Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Keutamaan Puasa Syawal 6 hari setelah Ramadhan

Keutamaan Puasa Syawal 6 hari setelah Ramadhan

T Diposting oleh pada 25 June 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 568 kali

Puasa Ramadhan telah berakhir, namun masih banyak amalan lain yang dilakukan setelah puasa wajib bulan Ramadhan. Ialah dengan puasa syawal selama 6 hari, terhitung dari tanggal 2 bulan syawal hingga 7 syawal. Puasa syawal 6 hari setelah puasa Ramadhan Allah ibaratkan seperti pahalanya orang yang berpuasa setahun penuh.

Banyak hadits yang mengemukakan tentang dianjurkannya puasa syawal. Dari hadits Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda, yang artinya, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari dibulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim : 1164). Hadits lain yang membenarkan Puasa Syawal ialah hadits tsauban.

Dari Tsauban, bekas budak Rasulullah SAW, dari Rasulullah SAW, beliau bersabda, yang artinya, “Barangsiapa berpuasa enam hari dibulan Syawal setelah Idul Fitri, maka ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Karena siapa saja yang melakukan kebaikan, maka akan dibalas sepuluh kebaikan semisal.” (HR. Ibnu Majah: 1715). Al Hafiz Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini shahih.

keutamaan puasa 6 hari dibulan syawal

Tata Cara Dan Ketentuan Puasa Syawal 6 Hari

Banyak hadits yang mengatakan bahwa ketentuan dalam berpuasa Syawl ialah sejak tanggal 2 Syawal hingga 7 Syawal. Bagaimana dengan berpuasa ditanggal lain namun selama dibulan syawal? Ada hadits yang memperbolehkan untuk puasa syawal diakhirkan selain tanggal yang disunahkan. Namun lebih baik  bila berurut dari pada harus mengacak puasa pada tanggal lain. Dan syarat puasa Syawal ialah sebagai berikut:

  1. Puasa Sunah Syawal Dilakukan Selama 6 Hari

Seperti yang sudah diketahui bahwa puasa Syawal ialah dilakukan selama 6 hari, dan lafadz hadits tersebutu ialah yang artinya, “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari dibulan Syawal , maka ia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim no 1164)

  1. Lebih Baik Dilaksanakan Puasa Sehari Setelah Idul Fitri, Namun Tidak Apa Bila Mengacak Atau Diakhirkan Selama Masih Dalam Bulan Syawal.

Dari Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsman rahimahullah berkata, “Para fuqoha berkata bahwa yang lebih utama, enam hari diatas dilakukan setelah Idul Fitri (1 Syawal) secara langsung. Ini menunjukkan bersegera dalam melakukan kebaikan.” (Syarhul Mumti’ 6:465)

  1. Lebih Utama Dilakukan Secara Berurutan Namun Tidak Mengapa Jika Dilakukan Tidak Berurut.

Dari Syaikh Ibnu Utsaimin juga berkata, “Lebih utama puasa Syawal dilakukan secara berurutan karena itulah yang umumnya lebih mudah. Itu pun tanda berlomba-lomba dalam hal yang diperintahkan.”

  1. Lakukan Puasa Qodho Terdahulu Agar Mendapat Pahala Puasa Setahun Penuh.

Ibnu Rajab Al hambali rahimahullah berkata, “Siapa yang mempunyai kewajiban qodho puasa Ramadhan, hendaklah ia memulai puasa qodhonya dibulan syawal. Hal itu lebih akan membuat kewajiban seorang muslim menjadi gugur. Bahkan puasa qodho itu lebih uta,a dari puasa 6 hari syawal.” (Lathoiful Ma’arif, hal 391)

Begitu pula beliau mengatakan, “Siapa yang memulai qodho puasa ramadhan terlebih dahullu dari puasa Syawal, lalu ia menginginkan puasa enam hari dibulan Syawal setelah qodhonya sempurna, maka itu lebih baik. Inilah yang dimaksud dalam hadits yaitu bagi yang menjalani ibadah puasa Ramadhan lalu mengikuti puasa enam hari dibulan Syawal. Namun pahala puasa Syawal itu tidak bisa digapai jika menunaikan qodho puasanya dibulan Syawal. Karena puasa 6 hari dibulan Syawal tetap harus dilakukan setelah qodho itu dilakukan.” (Lathoiful Ma’arif, hal. 392)

