Beranda » Agama Islam » Keberkahan Di Hari Senin Dan Kamis

Keberkahan Di Hari Senin Dan Kamis

T Diposting oleh pada 1 July 2019
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 876 kali

Hari senin sebagai hari pertama yang mengawali hari-hari lainnya. Namun banyak yang tidak menyukai hari tetsebut dikarenakan sudah nyaman dengan hari libur sebelumnya. Itulah yang menyebabkan sebagian dari kita bermalas-malasan dengan hari senin. Padahal di hari senin kita dapat menunjukkan sisi positif yang salah satunya semangat beraktifitas yang dimulai di senin pagi.

Bukan hanya itu, di hari senin dan kamis terdapat keberkahan yang  dapat kita raih didalamnya. Dalam islam, bukankah kita harus banyak melakukan kebajikan serta amal-amal shaleh sebagai bekal kita dikemudian hari? Salah satu dari keberkahan hari senin dan kamis yakni di hari tersebut amal-amal kita diperiksa oleh Allah subhanahuwa ta’ala.

“Amal-amal manusia diperiksa dihadapan Allah dua kali dalam sepekan yaitu hari senin dan kamis.”  (HR. Muslim). Maka lakukanlah amal yang lebih baik di hari amal-amal kita diperiksa oleh Allah subhanahuwa ta’ala salah satunya dengan puasa Sunnah senin kamis atau bersedekah dengan ikhlas.

Keutamaan Pada Hari Senin Dan Kamis

Berikut keutamaan dan keberkahan yang terdapat di hari senin dan kamis:

  • Keutamaan yang ada pada hari senin dan kamis ialah dibukanya pintu-pintu surga pada dua hari tersebut yakni orang-orang mukmin diampuni atas dosa-dosa nya kecuali orang-orang mukmin bersauda yang sedang bermusuhan. Dijelaskan pada sebuah hadits shahih, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ، فَيُقَالُ: أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا.

Artinya: “ Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yag antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan , ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.”
(HR. Muslim IV : 1987).

  • Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam senang melaksanakan puasa Senin Kamis.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anhuma, ia mengatakan,

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صَوْمَ اْلإِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ

Artinya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis.”

(HR. Tirmidzi dalam sunannya (III/121) Kitaabush Shaum, an-Nasa-I dalam sunannya (IV/202 Kitaabush Shaum, Ibnu Majah dalam sunannya (I/553) Kitaabush Shiyaam dan Ahmad dalam Musnadnya (VI/106)

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam mengutarakan alasan puasa beliau pada kedua hari ini dalam sabdanya,

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ اْلإِثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: “Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari senin dan kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. At-Tirmidzi dan lainnya)

  • Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam senang bepergian (safar) pada hari Kamis.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukai bepergian di hari kamis. Sebagaimana tercantum dalam hadits, dari Ka’ab bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata:

لَقَلَّمَا كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْرُجُ إِذَا خَرَجَ فِي سَفَرٍ إِلاَّ يَوْمَ الْخَمِيْسِ

Artinya: “Sangat jarang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar untuk melakukan perjalanan kecuali pada hari kamis.” (HR. Bukhari)

Lalu dalam riwayat lain juga dikatakan oleh Ka’ab bin Malik radhiyallahu ‘anhu,

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَرَجَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ فِي غَزْوَةِ تَبُوْكَ وَكَانَ يُحِبُّ أَنْ يَخْرُجَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ

Artinya: “Bahwa Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam keluar pada hari kamis di peperangan Tabuk dan memang beliau suka keluar untuk melakukan perjalanan pada hari kamis.” (HR. Bukhari)

Hikmah Di Hari Senin Dan Kamis

Hari senin dan kamis memiliki keutamaan yang tidak dimiliki hari lainnya seperti yang telah disebutkan diatas pada hari senin dan kamis Allah subhanahuwata’ala memeriksa amal-amal manusia, lalu Rasulullah shallalahu’alaihi wa sallam sangat menyukai puasa Sunnah senin dan kamis serta Rasul juga menyukai bepergian pada hari kamis.

Juga dihari senin merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam. Maka beliau sangat suka puasa Sunnah yang ada di senin dan kami. Dijelaskan dalam shahih muslim dari Abu Qatadah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang puasa hari senin, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيْهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَيَّ فِيْهِ

artinya: “hari tersebut merupakan hari aku dilahirkan, dan hari aku diutus atau diturunkannya Al – Quran kepadaku pada hari tersebut.”(HR. Imam Muslim )

Belum ada Komentar untuk Keberkahan Di Hari Senin Dan Kamis

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Keberkahan Di Hari Senin Dan Kamis

Rasulullah - panti yatim di jakarta timur

Meneladani Rasulullah Dengan Mengerjakan Amalan Sunnah

T 13 November 2020 F , A Admin Web YNI-1

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam merupakan Nabi terakhir yang Allah turunkan ke bumi sebagai pembawa kebenaran dan meluruskan dari kejahiliyah zaman. Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam ialah teladan mulia hingga akhir zaman. Karena segala tingkah lakunya merupakan kebenaran dan dijadikan panutan.

Keutamaan Dan Kemuliaan Hari Jum’at Bagi Umat Muslim

Keutamaan Dan Kemuliaan Hari Jum’at Bagi Umat Muslim

T 11 January 2019 F A Admin Web YNI-1

Seluruh hari terlihat seperti biasa saja. Namun Allah subhanahuwata’ala memberikan keistimewaan pada hari jum’at. Banyak yang tidak mengetahui bahwa hari jum’at merupakan hari proses  diciptakannya Nabi Adam Alaihissalam. Nabi Adam Alaihissalam merupakan bapak dan nenek moyang semua manusia  diseluruh dunia.... Selengkapnya

Berbuat Baik Kepada Tetangga

Berbuat Baik Kepada Tetangga Dalam Islam

T 26 February 2019 F A Admin Web YNI-1

Manusia merupakan makhluk social. Mereka butuh beradaptasi dengan lingkungan dan juga membangun hubungan yang baik antar manusia agar terjalin keharmonisan dalam hubungan social. Tetangga, merupakan orang terdekat yang harus kita jaga hubungan baiknya. Karena tetanggalah orang pertama yang akan muncul... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00