Beranda » Agama Islam » Kapan Wanita Boleh Mulai Melakukan Shalat Fardhu Dirumah?

Kapan Wanita Boleh Mulai Melakukan Shalat Fardhu Dirumah?

T Diposting oleh pada 20 June 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 792 kali

Kapan wanita boleh mulai melakukan shalat fardhu dirumah? Termasuk pula saat shalat zuhur dihari jum’at.  Setelah adzan berkumandang? Setelah iqamah? atau kah setelah para jamaah laki-laki menyelesaikan shalat jum’at mereka di masjid?

Syaikh sholeh Al Fauzan hafizhohullah pernah ditanya hal demikian, “kapan seorang wanita boleh mulai shalat dirumahnya, apakah ketika setelah adzan ataukah setelah iqamah?”

Maka beliau menjawab,

“ Pokoknya ketika sudah masuk waktu shalat, ia boleh melaksanakan shalat. Untuk wanita yang dirumah, ia boleh shalat ketika sudah masuk waktu shalat dan tidak perlu menunggu iqamah. Dan ia boleh shalat setelah mendengar adzan jika memang muadzin mengumandangkan  adzan tepat pada waktunya. Namun wantita tersebur boleh juga menunda shalat dari awal waktu. Wallallahu a’alam.”

Keutamaan Wanita Yang Shalat Dirumah

Keutamaan wanita yang shalat dirumah bukan hanya karena sebuah perintah dari Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam, tapi ada hal lainnya yang menjadikan wanita lebih afdhol keberadaannya untuk menetap dirumah dan dibolehkannya keluar rumah bila hanya ada keperluan mendesak saja.

Seperti yang telah diketahui wanita sangat lekat dengan fitnah, karena wanita merupakan perhiasan dunia yang perlu dijaga kehormatannya. Maka dari itu fitrahnya perempuan yakni dirumah dan menjaga anak dan saudara perempuan lainnya dirumah, ini merupakan bentuk penjagaan wanita dari banyaknya kejahatan diluar rumah. Ada beberapah hal lainnya mengenai fitrahnya perempuan untuk menetap didalam rumah.

Berikut keutamaan-keutamaan wanita yang berada didalam rumah:

  • Menjaga kehormatan wanita

Ketika wanita keluar rumah, dan tidak berpakaian selayaknya wanita muslimah pastinya mendatangkan syahwat bagi para laki-laki yang melihatnya. Maka, sebaik-baik wanita ialah yang menjaga kehormatannya.

“ Seorang perempuan yang mengenakan wewangian lalu melawati sekumpulan laki-laki agar mereka mencium bau harum yang dia pakai maka perempuan tersebut adalah seorang pelacur.” (HR. An Nasa’I, Abu Daud, Tirmidzi dan Ahmad. Syaikh Al Albani dalam shohiul Jami’ no. 323 mengatakan bahwa hadits ini shahih)

  • Shalat dirumah untuk menutup auratnya

Ketika wanita lebih memilih untuk shalat dirumah berarti ia telah menjauhkan dari kemungkinan terlihatnya aurat dan lebih menjaga dirinya.

Dari Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan, “Shalat jama’ah bagi wanita itu lebih baik dirumahnya dari pada mendatangi masjid.. dan shalat wanita dirumahnya itu lebih menutupi dirinya dan lebih afdhol.” (Al Majmu’ , 4 : 198)

  • Meraih pahala yang sederajat

Shalat dirumah bagi wanita yang belum menikah, ia memiliki pahala yang sama dengan shalat jamaah dimasjid. Dari Ibnu Umar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Shalatnya seorang wanita sendirian menyamai shalatnya dalam berjamaah dengan dua puluh lima derajat.” (HR. Ad Dailami)

  • Patuh pada perintah suami
  • Terhindar dari fitnah yang tertuju pada perempuan

Bolehkah Wanita Shalat Berjama’ah Dimasjid?

Kenapa wanita harus shalat fardhu dirumah? Apakah dimasjid tidak diperbolehkan? Sesungguhnya shalat terbaik wanita ialah dirumah. Namun Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk tidak melarang para istri yang mau shalat ke masjid. Jadi, sekarang kita tahu bahwa shalatnya wanita yang lebih baik ialah di rumahnya.

Berdasarkan hadits dari Ibnu ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersaba,

لاَ تَمْنَعُوا نِسَاءَكُمُ الْمَسَاجِدَ وَبُيُوتُهُنَّ خَيْرٌ لَهُنَّ

Artinya: “ Janganlah kalian melarang istri-istri kalian untuk ke masjid, namun shalat dirumah mereka (bagi para wanita) tentu lebih baik.” (HR. Abu Daud. Syaikh Al – Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Dan kesimpulan yang dapat ditarik ialah, wanita diperbolehkan shalat ketika dikira sudah masuk shalat dan tidak perlu menunggu setelah iqamah. Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk para perempuan baik isteri-isteri dan anak perempuan mereka untuk melakukan shalat dirumah baik sendiri maupun berjamaah.

Belum ada Komentar untuk Kapan Wanita Boleh Mulai Melakukan Shalat Fardhu Dirumah?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Kapan Wanita Boleh Mulai Melakukan Shalat Fardhu Dirumah?

Berbuat Baik Kepada Tetangga

Berbuat Baik Kepada Tetangga Dalam Islam

T 26 February 2019 F A Admin Web YNI-1

Manusia merupakan makhluk social. Mereka butuh beradaptasi dengan lingkungan dan juga membangun hubungan yang baik antar manusia agar terjalin keharmonisan dalam hubungan social. Tetangga, merupakan orang terdekat yang harus kita jaga hubungan baiknya. Karena tetanggalah orang pertama yang akan muncul... Selengkapnya

Sikap Orang Muslim Terhadap Orang Miskin

Sikap Orang Muslim Terhadap Orang Miskin

T 8 November 2019 F , A Admin Web YNI-1

Orang muslim di ajarkan untuk saling menyayangi kepada sesame makhluk lainnya. Contohnya, Ia yang miskin atau yang kaya. Namun, terkadang sering kali kita melihat perbedaan yang di tunjukkan orang-orang dalam memandang orang yang lainnya. Manusia yang tidak memahami hakikat Allah... Selengkapnya

keutamaan puasa 6 hari dibulan syawal

Keutamaan Puasa Syawal 6 hari setelah Ramadhan

T 25 June 2018 F A Admin Web YNI-1

Puasa Ramadhan telah berakhir, namun masih banyak amalan lain yang dilakukan setelah puasa wajib bulan Ramadhan. Ialah dengan puasa syawal selama 6 hari, terhitung dari tanggal 2 bulan syawal hingga 7 syawal. Puasa syawal 6 hari setelah puasa Ramadhan Allah... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00