Beranda » Agama Islam » Empat Nasihat Rasulullah Agar Selamat Di Dunia Dan Akhirat

Empat Nasihat Rasulullah Agar Selamat Di Dunia Dan Akhirat

T Diposting oleh pada 20 January 2020
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 923 kali
Empat Nasihat Rasulullah Agar Selamat Di Dunia Dan Akhirat

Setiap umat Muslim pasti menginginkan keselamatan baik di dunia maupun di akhirat. Mereka berlomba-lomba dalam melakukan hal kebaikan sebagai bekal di akhirat. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan nasihat kiasan yang sarat akan makna.

Di kisahkan ketika Nabi Muhammad menasihati Abu Dzar Al-Ghifari. Beliau adalah sahabat Nabi Muhammad yang paling setia ketika Rasulullah menyebarkan agama Islam.

Nasihat tersebut memiliki 4 perihal yang harus di perhatikan ketika hidup di dunia yang menjadikan bekal di akhirat nanti. Dan berikut ini 4 nasihat Rasulullah bukan hanya untuk Abu Dzar tapi juga untuk umat Muslim lainnya.

4 Nasihat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam

  • Wahai Abu Dzar, perbaharuilah kapalmu karena sesungguhnya lautan itu dalam.

Nasihat pertama tersebut menunjukkan bahwa dalam hidup di dunia, amal ibadah yang telah kita lakukan harus di perbaiki. Karena, pasti ada saja hal-hal yang dapat merusak atau menghilangkan amal ibadah yang telah kita lakukan.

Amal ibadah ialah kapal, apabila amal kita tidak di perbaiki pasti akan rusak dan tenggelam ke lautan ibarat kapal tersebut. Yang malah membuat kita tidak sampai pada tujuan akhir yang benar.

  • Wahai Abu Dzar, perbanyaklah bekalmu, karena sesungguhnya perjalananmu sangatlah jauh.

Nasihat ke dua ini ialah mengingatkan kita untuk terus melakukan kebaikan sebagai bekal nanti. Yang di katakana sangatlah jauh iala karena manusia hidup di dunia tapi nanti akan bertemu lagi kehidupan baru yakni alam akhirat.

Menurut perhitungan, 1 hari hidup di dunia bagaikan hidup 1000 tahun di akhirat.

  • Wahai Abu Dzar, ringankanlah barang bawaanmu karena sesungguhnya rintangan dan cobaan yang akan engkau hadapi sangatlah berat.

Nasihat ketiga ini menunjukkan bahwa betapa berat dan banyak ujian yang akan kita terima oleh manusia. Maka dari itu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyuruh kepada umatnya agar meringankan bawang bawaan, barang bawaan yang di maksud ialah harta dan tahta.

Karena semua itu hanya titipan dari Allah, semakin banyak kau menerima harta dan tahta maka semakin berat cobaan nya.

  • Wahai Abu dzar, bekerjalah dengan ikhlas karena sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang terbesit dalam pikiran dan hatimu.

Nasihat terakhir ini tersirat makna bahwa keikhalsan adalah modal utama dalam bekerja. Karena apabila bekerja atau melakukan semua pekerjaan tanpa keikhlasan, sia-sialah yang hanya dia dapatkan.

Dan Allah Maha Mengetahui atas hamba-hambanya yang ikhlas dalam beribadah.

Perbaikilah Shalat, amalan kebaikan, hubungan dengan keluarga, rezeki yang kita peroleh dan lain sebagainya.

Apabila nasihat-nasihat di atas kita kerjakan dengan niat yang ikhlas serta dalam beribadah bersungguh-sungguh insya Allah, Allah akan menuntun kita ke jalan yang benar menuju surga-Nya. Aamiin

Belum ada Komentar untuk Empat Nasihat Rasulullah Agar Selamat Di Dunia Dan Akhirat

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Empat Nasihat Rasulullah Agar Selamat Di Dunia Dan Akhirat

3 fase ramadhan

3 Fase Ramadhan Yang Harus Kita Ketahui

T 10 June 2017 F A Yayasan Nurul Ihsan

Pada umumnya umat Islam telah memahami bahwa puasa Ramadhan selama satu bulan penuh terbagi menjadi 3 fase. Fase Pertama, yakni 10 hari pertama adalah Fase RAHMAT, kemudian 10 hari kedua adalah fase AMPUNAN, dan fase 10 hari ketiga adalah fase... Selengkapnya

keutamaan menuntut ilmu

Janji Allah Bagi Manusia Yang Menuntut Ilmu

T 29 March 2018 F , A Admin Web YNI-1

Ilmu merupakan pengetahuan untuk kita, dengan ilmu kita akan mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk. Maka itu manusia yang tak berilmu bagai terjebak didalam kegelapan. Mereka tak tahu kemana mereka harus melangkah, bagaimana mereka harus berbuat. Dan terkadang... Selengkapnya

Bolehkah Seorang Istri Berqurban Sendiri_

Bolehkah Seorang Istri Berqurban Sendiri?

T 12 July 2019 F , A Admin Web YNI-1

Ber- Qurban hukumnya ialah Sunnah muakkadah (ditekankan) bagi setiap muslim yang mampu baik laki-laki maupun perempuan. Bila seorang muslim telah mampu dalam melaksanakan perintah ini, maka laksanakan. Dari Syaikh Shalih Al-Munajjid, beliau mengatakan, yang artinya : “الأضحية مشروعة للرجل والمرأة... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00