Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Indahnya 2(Dua) Rakaat Kala Pagi Hari

Indahnya 2(Dua) Rakaat Kala Pagi Hari

T Diposting oleh pada 14 March 2018
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 645 kali

Shalat dhuha.. apa itu shalat dhuha? Shalat dhuha ialah rangkaian shalat sunnah yang amat bermanfaat bila dikerjakan. Shalat yang dikerjakan di waktu pagi ini atau lebih jelasnya shalat yang dikerjakan sekitar matahari terbit dan meninggi kira-kira setinggi tombak atau 18 derajat. Shalat yang dikerjakan pada pukul 7-9 pagi. Dan bahkan ada yang mengatakan boleh dilakukan pukul 6 pagi atau separuh dari 18 derajat seperti yang katakan oleh Imam Ghozali dalam Kitab Ihya Ulumuddin.

Shalat dhuha dilakukan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat dengan dilakukan 2 rakaat sekali salam. Shalat dhuha amat besar dirasakan bagi jasmani dan rohani bila kita khusu’ dalam menjalankannya. Shalat dhuha dikenal sebagai shalat untuk memperlancar rezeki, namun lakukanlah shalat sunnah tersebut karena mengharapkan ridha Allah SWT. Pula kita sebagai makhluk yang berakal dan beragama.

Shalat sunnah diisyaratkan oleh Allah sebagai penyempurna shalat wajib kita yang tidak sempurna pahalanya. Dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW, bersabda : “Sesungguhnya amalan yang pertama kali dihisab dari seorang hamba ialah shalatnya. Apabila baik, maka ia telah beruntung dan selamat dan bila rusak, maka ia telah rugi dan menyesal. Apabila kurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Rabb Azza wa Jalla berfirman, “Lihatlah, apakah hambaKu memiliki shalat tathawwu’(shalat sunnah), “Lalu disempurnakanlah dengannya yang kurang dari shalat wajibnya tersebut, kemudian seluruh amalnya diberlakukan demikian.” (HR. At-Tirmidzi)

keutamaan shalat dhuha

6 Manfaat Shalat Dhuha Bagi Rohani Dan Jasmani

Shalat dhuha berkaitan erat dengan rohani dan jasmani kita. kenapa bisa demikian? Ya.. selain  shalat sebagai penghubung kita kepada Allah , untuk bermunajat kepadanya untuk meningkatkan raga rohani kita. Shalat ini juga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan jiwa kita. Berikut manfaatnya shalat dhuha :

  1. Dapat Menghilangkan Stress

Hasil riset dari Dr. Ibrahim kazim menyatakan bahwa secara bersamaan, ketegangan yang ada dipikiran akan berkurang disebabkan komponen spiritual saat shalat, dengan adanya sekresi enkefalin, endorphin, dinorfin dan lain semacamnya. Dapat dilakukan dengan shalat dhuha diwaktu kesibukan atau kegiatan yang dapat membuat stress.

Dijelaskan dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Shalat dhuha itu shalat orang yang kembali keapda Allah, setelah orang-orang mulai lupa dan sibuk bekerja, yaitu pada waktu anak-anak unta bangun karena mulai panas tempat berbaringnya.”(HR. Muslim)

  1. Shalat Dhuha Seperti Olahraga Pagi Hari

Banyak yang belum kita ketahui bahwa shalat dhuha diwaktu ini sangat bermanfaat untuk tubuh, shalat yang dilakukan pada jam sibuk kerja dan kegiatan lain ini bila kita lakukan dapat merenggangkan otot kita dan dapat merelekskan tubuh kita. Yang dimana sangat bagus untuk menghindari kita dari tegang otot dan lesu dipagi hari.

  1. Dapat Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat lain yang kita dapat ialah bisa memperlancar peredaran darah kita. Karena ini sangat erat kaitannya dengan merelekskan tubuh maka aliran darah yang lancar sangat membantu kita dalam merelekskan badan dan menghilangkan stress.

  1. Shalat Dhuha Pengganti Sedekah

Selain manfaat untuk jasmani kita, maka dalam segi rohani pun kita dapat. Dijelaskan dalam sebuah hadits, “Pada setiap manusia diciptakan 360 persendian dan seharusnya orang yang bersangkutan (pemilik sendi) bersedekah untuk setiap sendinya. “lalu, para sahabat bertanya : “Ya Rasulullah SAW, siapa yang snggup melakukannya?” Rasulullah SAW menjelaskan: “Membersihkan kotoran yang ada dimasjid atau menyingkirkan sesuatu (yang dapat mencelakakan orang) dari jalan raya, apabila ia tidak mampu maka shalat dhuha dua rakaat, dapat menggantikannya.” (HR. Ahmad bin Hanbal dan Abu Daud)

