Beranda » Agama Islam » Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk

Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk

T Diposting oleh pada 7 October 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1656 kali
Keutamaan Membaca Surah Al-Mulk

Surah Al-Mulk dalam tulisan Arab الملك artinya Kerajaan. Surah Al-Mulk merupakan surah ke-67 dalam Al-Qur’an yang tergolong ked alam surat Makiyyah, yang terdiri atas 30 ayat. Surah Al-Mulk yang artinya Kerajaan dan surah ini disebut juga dengan At-Tabaarak yang artinya Maha Suci.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda :

سُورَةٌ مِنَ الْقُرْآنِ ثَلاَثُونَ آيَةً تَشْفَعُ لِصَاحِبِهَا حَتَّى يُغْفَرَ لَهُ {تَبَارَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ}. وفي رواية: فأخرجته من النار و أدخلته الجنة »

Artinya: “ Satu surat dalam Al-Qur’an yang terdiri dari tiga puluh ayat pada hari kiamat akan memberi syafa’at (dengan izin Allah Ta’ala) bagi orang yang selalu membacanya dengan merenungkan artinya sehingga Allah mengampuni dosa-dosanya, yaitu surat Al-Mulk: “Maha Suci Allah yang di tangan-Nyalah segala kerajaan/kekuasaan , dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.” Dalam riwayat lain: “…..sehingga dia dikeluarkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surge.” ( HR. Abu Dawud : 1400, At-Tirmidzi /; 2891, Ibnu Majah : 3786, Ahmad 2:229 dan disepakati oleh Iman Adz-Dzahabi serta dinyatakan hasan oleh Imam At-Tirmidzi dan Syaikh Al-Albani. (1)

Kandungan Dalam Surat Al-Mulk

Banyak kandungan atau keutamaan dalam surat Al-Mulk. Keutamaan ini diperuntukkan untuk manusia agar senantiasa membaca serta mengamalkan surat tersebut.

Dan berikut keutamaan lainnya yang terkandung dalam surat Al-Mulk:

  1. Surat Al-Mulk merupakan salah satu surat-surat dalam Al-Qur’an yang biasa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam baca sebelum tidur dimalam hari. Karena keagungan akan makna dari surat tersebut. (HR. At-Tirmidzi : 2592 dan Ahmad 3:340 dinyatakan shahih oleh Syaikh Al-Albani dalam Ash-Shahihah no. 585).
  2. Al-Qur’an akan memberikan syafa’at dengan izin Allah bagi orang yang membacanya dengan menghayati artinya dan mengamalkan isinya (Bahjatun naazhirin, 2:240). Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:  “Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya bacaan Al-Qur’an itu akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafa’at bagi orang-orang yang membacanya(sewaktu didunia).” (HR. Muslim : 804)
  3. Sebagian dari ulama ahli  tafsir menamakan surat ini sebagai penjaga/pelindung dan penyelamat dari azab kubur. (Tafsir Al-Qurtubi no 18:205). Tetapi penamaan ini dimiliki oleh riwayat yang lemah (hadis lemah) (Dha’ift Targib wat Tarhib no. 887)

Hikmah Membaca Dan Mengamalkan Surat Al-Mulk

Surat al-Mulk merupakan surat yang biasa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam baca sebelum tidur. Memiliki keutamaan agar dosa-dosa kita diampuni oleh Allah (dengan izin-Nya), maka sepatutnya kita ikut mengamalkan surat ini secara terus-menerus. Berdasarkan hadits diatas (1). Hadist yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan membaca surat secara kontinyu, karena ini merupakan sebab untuk mendapatkan syafa’at dengan izin Allah ‘Azza wa Jalla. (Faidhul Qadir, 2:453)

Pula hadits yang semakna dengan hadits lain dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Satu surat dalam Al-Qur’an yang hanya (terdiri dari) tiga puluh ayat akan membela orang yang selalu membacanya (dihadapan Allah subhanahu wa ta’ala) sehingga dia dimasukkan ke dalam surge, yaitu surat: “Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerjaan/kekuasaan.”

(HR. Ath-Thabrani dalam Al-Mu’jamul Ausath no. 3654 dan AL-Mu’jamush Shagir no. 490, dinyatakan shahih oleh Al-Haimits dan Ibnu Hajar dinukil dalam kitab faidhul Qadir 4:115 dan dinyatakan hasan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahihul Jaami’ish Shagir no. 3644)

Belum ada Komentar untuk Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk

pengertian haji syarat haji dan rukun haji

Pengertian Haji, Syarat Dan Rukun Haji

T 9 July 2018 F A Admin Web YNI-1

Haji merupakan ibadah kepada Allah SWT dalam rukun islam yang terakhir. Yang dimana diwajibkan bagi seluruh muslim untuk mengunjungi Baitullah di Mekkah ketika telah mampu. Dengan melakukan hal tertentu dan dengan syarat-syarat tertentu pula.  Menunaikan ibadah haji diwajibkan atas setiap... Selengkapnya

Adab-Adab Terhadap Hewan Menurut Islam

Adab-Adab Terhadap Hewan Menurut Islam

T 30 October 2019 F , A Admin Web YNI-1

ISLAM mengajarkan untuk saling menyayangi kepada seluruh makhluk hidup. Allah subhanahu wa ta’ala mengajarkan rasa saling kasih sayang. Baik terhadap sesame manusia bahkan juga terhadap hewan dan tumbuhan. Binatang dan tumbuhan juga sama-sama makhluk hidup ciptaan Allah subhanahu wa ta’ala.... Selengkapnya

yayasan anak yatim di jakarta timur

Mau Do’a Kita Maqbul? Perbaiki Cara Berdo’a!

T 17 February 2017 F A Admin Web YNI

Coba pikirkan seandainya ada orang yang yang dating ketempat kita silaturahmi, kemudian langsung meminta uang dengan cara yang tidak baik dan sopan..dia tidak mengucap salam, tidak memanggil nama kita dengan santun, dan tidak punya tata karama dalam berinteraksi. Apa persaan... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00