SEKILAS INFO
  • 5 bulan yang lalu / Niatkan Qurban Anda tahun ini, InsyaAllah terkabul segenap doa
WAKTU :

Dimasa Pandemic Mengajarkan Kita Arti Lebih Untuk Saling Berbagi

Terbit 1 October 2020 | Oleh : Admin Web YNI-1 | Kategori : Agama Islam
Dimasa Pandemic Mengajarkan Kita Arti Lebih Untuk Saling Berbagi

Saat ini seluruh negeri tengah berduka dan bersedih hati karena wabah virus yang melanda dunia, yakni covid-19 (Corona Virus). Virus yang berasal dari Wuhan-China. Virus ini sudah banyak merenggut nyawa manusia. Seperti yang diketahui virus ini menelan banyak warga sipil termasuk tenaga medis yang bertugas untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi penderuta virus corona.

Bahkan, akibat dari wabah ini juga terjadinya masalah dengan ekonomi Indonesia bahkan dunia. Di Indonesia sendiri bahkan mencapai sekitar 14 juta jiwa kehilangan pekerjaan mereka dan diperkirakan akan terus bertambah bila virus ini tidak kunjung menemui titik akar penyeselesaiannya.

Maka, di saat inilah waktu terbaik kita untuk menumbuhkan rasa sosialitas kita terhadap sesame makhluk ciptaan Allah SWT. Karena untuk menciptakan negara yang baik masyarakatnya kita harus menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama. Tentunya untuk pada korban yang berjatuhan akibat wabah virus corona ini.

 

Islam Mengajarkan Untuk Berbagi Kepada Sesama

Islam mengajarkan kasih sayang dan rasa peduli kepada sesama. Tidak pandang bulu terhadap perbedaan agama maupun suku dan ras. Maka dari itu, berbuat baiklah kepada siapapun. Seperti yang tertuang dalam surah Al-Qur’an yang berbunyi,

وَأَحْسِنْ كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ

Artinya: “ Dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu.” (QS. Al-Qashas : 77)

Kebaikan hakikatnya ialah sebagai amal yang akan kita tabung untuk hari kemudian. Bila engkau mensedekahkan sebagian hartamu untuk kesejahteraan umat maka janganlah takut hartamu akan berkurang. Sejatinya, hartamu akan bertambah berkali lipat.

مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا

Artinya: “ Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya.”  (QS. Al – An’am : 160)

Tertama ditengah pandemic ini, alangkah baiknya bila banyak membantu dan saling tolong menolong. Banyak hal yang dapat kita salurkan seperti tenaga, pikiran serta harta kita. bentuk apapun itu, lakukanlah dengan ikhlas karena mengharap ridho Allah SWT.

 

Hikmah Dari Saling Berbagi Dalam Hal Kebaikan

Harta yang kita punya hanyalah titipan dari Allah SWT, apapun itu dan dalam bentuk apapun. Bahkan kesuksesan yang kamu raih itu pula tiada bisa kau dapatkan kecuali karena Allah anugerahkan kepadamu. Mari tanamkan rasa berbagi kepada saudara kita, rasa saling tolong menolong

Dimasa pandemic mengarkan kita arti lebih untuk saling berbagidan membantu.

Allah SWT berfirman,

آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَأَنْفِقُوا مِمَّا جَعَلَكُمْ مُسْتَخْلَفِينَ فِيهِ ۖ فَالَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَأَنْفَقُوا لَهُمْ أَجْرٌ كَبِيرٌ

Artinya: “ Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar. (QS. Al – hadid : 7)

Hartamu akan menyelamatkanmu bila digunakan dengan baik dan sebenarnya, namun sebaliknya hartamu akan memasukkanmu kedalam penyiksaan bila tidak kita gunakan dengan semestinya sesuai dengan aturan Allah SWT.

#sedekah #berbagi #tolongmenolong #pantiyatimdijakartatimur #islam #pantiyatimnurulihsan #yayasannurulihsan #yatim #dhuafa

SebelumnyaAmalan-Amalan Utama Di Bulan Muharram SesudahnyaTes STIFIn Dulu Yaa, Baru Tes IQ..  Tanya Kenapa??

Berita Lainnya

0 Komentar
Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00