Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Info Kesehatan » Manfaat Madu Dalam Pandangan Islam

Manfaat Madu Dalam Pandangan Islam

T Diposting oleh pada 22 August 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 48 kali
Manfaat Madu Dalam Pandangan Islam

Madu merupakan salah satu minuman dari surga. Menjadi salah satu hidangan minuman disurga merupakan berbeda dengan madu didunia yanga ada sekarang ini. Madu berasal dari lebah, lebah juga menjadi hewan istimewa yang tercantum didalam Al-Qur’an yakni An-Nahl sebagai hewan yang membawa pada kebaikan.

Selain lebah menghasilkan madu, madunya juga memiliki khasiat bagi yang mengonsumsinya. Dinamakan lebah, sesuai dengan firman Allah :

وَأَوْحَىٰ رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ

artinya: ” Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: ““Buatlah sarang-sarang dibukit-bukit, dipohon-pohon kayu dan ditempat – tempat yang dibikin manusia””(QS. An -–Nahl : 68)

lebah memang salah satu hewan yang special dikarenakan dia menghasilkan madu yang bermanfaat bagi tubuh. Bahkan khasiat madu terkandung dalam Al-Qur’an yakni

ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: “ Kemudian makanlah dari tiap-tiap macam buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan bagimu. Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang-orang yang memikirkan.” (QS. An – Nahl : 69)

baca artikel lainnya : Dampak kurang minum air putih

Khasiat Madu Untuk Berbagai Penyakit

Madu memiliki khasiat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berdasarkan penelitian dari Moskow University, madu mengandung antibiotic, asam organic, krom, tembaga, timbal, logam, alumunium, boron, seng, asetilkoin, hormone, zat anti racun dan zat anti kanker. Zat-zat yang sangat berguna untuk memperlancar biokimia tubuh dan proses penyembuhan dari berbagai penyakit.

Dan berikut dibawah ini manfaat lainnya dari madu:

  • Mengobati Gangguan Pencernaan

Kandungan madu yang terdapat anti bakteri sangat baik bagi kesehatan pencernaan. Bakteri baiknya bekerja untuk melawan bakteri jahat pada tubuh. Bahkan Rasulullah shallalalhu ‘alaihi wa sallam rutin mengonsumsi madu setiap hari  untuk menyegarkan badan.

  • Mengobati Penyakit Mata

Pasien yang memiliki sakit mata bila menyuntikkan cairan madu kedalam kantong konjungtifa atau selaput pada bulu mata maka akan mengalami penurunan sakit pada matanya. bahkan banyak pengobatan gurah mata dengan madu

  • Mengobati Sakit Pernafasan

Berdasarkan penyembuhan dari seorang dokter yang mengobati bermacam-macam penyakit pernafasan seperti pilek, radang hidung, rdang saluran pernafasan serta paru-paru menggunakan lem lebah. Yakni madu yang dipanaskan, uapnya inilah yang dihirup oleh para penderita sebanyak dua kali sehari .

  • Dapat Menyembuhkan Batuk Dan Gangguan Tenggorokan

Madu soba  merupakan salah satu jenis madu yang dapat membantu masalah sakit tenggorokan yakni batuk dan iritasi. Berdasarkan sebuah penelitian terhadap 150 anak-anak yang mengonsumsi madu soba efektif meringankan batuk dimalam hari dan membuat mereka tidur nyenyak. Karena satu dosis madu soba sama efektif dengan dosis dekstrometorfan tunggal yang mana dapat mengurangi batuk.

Serta kandungan anti bakteri dan dan ati iritasi yang dimiliki madu dalam mengatasi masalah iritasi tenggorokan pada anak-anak dan orang dewasa.

  • Dapat Mengontrol Gula Darah

Kandungan madu berbeda dengan gula buatan manusia. Kandungan yang pasti dari fruktosa dan glukosa dalam madu membantu mengontrol gula dalam darah. Bahkan madu hitam yang banyak dicari sebagai obat herbal untuk penderita diabetes.

baca artikel lainnya : Manfaat Habbatussauda

Kekurangan Dari Madu

Madu memmang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan mineral dan anti bakteri yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menunjang kesehatan dan pencegahan penyakit. Ada pula manfaat lainnya dari madu yakni sebagai penyembuhan sakit TBC, baik untuk aktifitas ginjal, kerapuhan otot  dan otot jantung.

Namun, dari berbagai khasita yang diterima, tidak semua orang dapat mengonsumsi madu. Disarankan tidak mengonsumsi madu pada anak-anak usia dibawah dua tahun. Dikarenakan madu mengandung kuman clostridium botulinum atau spora botulisme yang dapat menyebabkan keracunan pada bayi.

Dampak lainnya yang diperparah ialah madu tidak melewati proses pasteurisasi. Yang dimana pasterisasi diproses ini kuman dan bakteri dari nectar lebah yang dihancurkan. Bakteri ini terdapat dalam madu, sayuran yang blm dicuci bersih serta tersebar ditanah dan udara.

Belum ada Komentar untuk Manfaat Madu Dalam Pandangan Islam

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Manfaat Madu Dalam Pandangan Islam

herbal kesehatan

10 Manfaat Virgin Coconut Oil Bagi Kesehatan

T 14 February 2017 F A Admin Web YNI

Virgin coconut oil memiliki perbedaan penting dari minyak kelapa biasa. Perbedaan ini utamanya terdapat pada sumber (secara spesifik, bentuk dari sumbernya), metode ekstraksi, dan keuntungan lebih lanjut. Perbedaan utama dengan minyak kelapa biasa dan virgin coconut oil terdapat pada proses... Selengkapnya

pola hidup sehat, gaya hidup sehat, hidup sehat ala rasulullah, sehat, sakit, mati

Larangan Pengobatan Selain Dengan Syariat Islam

T 27 April 2018 F , A WP-YNI

Menurut ilmu medis, sakit merupakan kondisi dimana tubuh mengalami penurunan daya tahan tubuh atau yang disebut imunitas. Bagi yang sedang sakit disarankan untuk memenuhi makanan yang sehat. Selain itu mereka juga dianjurkan untuk minum obat yang telah diberikan oleh dokter.... Selengkapnya

anjuran puasa 3 hari setiap bulan

Anjuran Puasa 3 Hari Di Setiap Bulan

T 25 January 2019 F , A WP-YNI

Umat muslim disunnahkan untuk berpuasa minimal 3 hari pada setiap bulan. Dan puasa yang dilaksanakan di setiap bulannya yakni pada tanggal ke-13, 14, 15 dibulan hijriyah (Qomariyah). Puasa tersebut disebut juga dengan puasa ayyamul bidh (hari putih). Dikarenakan pada malam-malam... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00