Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Hukum Islam » Keutamaan Dari Memotong Kuku Menurut Islam

Keutamaan Dari Memotong Kuku Menurut Islam

T Diposting oleh pada 20 December 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 201 kali

Kuku merupakan bagian tubuh manusia yang tumbuh di ujung jari. Kuku seperti gel lembut yang mati dan mengeras lalu terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Kuku merupakan bagian tubuh yang kadang kala kita sepelekan dalam segi perawatan. Seperti di biarkan memanjang dan di berikan warna agar terlihat lebih cantik oleh sebagian perempuan. Tapi tahukah anda sebenarnya kuku yang panjang itu merupakan sarang dari bakteri?

Kuku yang panjangnya melebihi 3 cm dari ujung kuku terdapat penyebaran penyakit. Karena tangan kita kesehariannya memegang benda apapun. Di situlah kuku menjadi sarang penyakit. bukan hanya dari segi medis, dalam pandangan Islam-pun tidak di anjurkannya memanjangkan kuku. Penyebabnya selain menjadi sarang penyakit, kuku panjang juga bisa menjadi penyebab tidak sahnya bersuci. Karena kuku menghalangi jalannya aliran air agar menyentuh kulit seluruhnya.

Selain manfaat lainnya dari memotong kuku yakni menghindari dari penyakit yang bersarang di kuku, penyebab sahnya bersuci hal lainnya juga yakni menurut ajaran islam ialah bahwa di kuku yang panjang juga terdapat sarang setan. Setan menyembunyikan dirinya di dalam kuku-kuku yang panjang. Dalam hadits di jelaskan, Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “ Potonglah (perpendek) kuku-kukumu. Sesungguhnya setan mengikat melalui kuku-kuku yang panjang” (HR. Ahmad).

Adab-Adab Memotong Kuku

Ada baiknya sebelum memotong kuku, persiapkanlah dahulu alat pemotong kuku (gunting kuku) yang tajam. Lalu ada cara dalam islam untuk memotong kuku yakni yang di jelaskan dalam kitab Almajmu adalah :

“Di Sunnahkan untuk memulai dari tangan kanan kemudian tangan kiri, dari kaki kanan kemudian kaki kiri”

Pendapat Imam Nawawi, yang di Sunnah dalam memotong kuku yaitu memotong kuku di mulai dari tangan kanan lalu pertama jari telunjuk kemudian jari tengah, manis kelingking dan terakhir jempol. Lalu di lanjutkan ke tangan kiri yang di mulai dari jari kelingking, jari manis, jari tengah, telunjuk dan yang terakhir jempol.

Lalu berikutnya pemotongan kuku jari kaki. Di sunnahkan di mulai dari jari kelingking sebelah kanan terus sampai jempol, lalu di lanjutkan kuku jari kiri yagn di mulai dari jari jempol ke jari kelingking.

Hal tersebut mengacu dalam katab Fathul Bari, Imam Ibnu Hajar mengatakan bahwa:

“Tidak ada satu-pun hadits yang menjelaskan tantang tata tertib memotong kuku. Akan tetapi Imam Nawawi menegaskan bahwa dalam kitab Syarh Muslim, di sunnahkan untuk memulainya dari jari telunjuk tangan kanan, tengah, manis, kelingking dan jempol. Untuk jari tangan sebelah kiri di mulai dari jari kelingking, manis sampai jempol. Untuk kaki di mulai dari jari kelingking sebelah kanan sampai ke jempol dan kaki sebelah kiri di mulai dari jempol sampai jari kelingking.”

Waktu Yang Tepat Untuk Memotong Kuku

Menurut para ulama, ada waktu yang tepat untuk memotong kuku. Yakni pada hari senin, kamis dan jum’at menurut Imam Ibnu Qosim al-Ghazi, dalam kitabnya Hasyiyah al-Bajuri . Namun ada juga yang mengatakan bahwa memotong kuku di hari apapun tidak mengapa saat di rasa kuku sudah mulai memanjang menurut riwayat Abu Hurairah. Dan juga ada waktu yang di tentukan untuk memotong kuku dalam islam.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, “ Kami di beri batasan dalam memendekkan kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, yaiutu itu semua tidak di biarkan lebih dari 40 malam.” (HR. Muslim : 258). Dan yang di maksud hadits ini ialah jangan membiarkan kuku ataupun bulu-bulu rambut memanjang lebih dari 40 hari (syarh muslim, 3:133)

Dan di sunnahkannya memotong kuku sebelum melaksanakan shalat Jum’at, di jelaskan dalam sebuah hadits,

“Adapun menurut Imam Asy-Syafi’e dan ulama-ulama asy-Syafi’eyah, Sunnah memotong kuku itu sebelum mengerjakan sembahyang Jum’at, sebagaimana di sunatkan mandi, bersiwak, memakao wewangian, berpakaian rapi sebelum pergi ke masjid untuk mengerjakan shalat Jum’at.” (HR. Muslim)

Belum ada Komentar untuk Keutamaan Dari Memotong Kuku Menurut Islam

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Keutamaan Dari Memotong Kuku Menurut Islam

Meninggal Dunia, Tapi Memiliki Hutang Puasa

Meninggal Dunia, Tapi Memiliki Hutang Puasa

T 20 May 2019 F , A Admin Web YNI-1

Barang siapa meninggal dunia tapi masih memiliki hutang puasa. Bagaimanakah puasanya bagi yang telah meninggal dunia? Diqodho’ oleh ahli waris nya atau kah tidak?. Para ulama berselisih pendapat mengenai hal ini. Pendapat terkuat, harus dipuasakan oleh ahli warisnya baik puasa... Selengkapnya

sudahkah kita memantaskan diri jadi bagian penghuni surga

Sudahkah Kita Memantaskan Diri Jadi Bagian Penghuni Surga?

T 14 April 2019 F , A Admin Web YNI-1

Harapan paling besar seorang muslim ketika beramal ialah diterima segala amal yang telah dilakukannya. Sebagai amal kebaikan ( Ahsanul Amal) menjadi sebaik-baik amal yang akan membawa kita kepada Allah subhahuwata’ala dan surganya Allah tentunya. Janji-janji Allah tentang surga serta mereka... Selengkapnya

Bolehkah Merayakan Hari Ulang Tahun_

Bolehkah Merayakan Hari Ulang Tahun?

T 14 October 2019 F , A Admin Web YNI-1

Perayaan ulang tahun sudah menjadi kebiasaan manusia masa kini. Memeriahkan hari kelahiran dengan merayakan, mengundang teman-teman, sanak saudara dan orang tersayang. Yang perlu kita ketahui, bahwasanya kebiasaan merayakan ulang tahun bukanlah bagian dari ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Nabi... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00