Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Keutamaan Membaca Al-Qur’an Di Bulan Ramadhan

Keutamaan Membaca Al-Qur’an Di Bulan Ramadhan

T Diposting oleh pada 3 May 2019
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 659 kali

Al-Qur’an merupakan kitab pedoman dan petunjuk yang Allah subhanahuwata ‘ala turunkan kebumi untuk orang-orang yang berfikir. Al-Qur’an hendaklah dibaca, dihafal dan diamalkan agar tidak menjadi sia-sia. Allah subhanahuwata ‘ala berfirman :

إِنَّ هَٰذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًا

Artinya: “ Sesungguhnya Al-Qur’an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal shaleh bahwa bagi meeka ada pahala yang besar.” (QS. Al-Isra : 9)

Mereka yang menghafal serta mengamalkan Al-Qur’an merupakan golongan orang-orang yang terpilih menempatkan posisi istimewa di sisi-Nya. Maka, Allah menjadikan mereka sebagai manusia-manusia terbaik. Rasulullah shallallahi ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “ Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari : 5027)

Keutamaan Membaca Al-Qur’an Di Bulan Ramadhan

Al-Qur’an Sebagai Pemberi Syafaat Di Akhirat

Al-Qur’an dikemudian hari akan menjadi syafa’at bagi siapa saja yang menghafal serta mengamalkannya. Di khususkan dibulan Ramadhan, satu ayat kita membaca Al-Qur’an akan dibalas dengan seupuluh hingga tujuh ratus kali lipat. Bagaimana bila membaca hingga satu juz atau hingga khatam? Lebih afhdol apabila kita menghafal dan diamalkan agar lebih berkah.

Lalu apa arti dari syafa’at?

Menurut para ulama mengartikan syafa’at ialah:

“Syafa’at adalah sebagai penengah atau wasilah bagi yang lain untuk mendatangkan manfaat dan mencegah bahaya/mudharat.”

Syafa’at sendiri dapat berupa syafa’at didunia dan syafa’at diakhirat. Allah subhanahuwata’ala berfirman:

مَنْ يَشْفَعْ شَفَاعَةً حَسَنَةً يَكُنْ لَهُ نَصِيبٌ مِنْهَا ۖ وَمَنْ يَشْفَعْ شَفَاعَةً سَيِّئَةً يَكُنْ لَهُ كِفْلٌ مِنْهَا ۗ وَكَانَ اللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ مُقِيتًا

Artinya: “Barang siapa yang memberikan syafa’at yang baik, niscaya ia akan memperoleh bahagian (pahala) dari padanya. Dan barang siapa memberi syafa’at yang buruk, niscaya ia akan memikul bahagian (dosa) dari padanya. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. An-Nisa : 85).

Bahkan puasa pun juga menjadi syafa’at sama halnya dengan Al-Qur’an. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya,

“Amalan puasa dan membca Al-Qur’an akan memberikan syafa’at bagi seorang hamba di hari kiamat. Puasa berkata: ‘Wahai Tuhanku, aku telah menahannya dari makan dan syahwat disiang hari, maka izinkanlah aku memberikan syafa’at kepadanya’. Dan Al Qur’an berkata: ‘Aku menahannya dari tidur di waktu malam, maka izinkanlah aku memberikan syafa’at padanya’, maka keduanya pun di izinkan memberi syafa’at.” (HR. Ahmad shahih At-Targhib : 1429).

baca juga artikel selengkapnya , Keutamaan Orang Tua mengajarkan Al-Qur’an Kepada Anaknya

Hikmah Dari Puasa Dan Membaca Al-Qur’an

Berdasarkan dari penjelasan hadits sebelumnya, berkaitan syafa’at oleh puasa dan Al – Qur’an adalah syafa’at di akhirat. Karena, manusia sangat membutuhkan syafa’at pada saat itu. Kesusahan yang dialami pada hari kiamat ialah:

  1. Matahari didekatkan manusia dengan jarak satu mil.
  2. Manusia ada yang tenggelam dengan keringatnya sendiri.
  3. Manusia ada yang diseret dan berjalan dengan wajahnya sendiri.
  4. Peristiwa di padang mahsyar akan sangat lama, yang dimana satu hari di akhirat sama dengan 1000 tahun di bumi.

Semoga kita semua mendapatkan syafa’at dari puasa dan Al Qur’an kelak. Bagaimana kita membayangkan bila kita didekatkan dengan matahari sedekat itu? Tenggelam dalam keringat, serta diseretnya wajah dan merasakan lamanya waktu dipadang mahsyar tanpa pertolongan apapun?

Ya Allah, semoga seluruh umat muslim mendapatkan syafa’at-Mu. Izinkanlah kami mendapatkan syafa’at-Mu.

Belum ada Komentar untuk Keutamaan Membaca Al-Qur’an Di Bulan Ramadhan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Keutamaan Membaca Al-Qur’an Di Bulan Ramadhan

Bulan Muharram _ Bulannya menyayangi anak yatim

Bulan Muharram : Bulannya Menyayangi Anak Yatim

T 4 September 2019 F A WP-YNI

Bulan Muharram merupakan bulan yang mengawali tahun hijriyah di calendar islam. Dibulan ini, terdapat keistimewaan yang hanya dimiliki oleh selain bulan-bulan haram. Dinamakan haram karena dibulan ini Allah subhanahuwa ta’ala melarang para hambanya untuk berbuat kemaksiatan serta dilarangnya untuk berperang.... Selengkapnya

Benarkah Tidak Boleh Puasa Setelah Dipertengahan Sya’ban_

Benarkah Tidak Boleh Puasa Setelah Dipertengahan Sya’ban?

T 5 April 2019 F , A WP-YNI

Puasa setelah pertengahan bulan sya’ban banyak dianggap sebagai sebuah larangan. Dalam beberapa hadits juga disebutkan bahwa berpuasa setelah pertengahan bulan sya’ban ialah tidak boleh. Maka, banyak yang beranggapan bahwa perintah tersebut benar adanya karena didasari oleh hadits-hadits. Ada beberapa lafazh,... Selengkapnya

Sah Kah Orang Yang Puasa Tapi Tidak Shalat

Sah Kah Orang Yang Puasa Tapi Tidak Shalat?

T 13 May 2019 F , A WP-YNI

puasa namun tidak shalat

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00