Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Gangguan Nyata Setan Mengganggu Ibadah Manusia Kepada Allah

Gangguan Nyata Setan Mengganggu Ibadah Manusia Kepada Allah

T Diposting oleh pada 16 March 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 753 kali

Gangguan setan ketika menjelang masuk waktu shalat sungguh sangat dirasakan. Hakikatnya setan ialah makhluk Allah yang selalu membisikan hal buruk dan mengganggu fokus pikiran kita. Contoh dalam hal Shalat seperti, ketika adzan dikumandangankan setan pun mulai mengganggu manusia dengan membuat manusia meremehkan adzan, menunda – nunda sholat, salah bacaan, hingga lupa raka’at.

Dan iblis berkata, “karena telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan yang lurus, kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan belakang mereka, dari kanan dan kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur.” (Q.S Al A’raf : 16-17)

gangguan setan saat kita shalat

Tujuan mereka melakukan sedemikian rupa gangguan terhadap manusia ialah mengajak sebanyak-banyaknya teman untuk menemani mereka di neraka nanti. Dan bukan hanya mengganggu manusia untuk tak beribadah pada Allah, setan pun melakukan cara lain yakni lewat makanan dan minuman yang haram, rasa dengki,hasut dan kikir,korupsi uang milyaran, dan melakukan hal buruk-buruk lainnya.

Langkah-Langkah Mengkhusyukkan Sholat Dengan Benar

Shalat ialah tiang agama, barang siapa yang mendirikan shalat berarti dia mendirikan agama namun bagi manusia yang tidak shalat berarti dia meruntuhkan agama. Namun shalat yang Allah terima ialah shalat dengan khusyu’.Lalu, bagaimana cara agar shalat kita menjadi khusyu’ ? berikut sedikit penjelasannya :

  • Wudhu Dengan Tertib

Sebelum sholat ialah harus diwajibkan berwudhu untuk menghilangkan hadats-hadats kecil yang menempel di badan kita, agar saat sholat kita tak serta menyertai hadats yang dapat membatalkan atau tidak sah nya sholat kita.

Dari ibnu ‘Umar ra, beliau berkata “ saya pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda ,

لاَ تُقْبَلُ صَلاَةٌ بِغَيْرِ طُهُورٍ وَلاَ صَدَقَةٌ مِنْ غُلُولٍ

“ Tidak ada sholat kecuali dengan thoharoh. Tidak ada sedekah dari hasil penghianatan.”

  • Ketika Akan Memulai Sholat Hendaklah Fokus

Kita harus menyadari bahwa kita sedang diperhatikan oleh Allah SWT.Sebelum itu, alangkah baiknya kita memfokuskan pikiran dan hati kita terlebih dahulu. Shalat merupakan cara kita bertemu dengan Allah ,maka haruslah pikiran dan hati kita tidak memikirkan hal-hal lain ketika akan shalat.

Berkata Ibnu ‘Abbas ra tentang hadits tersebut : “ Engkau tidak mendapatkan pahala dalam shalatmu, melainkan apa yang engkau pikirkan dalam sholatmu”

  • Lakukan Gerakan Dengan Benar Dan Tak Tertinggal

Ketika hati dan pikiran kita fokus secara otomatis gerakan yang selanjutnya akan kita lakukan pastilah berurut. Setiap gerakan dengan bacaannya masing-masing,karena bila terbesit hal lain pastilah kita akan lupa bacaan atau gerakan apa yang akan dilakukan atau sudah dilakukan hingga lupa berapa raka’at yang telah kita lakukan.

Rasulullah SAW bersabda ,

وَصَلُّوا كَمَا رَأَيتُمُوْنِي أُصَلِي
Artinya : “ Dan Sholatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku sholat.”

Oleh karena itu hendaknya kaum muslimin mengikuti gerakan-gerakan sholat seperti apa yang telah Rasulullah SAW ajarkan pada kita, karna sholat merupakan amalan pertama yang akan dihisab dihari kiamat nanti.

Shalat Merupakan Benteng Dari Perbuatan Keji Dan Munkar

Shalat sendiri memiliki arti secara etimologi ialah “berdoa”.  Berdoa (shalat) ialah sebagai salah satu sarana berkomunikasi dengan Tuhan Yang Maha Esa. Shalat yang merupakan amalan yang berupa perkataan dan perbuatan(dimulai dengan takbiratul ihram dan di akhiri dengan salam sesuai dengan syarat dan rukun yang telah disyara’kan.

Dan dengan shalat yang  khusyu’ akan membuat shalat kita sempurna dan dapat menjauhkan kita dari perbuatan yang keji dan munkar. Ialah perbuatan buruk yang mengarah kita kepada hal yang dilarang oleh Allah, seperti mabuk-mabukan, berjudi, memfitnah dan lain sebagainya. Dan shalat menjadi benteng dari perbuatan buruk tersebut.

Dan sudah dijelaskan dalam AL-Qur’an , Allah Berfirman : “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab(Al-Qur’an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan-perbuatan keji dan munkar dan sesungguhnya mengingat Allah adalah lebih besar keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Ankabut  : 45).

Semoga Allah SWT melindungi kita dari segala macam godaan setan yang terkutuk. Dan dapat meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT.  Aamiin Aamiin ya Robbal’Aalaamin

Belum ada Komentar untuk Gangguan Nyata Setan Mengganggu Ibadah Manusia Kepada Allah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Gangguan Nyata Setan Mengganggu Ibadah Manusia Kepada Allah

ADAB TERHADAP ORANG TUA

7 Cara Menghormati Orang Tua Dalam Islam

T 6 December 2018 F , A WP-YNI

Orang tua merupakan manusia yang mengandung kita, melahirkan kita kedunia, membesarkan kita dengan sekuat tenaga dan diisi dengan iman. Yang membesarkan kita tanpa kenal lelah dan selalu menyiakan segala kebutuhan anaknya. Tanpa meminta imbalan ataupun penghargaan. Memberikan pendidikan baik agama... Selengkapnya

lailatul qodr

Lailatul Qodr Ibadah Malam Seribu Bulan

T 2 July 2016 F A Yayasan Nurul Ihsan

Lailatul Qodr atau para ulama sering menyebutnya Malam Seribu Bulan. Artinya Ibadah kita pada malam lailatul qord bernilai seribu bulan kita beribadah, yang jika kita hitung kurang lebih 83 tahun. Sungguh luar biasa amalan di malam Lailatul Qodr. Semoga kita... Selengkapnya

peringatan nuzulul qur'an

Hikmah Peringatan Malam Nuzulul Qur’an

T 12 June 2017 F , A Yayasan Nurul Ihsan

Peristiwa Nuzulul Quran merupakan anugerah yang luar biasa dari Allah SWT untuk umat manusia. Dari kondisi zulumat (kegelapan) kepada kondisi yang penuh dengan petunjuk Ilahi (Nur), Nabi Muhammad menyampaikan risalah Ilahi secara bertahap mulai dari Mekah hingga terwujudnya Madinah (Ibukota... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00