Beranda » Agama Islam » Godaan Iblis dari 4 Arah! Bagaimana Menghindarinya?

Godaan Iblis dari 4 Arah! Bagaimana Menghindarinya?

T Diposting oleh pada 14 February 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 550 kali

Iblis ialah salah satu ciptaan Allah SWT,makhluk laknat yang telah diusir dari jannahnya Allah  yang dimana iblis dan para pengikutnya selalu menyesatkan manusia. Kenapa mereka diusir? Karena hanya merekalah yang tak mematuhi perintah Allah SWT untuk bersujud kepada Nabi Adam AS sedangkan makhluk ciptaan Allah yang lain pun menuruti perintah Allah  SWT. Dari situlah godaan iblis datang sebagai bukti sumpahnya mengajak sebanyak mungkin manusia melanggar perintahNya.

Berbagai macam usaha yang mereka lakukan agar mereka dapat mengajak sebanyak-banyaknya manusia untuk tinggal di neraka. Tak henti mereka lakukan hingga kiamat nanti. Karena memang tujuan mereka hanya membuat kita akan keluar dari jalan Allah yang lurus. Membuat kita tersesat hingga mereka merasa puas akan hasil yang mereka dapatkan karena telah membawa kita kejalan yang mereka inginkan.

maka haruslah kita menyesali akan perbuatan yang telah dilakukan,tidak sombong karena mengakui segala perbuatan buruk dan mengharap ampunanNya pula tidak putus asa atas rahmatNya. Agar Allah mengampuni segala dosa-dosa kita. Dan apakah kalian tau.. Arah mana saja godaan iblis mengganggu manusia? Berikut sedikit penjelasannya :

godaan iblis

4 Arah Iblis Menggoda Manusia dan Apa Bentuknya?

Tak-tik iblis untuk menjerumuskan manusia kedalam tipu dayanya amat beragam. Sehingga kadang kita tak menyadari kesalahan yang telah kita lakukan. Tekad tak kenal lelah dan sumpah iblis untuk mengajak sebanyak manusia itulah yang harus kita waspadai agar kita menyadari perbuatan kita  apakah hal tersebut baik atau buruk untuk kita lakukan.

Sumpahnya pun dijelaskan dalam surah QS. Al A’raf ayat 16-17 yang berarti , iblis berkata : “ Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi ) mereka dari jalan Engkau yang Lurus. Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak mendapati kebanyakan mereka bersyukur(taat). (QS. Al A’raf : 16-17),  berikut penjelasan macam godaan iblis dari berbagai arah :

  1. Godaan dari arah depan

 Yang dimaksud dari arah depan ialah iblis akan menggunakan dunia untuk melupakan urusan akhirat seperti dibuat putus asa oleh azab kubur bahkan tak memikirkannya sama sekali. Tak membekali diri dengan amalan dan pahala yang akan mereka bawa nanti ke akhirat dan lupa akan urusan akhirat.

 

  1. Godaan dari arah belakang

 Dari arah ini iblis akan membuat kita jatuh cinta kepada dunia melebihi akhirat. Terus mengejar dunia tanpa henti. Seolah akan hidup selamanya. Dengan segala hal yang dimiliki seperti dunia harta,tahta dan wanita. Di jelaskan pada sebuah hadits  yang berbunyi :

“Sesungguhnya dunia itu manis lagi hijau. Dan sesungguhnya Allah akan menyerahkannya kepada kalian dan melihat apa yang akan kalian lakukan. Maka,berhati-hatilah kalian pada dunia,dan berhati-hatilah juga pada para wanita. Karena fitnah yang pertama kali menimpa Bani Israil datang dari para wanita”.(HR. Muslim : 2742)

 Godaan dari arah kanan

 Pada bagian ini manusia akan dibuat berat akan berbuat kebajikan. Seperti dengan enggan berinfak atau bersedekah,dengan membiarkan seorang nenek atau anak kecil menyebrang sendiri dijalan yang besar,pelit dan sebagainya. Bahkan dalam hal sholatpun mereka akan mengulur-ulur waktu, ketika sudah bangun untuk sholat shubuh mereka tidur kembali karna berfikir hari masih gelap dan ketika bangun kembali hari cerah dan hilanglah waktu subuh.

