Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Info Kesehatan » Hukum Merokok Dalam Pandangan Agama Islam

Hukum Merokok Dalam Pandangan Agama Islam

T Diposting oleh pada 5 September 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 951 kali

Merokok merupakan salah satu kebiasaan pria dizaman kini baik yang muslim maupun nonmuslim. Tak dielak kan juga tidak sedikit wanita juga melakukan kegiatan merokok tersebut. Berdasarkan hasil dari penelitian bahwa merokok merupakan salah satu kegiatan yang bisa dikatakan wajib dikalangan pria dan wanita yang sudah kecanduan dengan merokok. Dengan berbagai alasan yang mereka berikan bila tidak merokok.

Bagi seorang muslim yang merokok sudah tahukah anda hukum merokok dalam pandangan islam? Karena ‘Rokok’ merupakan benda yang tidak ada dizaman Nabi Shallallahu’alaihi Wassalam begitu pula dengan kegiatan merokok tersebut. Boleh atau tidaknya merokok, para ulama berbeda pendapat dalam memfatwakannya. Lalu bagaimana Hukum Merokok Dalam Pandangan Islam?

Sebagian dari mereka memfatwakan merokok mubah atau boleh, sebagian lagi memfatwakannya makruh namun sebagian besar para ulama memfatwakannya haram. Bila ditinjau dari segi manfaat dan mudharatnya, merokok tidak memiliki manfaat sedikitpun malah berbanding balik merokok memiliki mudharat yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Dalam kitab Hasyiyah Qalyubi ala Syarh Al Mahalli jilid pertama halaman 69, menyebutkan bahwa: “Ganja dan segala obat bius yang menghilangkan akal, zatnya suci sekalipun haram untuk dikonsumsi. Oleh karena itu para ulama berpendapat bahwa rokok itu hukumnya juga haram, karena rokokdan kegiatannya dapat membuka jalan agar tubuh terjangkit berbagai penyakit berbahaya.”  Maka para ulama mengharamkan rokok dengan dalil yang dibawah ini.

Allah berfirman dalam sabdanya :

ولا تلقوا بأيديكم إلى التهلكة….ۛ

Artinya: “Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu kedalam kebinasaan.” (QS. Al-Baqarah : 195)

Ini menunjukkan bahwa merokok dapat menjerumuskan kita dalam kebinasaan yang dapat merusak seluruh system dalam tubuh manusia.

 

Dampak Rokok Ditinjau Dalam Segi Kesehatan

Tidak hanya ditinjau dalam pandangan islam, bila ditinjau dari segi kesehatan, merokok merupakan salah satu penyebab sakit stroke hingga 50%, kandungan dalam  rokok yang menyebabkan penyakit lain seperti gagal jantung, darah tinggi, kanker dan kegagalan janin. Dan berikut kandungan zat  yang terdapat dalam rokok.

  1. Tar

Kandungan tar didalam rokok ialah bahan kimia karsinogen yang dimana dapat memicu sel kanker di dalam tubuh. Kehadiran tar dalam paru-paru sangat berdampak buruk karena masuknya tar akan merusak bulu-bulu halus yang dimana berfungsi sebagai pelindung paru-paru dan penyaring udara.

  1. Karbon Monoksida

Karbon monoksida sering ditemukan dalam asap knalpot mobil, zat yang tidak terlihat ini bias mengitkat diri pada hemoglobin dalam darah secara permanen sehingga dapat menghalangi suplai oksigen keseluruh tubuh yang dimana dapat mengakibatkan perokoknya menjadi mudah lelah dan kehabisan nafas.

  1. Gas Oksidan

Gas oksidan merupakan zat yang bereaksi dengan oksigen yang dimana keberadaanya dalam tubuh dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke dan serangan jantung .

  1. Benzene

Zat ini merupakan bahan tambahan dalam bahan bakar minyak yang dimana dapat merusak sel pada tingkat genetic yang mengakibatkan berbagai jenis kanker seperti kanker darah(leukemia) dan kanker ginjal.

  1. Formalin, Arsenic Dan Hydrogen Cyanide

Kandungan dizat yang disebutkan diatas ialah formalin yang dimana digunakan untuk mengawetkan mumi atau mayat, lalu Arsenic yang dimana zat ini merupakan kandungan pestisida, dan Hydrogen Cyanide bahan yang digunakan untuk membuat senjata kimia.

hukum merokok dalam pandangan islam

Dampak Rokok Bagi Perokok Aktif Dan Pasif

Sudah kita ketahui diatas bahwa zat yang terkandung dalam rokok merupakan sejenis zat berbahaya yang dimana dapat memicu berbagai jenis kanker hingga stroke. Bahkan akibat dari rokok ini ialah asapnya yang juga dapat terhirup oleh non-perokok atau perokok pasif. perokok pasif kemunginan juga mengalami penyakit yang sama dengan si perokok aktif.

Tak sedikit akibat yang dirasakan dari asap rokok, pada sebuah penelitian diinggris, Studi Jurnal Kedokteran Inggris, the Lancet. Para peneliti menemukan bahwa 40 persen anak-anak dan lebih dari 30 persen wanita dan pria yang tidak merokok ikut terdampak akibat dari asap rokok. Dari asma hingga kanker paru-paru.

Dikutip dari Daily mail, bahwa perempuan yang tumbuh bersama perokok, hidup dengan pasangan yang merokok dan perempuan yang bekerja bersama perokok ternyata akan mengalami masalah kemandulan 18 persen lebih tinggi dari pada wanita yang tidak perokok pasif. Dan mengalami menopause sebelum berumur 50 tahun. Dikatakan perokok pasif ialah orang yang tidak merokok namun ikut menghirup asap rokok dari si perokok.

Allah SWT telah menciptakan makhluknya dengan sebaik-baiknya, namun kenapa kita tidak dapat menjaga ciptaan dari Allah Subhanahuwata’ala?

Pencarian dari Google :

Belum ada Komentar untuk Hukum Merokok Dalam Pandangan Agama Islam

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Hukum Merokok Dalam Pandangan Agama Islam

HIDUP SEHAT ALA NABI MUHAMMAD SAW

Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad SAW

T 31 January 2019 F A WP-YNI

Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam merupakan panutan yang patut kita teladani. Apa yang beliau lakukan dan setiap perkataannya memiliki ajaran. Begitu juga dengan pola hidup Rasulullah, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam sangat menjaga kesehatannya yang membuat beliau jarang sakit semasa hidupnya dikarenakan... Selengkapnya

anjuran puasa 3 hari setiap bulan

Anjuran Puasa 3 Hari Di Setiap Bulan

T 25 January 2019 F , A WP-YNI

Umat muslim disunnahkan untuk berpuasa minimal 3 hari pada setiap bulan. Dan puasa yang dilaksanakan di setiap bulannya yakni pada tanggal ke-13, 14, 15 dibulan hijriyah (Qomariyah). Puasa tersebut disebut juga dengan puasa ayyamul bidh (hari putih). Dikarenakan pada malam-malam... Selengkapnya

Waktu Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Menurut Islam

Waktu Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Menurut Islam

T 13 November 2018 F A WP-YNI

Tidur merupakan salah satu kegiatan wajib yang dilakukan semua orang. Karena tidur merupakan pertanda tubuh memerlukan istirahat setelah sehari penuh melakukan runitinas seperti bekerja. Dengan menggunakan waktu yang baik dan cukup maka tubuh telah memenuhi keseimbangan. Karena apabila tubuh kekurangan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00