Beranda » Agama Islam » Keutamaan Membaca Al-Qur’an Walaupun Terbata-Bata

Keutamaan Membaca Al-Qur’an Walaupun Terbata-Bata

T Diposting oleh pada 1 November 2019
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 664 kali

Masih banyak orang muslim yang tidak mau membaca al-quran atau mempelajarinya. Padahal al-qur’an ialah kitab petunjuk bagi umat muslimin  untuk hidup di dunia. Dan dengan alasan lainnya yakni tidak memiliki waktu senggang karena ia di sibukkan oleh kegiatan dan pekerjaannya sehari-hari.

Bila ia sudah kerja dari pagi hingga sore, berasalan ia lelah dan tidak membaca al-qur’an dan begitu hingga seterusnya. Bukannya dunia membuat kita jauh dari Allah Subhanahu wa ta’ala? Sibuk dengan urusan dunia membuat kita jauh dari arti sesungguhnya manusia di ciptakan oleh Allah, yakni agar hamba nya bersujud kepada-Nya.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Artinya: “ Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah kepada-Ku”  (QS. Adz-dzariyat : 56)

dan bukankah untuk mendekati-Nya kita harus membaca kalam-Nya? Memahami setiap perintah dan larangan yang telah di tetapkan kepada umat muslimin? Tapi, sudah bersungguh-sungguh ingin bisa membaca al-qur’an tapi terbata-bata. Bagaimanakah hukumnya?

Pahala Untuk Orang Yang Membaca Al-Quran

Hukum membaca Al-Qur’an bagi orang awam yang terbata-bata dalam membacanya, di sebutkan dalam sebuah buku bagi orang yang terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an maka akan di perolehnya dua pahala yaitu satu pahala karena membacanya dan satu lagi karena kesungguhannya dalam mempelajari Al-qur’an yang berulang-ulang kali.

Di sampaikan dari Aisyah radhiyallahu anha, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Orang yang ahli dalam Al-Qur’an akan bersama para malaikat pencatat yang mulia lagi benar. Dan orang-orang yang terbata-bata membaca Al-Qur’an serta bersusah payah mempelajarinya, maka baginya pahala dua kali.” (HR. Bukhari, Muslim dan Abu Dawud)

Namun, bukan berarti pahala yang di peroleh oleh orang yang membaca terbata-bata akan melebihi pahalanya ahli qur’an. Yang di maksud ialah, bahwa orang yang sudah bersusah payah dalam mempelajari Al-Qur’an maka akan memperoleh pahala ganda, maka sangat merugi bila kita meninggalkan Al-Qur’an walaupun kita sulit dalam membacanya.

Hal ini di perjelas oleh hadits yang di riwayatkan oleh Ali Qari radhiyallahu anhu dari Thabbrani dan Baihaqi yang artinya,

“Barang siapa membaca membaca Al-Qur’an sedangkan dia tidak hafal, maka dia akan memperoleh pahala dua kali lipat. Dan barang siapa benar-benar ingin menghafal Al-Qur’an tetapi tidak mampu, tetapi ia terus membacanya maka Allah akan membangkitkannya pada hari Mahsyar dengan para Hafidz Al-Qur’an.”

Hikmahnya Membaca Al-Qur’an

Orang yang membaca AL-Qur’an akan memperoleh keutamaan-keutamaan. Yakni:

  1. Allah akan memberikan pahala yang banyak

Satu huruf yang kita baca dalam Al-Qur’an bernilai sepuluh pahala. Bayangkan bagaimana kita membaca satu lembar Al-Qur’an setiap kita selesai sholat? Atau hanya membaca surat Al-fatihah saja?

Dalam Al-Qur’an terdapat 325.015 huruf yang berarti satu kali kita mengkhatamkan Al-Qur’an maka nilai pahalanya kelipatan sepuluh menjadi 3.250.150.

  • Allah mengangkat derajat orang yang membacanya

“Sesungguhnya Allah akan mengangkat derajat suatu kaum dengan Kitab Al-Qur’an dan Allah merendahkan kaum yang lainnya (yang tidak mau membca, mempelajari dan mengamalkan Al-Qur’an.” (HR. Bukhari)

  • Allah memberikan syafaat bagi orang yang membacanya

Hal ini di jelaskan dalam hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda :

“Bacalah Al-Qur’an oleh kamu sekalian, karena bacaan Al-Qur’an yang dibaca ketika hidup di dunia ini akan menjadi syafaat atau penolonh bagi para pembacanya di hari Kiamat nanti.” (HR. Imam Muslim)

Belum ada Komentar untuk Keutamaan Membaca Al-Qur’an Walaupun Terbata-Bata

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Keutamaan Membaca Al-Qur’an Walaupun Terbata-Bata

Kapan Terjadinya Kiamat?

Kapan Terjadinya Kiamat?

T 13 January 2020 F A Admin Web YNI-1

Kiamat. Apa yang ada dipikiran kita bila mengingat kata “kiamat” ? dalam Islam Kiamat yakni rukun iman yang ke enam. Tanda muslim yang beriman ialah dengan meyakini rukun iman yakni salah satunya percaya akan hari kiamat. Hari kiamat ialah hari... Selengkapnya

apakah perbedaan shalat malam dan tahajud

Apakah Perbedaan Antara Shalat Malam Dan Tahajud?

T 7 September 2018 F A Admin Web YNI-1

Shalat Malam merupakan shalat sunnah yang dilakukan pada waktu malam hari terhitung setelah shalat isya sampai terbit fajar, baik dilakukan setelah tidur ataupun sebelum tidur. Contoh dari shalat malam ialah shalat witir, shalat tarawih, shalat hajat dan shalat sunnah mutlak... Selengkapnya

Keutamaan Berdzikir Di Bulan Ramadhan

Keutamaan Berdzikir Di Bulan Suci Ramadhan

T 12 April 2019 F , A Admin Web YNI-1

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, segala amalan-amalan baik kita di lipat gandakan oleh Allah subhanahuwata’ala. Maka sangat dianjurkan bagi umat muslim yang tengah menjalani ibadah puasa Ramadhan tersebut untuk banyak-banyak melakukan amalan-amalan kebaikan sebagai bekal kita nanti. Dan salah... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00