  1. Godaan dari arah kiri

 Yang dimaksudnya arah kiri ialah tentang keburukan. Dan bentuk godaan Iblis ini akan masuk kedalam diri kita untuk melakukan hal-hal yang buruk .Ketika kita mendapat musibah atau cobaan kita mengeluh dan berprasangka buruk kepada Allah AWT. Yang membuat kita berucap kata atau berperilaku yang tak baik yang menjerumus ke kufur dan syirik.

 

Cara  Agar Manusia Tehindar Dari Godaan Iblis

 Karena sumpah janjinya bukanlah semata-mata hanya omongan belaka,pasti pun kita merasakan godaan iblis yang kuat terhadap kita agar kita berada jauh dari Allah SWT. Seperti enggan sholat,enggan bersedekah,mudah marah,kikir,sombong dan lain sebagainya. Dan yang dimaksud para iblis akan menghalang-halangi kita dari berbagai arah ialah agar kita benar-benar melupakan akan perintah Allah.

Maka demikian kita harus hati-hati dan memohon kepada Allah SWT agar kita dapat menghindar dari godaan Iblis. Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada kita untuk membaca suatu do’a yang dibaca pagi dan sore hari. Do’a yang  selalu Rasulullah lakukan dalam kesehariannya, agar Beliau jauh dari tipu daya iblis.

Berikut do’a nya :

 “ Ya Allah sesungguhnya aku meminta kepadaMu ‘afiat (keselamatan dari segala keburukan) didunia dan diakhirat. Ya Allah sesungguhnya aku meminta kepadaMu pemaafan dan ‘afiyat pada agamaku dan kehidupan duniaku,keluargaku,dan hartaku. Ya Allah tutuplah aurat-auratku,berikan rasa aman padaku. Ya Allah jagalah aku dari arah depan,belakang,kanan,dari atas dan aku berlindung pada keagunganMu agar aku tidak tersambar dari bagian bawahku” .(HR. Abu daqud dari Ibnu Umar, dishahihkan oleh Syaikh al-Albany).

Semoga kita selalu berada dalam naungan perlindunganNya dari segala macam godaan dan bisikan setan yang terkutuk. Aamiin

 

Belum ada Komentar untuk Godaan Iblis dari 4 Arah! Bagaimana Menghindarinya?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Godaan Iblis dari 4 Arah! Bagaimana Menghindarinya?

jum'at berkah

Amalan-Amalan Istimewa Pada Hari Jum’at

T 2 March 2018 F A WP-YNI

Hari jum’at merupakan hari yang istimewa bagi kaum muslim. Kenapa demikian? Karena di hari jum’at akan dilaksanakannya Shalat jum’at untuk kaum adam. Namun bukan hanya itu,di hari jum’at pula banyak kaum muslimin yang ingin memperoleh berkah jum’at dengan melakukan amalan-amalan... Selengkapnya

apakah perbedaan shalat malam dan tahajud

Apakah Perbedaan Antara Shalat Malam Dan Tahajud?

T 7 September 2018 F A WP-YNI

Shalat Malam merupakan shalat sunnah yang dilakukan pada waktu malam hari terhitung setelah shalat isya sampai terbit fajar, baik dilakukan setelah tidur ataupun sebelum tidur. Contoh dari shalat malam ialah shalat witir, shalat tarawih, shalat hajat dan shalat sunnah mutlak... Selengkapnya

Shalat Tarawih

Keutamaan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan

T 28 May 2018 F A WP-YNI

Shalat tarawih merupakan shalat sunnah yang hanya ada dibulan suci Ramadhan. Shalat sunnah ini dilaksanakan ba’da Shalat Isya yang terdiri dari 23 Rakaat. Shalat tarawih merupakan shalat sunah dengan segudang pahala. Shalat tarawih ini memiliki pahala yang sangat luar biasa... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00