  1. Diperbolehkan Puasa Pada Hari Jum’at Dan Sabtu

Dari Imam Nawawi rahimahullah mengatakan, “Ulama Syafi’iyah berpendapat bahwa dimakhruhkan berpuasa pada hari jum’at secara sendirian. Namun jika diikuti puasa sebelum atau sesudahnya atau bertepatan dengan kebiasaan puasa seperti berpuasa nadzar karena sembuh dari sakit dan bertepatan dengan hari jum’at, maka tidaklah makruh.” (Al Majmu’ Syarh Al Muhaddzab, 6 : 309). Dan dipendapat lain mengatakan diperbolehkannya puasa pada hari jum’at bila didahulukan puasa hari kamis dan dilewati dengan puasa pada hari sesudahnya ialah sabtu.

  1. Tidak Lupa Untuk Mengucapkan Niat Puasa Syawal

Berikut merupakan niat untuk melakukan puasa Syawal

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ الشَّوَّالِ لِلهِ تَعَالَى

Artinya “Aku berniat puasa sunah Syawal hari ini karena Allah Ta’ala”

 

Hikmah Puasa 6 Hari Setelah Puasa Ramadhan

Seperti yang telah diketahui bahwa puasa Syawal 6 hari maka ia berpuasa seperti setahun penuh.  Dan yang dimaksud dengan puasa 6 hari dibulan syawal diibaratkan puasa setahun penuh ialah  pahala kebaikan dibulan Ramadhan dilipat gandakan sepuluh kali. Karena puasa Ramadhan ditambah puasa enam hari dibulan Syawal menjadi tiga puluh enam hari, pahalanya dilipatgandakan sepuluh kali menjadi tiga ratus enam puluh hari, yaitu sama dengan satu tahun penuh.

Hikmah melakukan puasa Syawal ialah menunjukkan kecintaan kita seorang muslim untuk beribadah kepada Allah, dengan kata lain tidak ada beban dihatinya untuk menjalankan segala perintah Allah SWT. Melakukan ibadah-ibadah sunah merupakan sebagai penyempurna kekurangan ibadah yang wajib. Maka dianjurkan untuk tidak meninggalkan ibadah-ibadah yang sunah.

Melakukan puasa Syawal tanda keteguhan iman didalam diri seorang muslim untuk selalu beramal salih agar dapat meraih ridha Allah SWT. Semoga kita termasuk kedalam golongan yang senantiasa berbuat kebaikan dan selalu melakukan amal saleh sebagai tanda patuhnya seorang hamba kepada sang penciptanya. Aamiin Ya Robbal’aalamiin

Belum ada Komentar untuk Keutamaan Puasa Syawal 6 hari setelah Ramadhan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Keutamaan Puasa Syawal 6 hari setelah Ramadhan

malam lailatul qadar

Apa Arti Dari Malam Lailatul Qadar?

T 15 May 2018 F , A WP-YNI

Malam lailatul qadar merupakan malam yang ditunggu umat muslim diseluruh penjuru. Bagaimana tidak, malam ini merupakan malam yang penuh kebaikan melebihi malam-malam lainnya. Yang dimana sering dikatakan bahwa malam lailatul qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Maka... Selengkapnya

ramadhan di rusia

Melihat Kemeriahan Ramadhan Di Berbagai Negara (bag.1)

T 12 June 2017 F , A Yayasan Nurul Ihsan

Shoum atau Puasa adalah salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan kaum muslimin di seluruh dunia  ketika datang bulan Ramadan. Ibadah ini tidak cuma menahan lapar dan haus  saja, tetapi juga upaya menahan hawa nafsu. Kewajiban ini adalah salah satu bentuk... Selengkapnya

menyambung tali silaturahim di bulan Ramadhan

Ramadhan Indah, Mengikat Ukhuwah Kepada Sesama Umat

T 18 May 2018 F , A WP-YNI

Ramadhan ialah bulan suci nan mulia, menjadi tamu agung untuk mereka yang mengharapkan ampunan Allah SWT dan merindukannya jannahNya. Bulan Ramadhan pula menjadi bulan pengikat ukhuwah kepada sesama umat. Mengikat tali silaturahim yang mana akan memperpanjang umur dan memperlancar rezeki... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00