainnya ialah dapat memperpanjang umur serta melancarkan rizki. Sebagaiman penjelasan dari sebuah hadits, yang artinya “Barang siapa yang suka diluaska rezeki dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah ia menyambung tali silaturahim.” (HR. Bukhari, Muslim dan Abu Daud)

Serta dari Abu Ayub  Al – Anshari, belau berkata, seseorang bertanya, “Wahai Rasulullah, posthulah saya satu amalan yang dapat memasukkan saya ke dalam surge.” Beliau menjawab, “Menyembah Alllah dan tidak menyekutukan-Nya, menegakkan shalat, ,menunaikan zakat dan bersilaturahim.”

 

  1. Membaca Kisah-Kisah Islam

Di saat waktu luang hal positif lainnya yang dapat di isi ialah dengan membaca kisah islam, buku-buku tentang peradaban islam di dunia sangatlah banyak, kita dapat membacanya untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang penyebaran agama islam dari zaman Rasulullah hingga khalifah-khalifah. Ini mejadikan kita tidak buta sejarah islam.

 

  1. Berolahraga

Agar tubuh tetap sehat dan bugar menjalani aktifitas sehari-hari maka kita membutuhkan olahraga. Rasulullah senang berolahraga semasa hidupnya. Karena dizamannya ialah berperang melawan para kafir quraisy maka beliau melatih diri serta para pejuangnya untuk berolahraga. Olahraga yang Rasulullah sukai yakni, memanah untuk melatih focus dan ketangkasan otak kita, berenang, dan berkuda. Ketiga olahraga tertua tersebut seharusnya kita lakukan juga untuk anak-anak kita. Karena itu merupakan anjuran dari Rasulullah shallallahu’alahi wa sallam.

 

  1. Belajar Pengetahuan Umum

Memperlajari pengetahuan umum bukanlah hal yang dilarang. kita sebagai manusia yang bersosialisasi dan memiliki pemikiran yang luas haruslah memiliki wawasan. Selain pengetahuan agama, menimba pengetahuan umum juga sama pentingnya. Mengetahui berita-berita dunia apa yang telah terjadi selama 24 jam, perkembangan dunia  serta ensiklopedia-ensiklopedia lainnya juga perlu dibaca sebagai pengetahuan umum .

 

 

Manfaat Mengisi Waktu Luang Dengan Hal Yang Positif

Mengisi waktu luang dengan hal-hal yang bermanfaat serta bernilai ibadah merupakan suatu keutamaan. Yakni mengisinya dengan mempelajari Al-Qur’an, belajar agama, dan bersilaturahim ke sanak saudara itu sebagian dari kebaikan.

Bukankah kita diperintahkan untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya?

Melakukan kegiatan yang bernilai ibadah banyak macamnya. Tergantung dengan kebutuhan masing-masing. Tapi mempelajari agama merupakan kebutuhan mutlak untuk kelangsungan hidup manusia beragama.

Menjadikan waktu luang sebagai lading pahala bukanlah sebuah kesulitan. Kita juga dapat melakukannya dikala waktu sempit, berzikir pun di saat waktu senggang juga hal baik, bershalawat kepada Rasulullah atau berbincang bersama keluarga dirumah sebagai bentuk kekeluarga.

Belum ada Komentar untuk Mengisi Kegiatan Positif Di Waktu Senggang

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Mengisi Kegiatan Positif Di Waktu Senggang

keutamaan menuntut ilmu

Janji Allah Bagi Manusia Yang Menuntut Ilmu

T 29 March 2018 F , A WP-YNI

Ilmu merupakan pengetahuan untuk kita, dengan ilmu kita akan mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk. Maka itu manusia yang tak berilmu bagai terjebak didalam kegelapan. Mereka tak tahu kemana mereka harus melangkah, bagaimana mereka harus berbuat. Dan terkadang... Selengkapnya

Anjuran Menuntut Ilmu Di Bulan Ramadhan

Anjuran Menuntut Ilmu Di Bulan Ramadhan

T 8 May 2019 F , A WP-YNI

Anjuran Menuntut Ilmu Di Bulan Ramadhan

Keutamaan Orang Tua Mengajarkan Al-Quran Kepada Anaknya

Keutamaan Orang Tua Mengajarkan Al-Quran Kepada Anaknya

T 15 April 2019 F A WP-YNI

Orang tua yang mengajarkan anaknya Al-Qur’an merupakan sebuah keutamaan. Karena orang tualah sekolah pertama bagi anak. Anak-anak tersebut akan meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Sebab itu, mengajarkan anaka dengan hal-hal yang baik merupakan kewajiban orang tua kepada anak-anaknya... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00