Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Keutamaan Membaca Al-Qur’an

Keutamaan Membaca Al-Qur’an

T Diposting oleh pada 24 March 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 576 kali

KEUTAMAAN MEMBACA AL-QUR'AN

 

Al – Qur’anul Karim merupakan kitab terakhir yang Allah turunkan ke bumi. Dijadikan sebagai petunjuk bagi orang-orang yang berfikir, bahwa kandungan dari kitab terakhir ini ialah petunjuk-petunjuk untuk umat muslim agar selalu berada dijalan yang benar (tidak sesat). Maka, jadikanlah Al – Qur’an sebagai pedoman hidup.

Hendaklah kita Mempelajari Al – Qur’an, lalu membaca nya, memahaminya serta mengamalkannya. Agar kita memperoleh manfaat dari ayat-ayat Al – Qur’an. Dijelaskan didalam suatu ayat Al – Qur’an,

كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ

Artinya: “ Ini adalah sebuah Kitab yang kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayat-Nya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran. (QS. Shaad : 29)

Dijelaskan dalam sebuah hadits, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

Artinya: “Barang siapa membaca satu huruf dari kitabullah, baginya satu kebaikan. Satu kebaikan akan dilipat gandakan sepuluh. Aku tidak mengatakan ‘alif laam miim’ itu satu huruf. Akan tetapi, Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi no. 2915. Shahih oleh Al – Albani)

 

Keutamaan Lain Dari Membaca Al – Qur’an

Seperti yang telah disebutkan diatas, salah satu keutamaan membaca Al – Qur’an yakni setiap huruf yang kita baca bernilai pahala sepuluh. Dan sudah bisa dipastikan jika 1 kali mengkhatamkan Al-Qur’an berapa puluh kali lipat pahala yang akan kita dapatkan? Dari Imam Ibnu Katsir rahimahullah didalam tafsirnya, meriwayatkan dari Imam Mujahid rahimahullah berkata:

“Inilah jumlah huruf didalam Al – Qur’an, sebagaimana yang kami hitung, yaitu : 320.015.” Lalu yang apabila kita mengkhatamkan 1 kali Al-Qur’an kita mendapatkan berapa pahala kebaikan dikali sepuluh?

Berikut keutamaan lainnya

  1. Diangkat Derajatnya Oleh Allah SWT

Allah subhanahuwata’ala berjanji akan mengangkat dejarat orang-orang yang menuntut ilmu, begitu pula ornag-orang yang mempelajari dan membaca Al-Qur’an. Kemudian ia mengamalkannya.

Dijelaskan dalam sebuah hadits, diriwayatkan oleh Al-Bukhari, yang artinya, “Sesungguhnya Allah mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab Al-Qur’an dan Allah merendahkan kaum yang lainnya (yang tidak mau membaca, mempelajari dan mengamalkan Al-Qur’an).” (HR. Bukhari)

 

  1. Mendapatkan Syafa’at Di Hari Kiamat

Dijelaskan dalam hadits, diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, yang artinya “Bacalah Al-Qur’an oleh kamu sekalian, karena bacaan AL-Qur’an yang dibaca ketika hidup didunia ini, akan menjadi syafa’at (penolong) bagi orang-orang yang membaca Al-Qur’an dihari kiamat nanti.” (HR. Muslim)

 

Lalu, masih pada periwayat yang sama,

عَنْ أَبي أُمَامَةَ الْبَاهِلِىُّ رضى الله عنه قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

Artinya: “ Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu’anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Bacalah Al-Qur’an karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang telah membacanya.” (HR. Muslim)

 

  1. Mendapatkan Ketenangan Jiwa

 

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

 

Artinya: “ Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS. Al-Isra : 82).

 

Sebagaimana diterangkan dari surah diatas, Al-Qur’an diturunkan menjadi obat untuk segala penyakit. Apabila kita membacanya maka perasaan tenang dan risau didalam hidup akan hilang. Namun tidak untuk orang-orang yang zalim, mereka tidak bisa merasakan.

 

Hikmah Membaca Al-Qur’an

Maksud dan tujuan utama dari mempelajari AL-Qur’an ialah mengambil manfaat dan mengamalkannya. Dan adapun orang-orang yang hanya membaca Al-Qur’an namun tidak mengamalkannya, maka Al-Qur’an itu akan menuntut kita pada hari kiamat. Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

وَالْقُرْآنُ حُجَّةٌ لَكَ أَوْ عَلَيْكَ

Artinya: “Al-Qur’an itu akan menjadi hujjah yang membelamu atau yang akan menuntutmu.” (HR. Muslim no. 223)

Allah subhanahuwata’ala berfirman,

وَأُوحِيَ إِلَيَّ هَذَا الْقُرْآنُ لِأُنْذِرَكُمْ بِهِ وَمَنْ بَلَغَ

Artinya: “Dan Al-Qur’an ini diwahyukan kepadaku supaya dengan dia aku memberi peringatan kepadamu dan kepada orang-orang yang sampai Al-Qur’an (kepadanya) (QS. Al-An’an : 19)

Al-Qur’an pula menjadi peringatan. Didalam Al_Qur’an, Allah subhanahuwata’ala menjelaskan manakah yang haq(benar) dan bathil (salah). Allah subhanahuwata’ala telah menjelaskan manakah yang merupakan petunjuk dan manakah kesesatan. Maka, barang siapa yang mengamalkannya, merekalah oranng-orang yang berbahagia, namun barang siapa yang menyielisihnya, merekalah orang-orang yang celaka.

Allah subhanahuwata’ala berfirman,

وَمَنْ أَعْرَضَ عَنْ ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنْكًا وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَى

Artinya: “ Dan barang siapa berpaling dari peringatanKu, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunnya pada hari kiamat dalam keadaan buta.” (QS. Thaaha : 124).

Amalkan lah Al-Qur’an, tidak hanya membaca maupun menghafalnya. Bila tidak, Al-Qur’an akan menjadi musuh pada hari kiamat yang akan menarik kita ke dalam neraka.

Belum ada Komentar untuk Keutamaan Membaca Al-Qur’an

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Keutamaan Membaca Al-Qur’an

contoh makanan yang halal dimakan

Memakan Makanan Haram Pemicu Jauhnya Keberkahan

T 19 April 2018 F , A WP-YNI

Allah SWT sudah menyiapkan umatnya segala macam makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi oleh segala makhlukNya dimuka bumi ini. Banyak sekali makanan yang dapat kita santap namun harus sesuai dengan syariat islam tentunya, ialah makanan dan minuman halal. Di zaman... Selengkapnya

Tidur cara Nabi SAW

Tidur Penuh Manfaat Ala Nabi Muhammad SAW

T 28 February 2018 F , A WP-YNI

Tidur ialah salah satu aktifitas rutin yang dilakukan setiap makhluk hidup termasuk manusia. Tidur berfungsi menenangkan dan merelekskan tubuh. Aktifitas ini sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia karena pastinya selama seharian kita beraktifitas tubuh perlu istirahat  dan alat-alat vital tubuh... Selengkapnya

keutamaan bershalawat kepada Nabi

Apa Saja Keutamaan Bershalawat Kepada Nabi?

T 30 November 2018 F A WP-YNI

Salah satu refleksi dari kecintaan seseorang terhadap Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa salam ialah dengan banyak  dengan banyak bershalawat kepadanya. Perihal ini diperjelas  dalam Al-Quran surah Al-Ahzab ayat 56 yang  berbunyi: إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00