Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Hukum Islam » Keutamaan Dari Memotong Kuku Menurut Islam

Keutamaan Dari Memotong Kuku Menurut Islam

T Diposting oleh pada 20 December 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 81 kali

Kuku merupakan bagian tubuh manusia yang tumbuh di ujung jari. Kuku seperti gel lembut yang mati dan mengeras lalu terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Kuku merupakan bagian tubuh yang kadang kala kita sepelekan dalam segi perawatan. Seperti di biarkan memanjang dan di berikan warna agar terlihat lebih cantik oleh sebagian perempuan. Tapi tahukah anda sebenarnya kuku yang panjang itu merupakan sarang dari bakteri?

Kuku yang panjangnya melebihi 3 cm dari ujung kuku terdapat penyebaran penyakit. Karena tangan kita kesehariannya memegang benda apapun. Di situlah kuku menjadi sarang penyakit. bukan hanya dari segi medis, dalam pandangan Islam-pun tidak di anjurkannya memanjangkan kuku. Penyebabnya selain menjadi sarang penyakit, kuku panjang juga bisa menjadi penyebab tidak sahnya bersuci. Karena kuku menghalangi jalannya aliran air agar menyentuh kulit seluruhnya.

Selain manfaat lainnya dari memotong kuku yakni menghindari dari penyakit yang bersarang di kuku, penyebab sahnya bersuci hal lainnya juga yakni menurut ajaran islam ialah bahwa di kuku yang panjang juga terdapat sarang setan. Setan menyembunyikan dirinya di dalam kuku-kuku yang panjang. Dalam hadits di jelaskan, Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “ Potonglah (perpendek) kuku-kukumu. Sesungguhnya setan mengikat melalui kuku-kuku yang panjang” (HR. Ahmad).

Adab-Adab Memotong Kuku

Ada baiknya sebelum memotong kuku, persiapkanlah dahulu alat pemotong kuku (gunting kuku) yang tajam. Lalu ada cara dalam islam untuk memotong kuku yakni yang di jelaskan dalam kitab Almajmu adalah :

“Di Sunnahkan untuk memulai dari tangan kanan kemudian tangan kiri, dari kaki kanan kemudian kaki kiri”

Pendapat Imam Nawawi, yang di Sunnah dalam memotong kuku yaitu memotong kuku di mulai dari tangan kanan lalu pertama jari telunjuk kemudian jari tengah, manis kelingking dan terakhir jempol. Lalu di lanjutkan ke tangan kiri yang di mulai dari jari kelingking, jari manis, jari tengah, telunjuk dan yang terakhir jempol.

Lalu berikutnya pemotongan kuku jari kaki. Di sunnahkan di mulai dari jari kelingking sebelah kanan terus sampai jempol, lalu di lanjutkan kuku jari kiri yagn di mulai dari jari jempol ke jari kelingking.

Hal tersebut mengacu dalam katab Fathul Bari, Imam Ibnu Hajar mengatakan bahwa:

“Tidak ada satu-pun hadits yang menjelaskan tantang tata tertib memotong kuku. Akan tetapi Imam Nawawi menegaskan bahwa dalam kitab Syarh Muslim, di sunnahkan untuk memulainya dari jari telunjuk tangan kanan, tengah, manis, kelingking dan jempol. Untuk jari tangan sebelah kiri di mulai dari jari kelingking, manis sampai jempol. Untuk kaki di mulai dari jari kelingking sebelah kanan sampai ke jempol dan kaki sebelah kiri di mulai dari jempol sampai jari kelingking.”

Waktu Yang Tepat Untuk Memotong Kuku

Menurut para ulama, ada waktu yang tepat untuk memotong kuku. Yakni pada hari senin, kamis dan jum’at menurut Imam Ibnu Qosim al-Ghazi, dalam kitabnya Hasyiyah al-Bajuri . Namun ada juga yang mengatakan bahwa memotong kuku di hari apapun tidak mengapa saat di rasa kuku sudah mulai memanjang menurut riwayat Abu Hurairah. Dan juga ada waktu yang di tentukan untuk memotong kuku dalam islam.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, “ Kami di beri batasan dalam memendekkan kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, yaiutu itu semua tidak di biarkan lebih dari 40 malam.” (HR. Muslim : 258). Dan yang di maksud hadits ini ialah jangan membiarkan kuku ataupun bulu-bulu rambut memanjang lebih dari 40 hari (syarh muslim, 3:133)

Dan di sunnahkannya memotong kuku sebelum melaksanakan shalat Jum’at, di jelaskan dalam sebuah hadits,

“Adapun menurut Imam Asy-Syafi’e dan ulama-ulama asy-Syafi’eyah, Sunnah memotong kuku itu sebelum mengerjakan sembahyang Jum’at, sebagaimana di sunatkan mandi, bersiwak, memakao wewangian, berpakaian rapi sebelum pergi ke masjid untuk mengerjakan shalat Jum’at.” (HR. Muslim)

Belum ada Komentar untuk Keutamaan Dari Memotong Kuku Menurut Islam

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Keutamaan Dari Memotong Kuku Menurut Islam

Penyebab Kaum Muslimin Banyak Telat Shalat Subuh

Penyebab Kaum Muslimin Banyak Telat Shalat Subuh

T 22 March 2019 F , A WP-YNI

Seperti yang telah kita ketahui bersama,  bila kita melihat masjid yang begitu megah-megah namun memiliki jamaah yang sedikit. Terutama, saat waktu shalat subuh. Ini merupakan kondisi kaum muslimin saat ini yang dimana tidak bisa didiamkan saja. karena sedikit kaum muslimin... Selengkapnya

zakat fitrah

Kewajiban serta makna Zakat fitrah bagi manusia

T 25 July 2014 F A Yayasan Nurul Ihsan

Sebagi umat islam kita tidak pernah luput dari kewajiban Zakat. Apa itu Zakat? Bagaimana hukum Zakat? apa saja macam-macam Zakat? dan Siapa saja yang berhak menerima Zakat?. Pada artikel kali ini saya akan membahasa jawaban dari pertanyaan pertanyaan yang ada... Selengkapnya

SYARAT-SYARAT SAH DAN RUKUN WUDHU

Syarat-Syarat Sah Dan Rukun Berwudhu

T 13 February 2019 F , , A WP-YNI

Syarat-Syarat Sah Dan Rukun Berwudhu Wudhu merupakan perihal yang wajib dilakukan sebelum shalat. Wudhu sama dengan bersuci atau membersihkan diri dari kotoran atau najis-najis kecil yang menempel dikulit. Yang mana apabila bagus dan tertib wudhu kita insyaAllah shalat kita akan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00