  1. Dicukupkan Rezeki Dan Kebutuhannya

Shalat dhuha ialah sebagai pembuka pintu rezeki, maka kaum muslim berbondong-bondong melakukannya untuk memperlancar rezeki, namun lakukanlah shalat tersebut karena kita ikhlas. Dijelaskan keterangan tersebut dalam sebuah hadits Qudsi dari Abu Darda’ bahwa Allah SWT berfirman yang artinya : “Wahai anak adam, rukuklah(shalatlah) karena Aku pada awal siang (Shalat dhuha) empat rakaat, maka Aku akan mencukupi (kebutuhan) mu sampai sore.” (HR. Tirmidzi )

  1. Bagi Yang Melaksanakan Shalat Dhuha Dapat Diampuni Dosanya

Yang belum kita ketahui, shalat dhuha yang kita lakukan itu akan Allah diampuni dosa-dosanya. Dijelaskan dalam sebuah hadits Rasulullah SAW yang artinya: “Barang siapa yang selalu mengerjakan shalat dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR. Tutmudzi)

Shalat Yang Sangat Dianjurkan Bagi Setiap Muslim

Rasulullah SAW menyuruh umatnya untuk selalu melaksanakan sunnah-sunnahnya. Termasuk untuk shalat dhuha. Dijelaskan dalam suatu hadits, Dari Abu Hurairah, ia berkata: “Kekasihku Shallallahu’Alaihi wa Sallam telah berwasiat kapadaku tiga perkara: puasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat shalat dhuha dan melaksanakan shalat witir sebelum tidur.” (HR. Buhkari, Muslim, Tirmidzi, Abu daud, Nasa’i, Ahmad dan Ad-Darami)

Dan keutamaan shalat dhuha lainnya ialah Allah lancarkan rizkinya bagi yang menjalankannya. Dijelaskan dalam suatu hadis hasan, Rasulullah Shallallahu’Alaihi wa Sallam bersabda: “ Shalat dhuha itu dapat menolak kefakiran. Dan tidak ada yang akan memelihara shalat dhuha melainkan orang-orang yang bertaubat.” (HR. Turmuzi dan Ibnu Majah)

Namun disisi lain ada yang mengerjakan ada yang tidak mengerjakan karena beranggapan bahwa shalat dhuha ialah hanya sunnah yang apabila dikerjakan mendapat pahala tapi bila tidak dikerjakan tidak apa-apa. Sehingga banyak yang mengerjakannya pula banyak yang tidak mengerjakannya, seperti keharusan atau kewajiban shalat fardhu. Namun, jika itu membawa manfaat bukankah lebih baik bila kita melaksanakannya?

Dijelaskan juga dalam hadits lain, Dari Aisyah, ia berkata: “ Saya tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah SAW menunaikan shalat dhuha, sedangkan saya sendiri mengerjakannya. Sesungguhnya Rasulullah pasti akan meninggalkan sebuah perbuatan meskipun beliau menyukai untuk mengerjakannya. Beliau berbuat seperti itu karena khawatir jikalau orang-orang ikut mengerjakan amalan itu sehingga mereka menganggapnya sebagai ibadah yang hukumnya wajib.” (HR. Buhkari, Muslim, Abu Daud, Ahmad, Malik dan Ad-Darami)

Semoga dengan kita mengetahui begitu banyak keutamaan dan hikmah dari shalat dhuha tersebut dapat meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT, lebih rajin dan ikhlas lagi untuk mengerjakannya. Lakukan semua perbuatan semata-mata karena Allah SWT.

Belum ada Komentar untuk Indahnya 2(Dua) Rakaat Kala Pagi Hari

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Indahnya 2(Dua) Rakaat Kala Pagi Hari

yayasan anak yatim di jakarta timur

Apakah Benar Penyakit Stroke Bisa Disembuhkan ?

T 8 March 2017 F A Admin Web YNI

Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga terjadi kematian sel-sel pada sebagian area di otak. Stroke adalah kondisi kesehatan yang serius yang membutuhkan penanganan cepat. Jenis stroke jika dilihat... Selengkapnya

Tidur cara Nabi SAW

Tidur Penuh Manfaat Ala Nabi Muhammad SAW

T 28 February 2018 F , A WP-YNI

Tidur ialah salah satu aktifitas rutin yang dilakukan setiap makhluk hidup termasuk manusia. Tidur berfungsi menenangkan dan merelekskan tubuh. Aktifitas ini sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia karena pastinya selama seharian kita beraktifitas tubuh perlu istirahat  dan alat-alat vital tubuh... Selengkapnya

ramadhan di rusia

Melihat Kemeriahan Ramadhan Di Berbagai Negara (bag.1)

T 12 June 2017 F , A Yayasan Nurul Ihsan

Shoum atau Puasa adalah salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan kaum muslimin di seluruh dunia  ketika datang bulan Ramadan. Ibadah ini tidak cuma menahan lapar dan haus  saja, tetapi juga upaya menahan hawa nafsu. Kewajiban ini adalah salah satu bentuk... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00