Beranda » Agama Islam » Keistimewaan Amalan – Amalan Pada Bulan Syawal

Keistimewaan Amalan – Amalan Pada Bulan Syawal

T Diposting oleh pada 28 June 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 499 kali

Bulan Syawal adalah bulan untuk meningkatkan amal, iman dan kebaikan seorang muslim yang mana di bulan ramadhan telah digembleng untuk melakukan banyak hal-hal baik. Khususnya karena dibulan Ramadhan kebaikan kita akan berlipat ganda. Maka sangat dianjurkan untuk terus melakukan kebaikan agar menjadi kesinambungan.

Maka, sangat banyak sunnah Syawal yang dapat kita kerjakan sebagai penerus dari sunnah Ramadhan. Nama ‘Syawal’ sendiri sudah ada semenjak zaman jahiliyah (sebelum datangnya kerasulan Nabi Muhammad SAW), sementara masyarakat jahiliyah pada zaman itu belum mengenal syariat puasa Ramadhan sebagaimana yang telah kita ketahui.

Penamaan bulan Syawal diambil dari kalimat Sya-lat Al Ibil (Onta itu menganggat atau menegakkan ekornya) yang mana dinamakan sedemikian karena pada zaman dahulu orang-orang arab menggantungkan alat-alat perang mereka, disebabkan sudah dekat dengan bulan-bulan Haram, yaitu bulan yang dilarang untuk berperang yakni Dzul Qo’dah, Dzulhijjah dan Muharram.

keistimewaan amalan-amalan dibulan syawal

Macam-Macam Amalan Pada Bulan Syawal

Maka terlepas dari bulan Syawal itu sendiri, dalam syariat islam pada bulan ini di sunnahkan untuk melakukan beberapa amalan-amalan seperti :

  1. Shalat Hari Raya Idul Fitri Di Tempat Luas

Ummu ‘Athiyah radiyallahu’anha mengatakan, “Kami diperintahkan untuk mengajak keluar gadis yang baru baligh, gadis – gadis pingitan, dan orang – orang haid untuk menghadiri shalat Idul Fitri dan Idul Adha” (HR. Bukhari dan Muslim)

  1. Puasa Sunnah 6 Hari Dibulan Syawal

Dari Ayyub r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa berpuasa Ramadhan dan meneruskannya dengan puasa 6 hari dibulan Syawal, berarti ia telah berpuasa satu tahun.” (HR. Imam Muslim dan Abu Dawud) dan masih sama hadist nya dengan perawi lain (HR. Ibnu Majah)

Dan bila masih memiliki tanggungan puasa qodho maka dianjurkan terlebih dahulu melakukan puasa ganti yang mana setelah selesai berpuasa qodho maka langsung disambung dengan puasa Syawal. Jadi, lebih sempurna puasanya.

  1. Melaksanakan Pernikahan

Dari Aisyah radiallahu’anha mengatakan, “Nabi shallallahu’alaihi wassalam menikahiku dibulan Syawal dan beliau juga tinggal satu rumah denganku juga dibulan Syawal. Siapakah diantara isteri beliau yang lebih beruntung dari pada aku.” (HR. Ahmad dan Muslim)

  1. I’tikaf Dimasjid

Pada bulan Ramadhan sangat dianjurkan untuk beri’tikaf dimasjid. Disebabkan karena mengerjakan amalan baik pahala dihitung berlipat ganda. Jadi, walaupun Ramadhan telah lewat tetaplah istiqomah melakukan amalan-amalan sunnah di bulan Syawal agar tetap berkesinambungan.

  1. Istiqomah Shalat Malam

Shalat malam dibulan Ramadhan, merupakan sebuah amalan yang dilakukan umat muslim untuk memperindah puasa Ramadhan dan tidak sedikit pahala yang didapat. Karena seperti yang telah diketahui melakukan segala amalan baik maka Allah SWT lipat gandakan pahala. Namun haruslah tetap dilaksanakan shalat malam tersebut, jangan hanya dikerjakan dibulan Ramadhan saja.

 

Hikmah Di Dalam Amalan – Amalan Syawal

Seperti yang telah dijelaskan diatas, hikmah melakukan amalan-amalan dibulan Syawal berarti terbuktinya peningkatan iman didalam diri seorang muslim yang tak bosan melakukan kebaikan. Hatinya tidak merasa berat dalam menjalankan segala perintah Allah dan segala yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Terlebih itu menjadi sebuah kebutuhan karena terbiasa dalam dirinya dalam mengerjakan hal-hal yang baik.

Demikian sedikit pembahasan sepuataran amalan-amalan atau sunnah setelah Ramadhan. Tetap istiqomah melakukan kebiasaan baik yang telah dilakukan dibulan Ramadhan, tidak terputus dan hanya dilakukan diBulan Ramadhan saja. Namun tetap berjalan kebulan-bulan berikutnya. Amalan baik yang berkesinambungan sangat disukai oleh Allah SWT.

Semoga kita menjadi hamba Allah yang istiqomah dalam melakukan hal-hal baik. Segala amalan-amalan yang telah kita kerjakan dibulan Ramadhan diterima oleh Allah. Karena amalan yang tidak kita putus hanya sampai dibulan Ramadhan saja, tapi juga bersambung ke bulan Syawal dan bulan-bulan berikutnya.

Aamiin Ya Robbal’aalamiin

Belum ada Komentar untuk Keistimewaan Amalan – Amalan Pada Bulan Syawal

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Keistimewaan Amalan – Amalan Pada Bulan Syawal

bersedekah dibulan ramadhan

Keutamaan Banyak Bersedekah Di Bulan Ramadhan

T 30 May 2018 F , A WP-YNI

Sedekah di bulan ramadhan sangatlah dianjurkan. Bagaimana tidak, keutamaan dibulan ramadhan merupakan alasan terbaik orang mukmin untuk memperbanyak sedekah.  Rasulullah SAW merupakan manusia yang sangat bersemangat dalam berbuat kebaikan. Dari Ibnu Abbas Radhiallahu’anhuma, ia berkata: “Nabi SAW adalah orang yang... Selengkapnya

malam lailatul qadar

Apa Arti Dari Malam Lailatul Qadar?

T 15 May 2018 F , A WP-YNI

Malam lailatul qadar merupakan malam yang ditunggu umat muslim diseluruh penjuru. Bagaimana tidak, malam ini merupakan malam yang penuh kebaikan melebihi malam-malam lainnya. Yang dimana sering dikatakan bahwa malam lailatul qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Maka... Selengkapnya

contoh makanan yang halal dimakan

Memakan Makanan Haram Pemicu Jauhnya Keberkahan

T 19 April 2018 F , A WP-YNI

Allah SWT sudah menyiapkan umatnya segala macam makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi oleh segala makhlukNya dimuka bumi ini. Banyak sekali makanan yang dapat kita santap namun harus sesuai dengan syariat islam tentunya, ialah makanan dan minuman halal. Di zaman... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00