Beranda » Agama Islam » Mengenal Rasulullah SAW dan Fakta Menariknya

Mengenal Rasulullah SAW dan Fakta Menariknya

T Diposting oleh pada 21 November 2019
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 331 kali

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan Nabi dan Rasul terakhir. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan penutup para Nabi. Dia di jadikan panutan umat muslim seluruh dunia sejak beliau lahir hingga saat ini. Beliau menjadi suri tauladan, pecontoh sifat dan perilaku.

Nabi Muhammad merupakan cahaya dan penerang, memberikan jalan menuju arah yang lurus. Ketika di jaman Jahiliyah di mana-mana pada saat itu penyembahan terhadap berhala baik matahari, patung dan hewan, Rasulullah melakukan dakwah secara sembunyi-sembunyi selama3-4 tahun untuk menyebarkan kebenaran di Mekkah. Setelah itu di tahun ke-empat kerasulannya, beliau berdakwah secara terang-terangan dan dakwah belliau berlangsung selama 13 tahun di Mekkah dan 10 tahun di Madinah.

Kerasulannya menguat saat Rasulullah bertemu Waraqah saat hendak mengelilingi Ka’bah. Lalu Waraqah meyakinkannya, “Demi Dia yang memegang hidupku, engkau adalah nabi atas umat ini. Engkau telah menerima namuz besar seperti yang telah di berikan pada Musa as. Engkau pasti akan di dustakan, di siksa, di usir, dan di perangi. Kalau sampai waktu itu aku msaih hidup, pasti aku akan membela yang di pihak Allah.”

Fakta Menarik Dari Nabi Muhammad SAW

Mengenal Rasulullah ialah sebagai tanda usaha kita untuk mencintai dirinya. Dengan kenal maka kita tau, seperti pepatah mengatakan, “Tak kenal maka tak sayang”. Maka kenalilah Rasulmu maka engkau akan mencintainya. Apa yang berada dalam diri Rasulullah, akan membuat kita kagum sekaligus mencintainya. Sebab ia adalah utusan Allah terakhir yang membenahi akhlak serta akidah kita.

Dan berikut fakta-fakta menarik tentang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

  1. Nama : “Muhammad” menjadi nama yang paling terkenal di dunia. Di kenal sebagai Nabi yang menyebar luaskan agama islam hingga keberbagai negara dan di teruskan oleh para khilafahnya yang dapat menguasai negara-negara menjadikan namanya sangat mahsyur bukna hanya di kalangan kaum muslimin bahkan orang-orang nonmuslim. Bahkan nama “Muhammad” banyak di gunakan sebagai nama bayi laki-laki.
  2. Setelah Rasulullah berhijrah dari Mekkah ke Madinah turun ayat yang mewajibkan Haji. Rasulullah hanya sempat berhaji sebanyak 1 kali yakni pada Haji Wada’ pada tahun 10 H dan berumrah sebanyak 4 kali. Namun, sebelum Rasulullah hijrah beliau sudah melaksanakan haji berkali-kali.
  3. Shalat pertama yang Rasulullah lakukan ialah Shalat Ashar yang menghadap Masjidil Haram bersama para sahabatnya. Yang sebelumnya menghadap ke Masjidil Baitul Maqdis selama 16  bulan.
  4. Berdasarkan pada sebuah dokumen kuno asal Tiongkok, China. Penyebaran islam di nusantara oleh Nabi Muhammad saat masih hidup pada sekitar tahun 625 M atau 15 tahun setelah Rasulullah menerima wahyu pertama yakni pada tahuin 610 M atau 17 Ramadhan 12 SH.
  5. Semua anak laki-laki Rasulullah, yaitu Al-Qasim, Abdullah dan Ibrahim meninggal pada saat kurang lebih pada usia 2 tahun. Sebenarnya ada hikmah terkandung atas meninggalnya anak-anak beliau yakni agar kaum muslimin tidak mengangkat mereka menjadi Rasul setelah ayahnya.
  6. Beliau memimpin perang selama 23 kali, namun sekali beliau mengalami kekalahan perang yakni pada perang Uhud.
  7. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak bisa membaca dan menulis. Namun beliau sangat cerdas dan memiliki ingatan yang kuat.
  8. Rasulullah menyebutkan ada 73 golongan dalam Islam yang terbentuk sepeninggal beliau. Namun hanya 1 yang akan masuk surge yakni “Al-Jama’ah.
  9. Kata-kata terakhir Nabi Muhammad sebelum wafat yakni “Ummatii, Ummatii, Ummatii” ini menunjukkan betapa besar cintanya kepada umatnya.
  10. Jasad Nabi Muhammad pernah menjadi target pencurian sebanyak 2X. tapi, semua rencana tersebut tidak berhasil.

Wallahu ‘alam bisshowab

Belum ada Komentar untuk Mengenal Rasulullah SAW dan Fakta Menariknya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Mengenal Rasulullah SAW dan Fakta Menariknya

apakah perbedaan shalat malam dan tahajud

Apakah Perbedaan Antara Shalat Malam Dan Tahajud?

T 7 September 2018 F A Admin Web YNI-1

Shalat Malam merupakan shalat sunnah yang dilakukan pada waktu malam hari terhitung setelah shalat isya sampai terbit fajar, baik dilakukan setelah tidur ataupun sebelum tidur. Contoh dari shalat malam ialah shalat witir, shalat tarawih, shalat hajat dan shalat sunnah mutlak... Selengkapnya

Cara-Cara Menjemput Rizki Yang Halal

Cara-Cara Menjemput Rizki Yang Halal

T 1 October 2019 F , A Admin Web YNI-1

Allah subhanahu wa ta’ala telah mengatur rezeki makhluknya. Apa yang telah Allah tetapkan untuk kita maka tidak akan tertukar. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman: وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ... Selengkapnya

Bolehkah Seorang Istri Berqurban Sendiri_

Bolehkah Seorang Istri Berqurban Sendiri?

T 12 July 2019 F , A Admin Web YNI-1

Ber- Qurban hukumnya ialah Sunnah muakkadah (ditekankan) bagi setiap muslim yang mampu baik laki-laki maupun perempuan. Bila seorang muslim telah mampu dalam melaksanakan perintah ini, maka laksanakan. Dari Syaikh Shalih Al-Munajjid, beliau mengatakan, yang artinya : “الأضحية مشروعة للرجل والمرأة... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00