Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Bersedekah.. Siapa Takut? Dan Apa Manfaatnya?

Bersedekah.. Siapa Takut? Dan Apa Manfaatnya?

T Diposting oleh pada 23 February 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 606 kali

Bukankah kita pernah berpikir kenapa kita selalu kekurangan dalam kebutuhan hidup? Atau kita tak pernah berbagi karena kita takut kekurangan? Mari sejenak kita renungkan, diluar sana banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan kita. Apa yang mereka makan dan minum? hingga tempat mereka berlindung dari dinginnya hujan dan teriknya matahari.

Sesungguhnya harta yang kita miliki ada hak milik bagi orang miskin,ialah orang yang membutuhkan bantuan dan uluran tangan para penyedekahnya. Namun banyak manusia yang memiliki harta lebih tapi masih takut merugi dan kekurangan dari hartanya itu,padahal bersedekah ialah satu sunnah Rasulullah yang patut kita ikuti. Dengan bersedekah ialah lebih baik dari pada berhaji selama tujuh kali.

Hakikatnya, dengan bersedekah atau berbagi kepada sesama itu dapat mensucikan harta, menambah rezeki dan menjaga harta kita. Dalam firman Allah, “ Janganlah kamu takut kepada kemiskinan karena membelanjakan harta dijalan Allah”. (Q.S Al Baqarah : 245)

Beberapa Keutamaan Atau Hikmah Lain Dari Bersedekah

Dan barang siapa yang bersedekah dipagi hari maka Allah akan melindunginya dari bencana sepanjang hari itu dan barang siapa yang bersedekah pada awal malam maka Allah akan menjaganya dari bencana sepanjang malam hari itu dan dengan bersedekah pula dapat memadamkan murkanya Allah SWT.

Maka begitu banyak keutamaan bersedekah baik di pagi dan malam hari maupun di waktu yang lain kita memiliki untuk bersedekah. Dan begitu pula banyak hikmah atau keutamaan lainnya yang kita dapat dari bersedekah,yakni :

  1. Sedekah Sebagai Penghapus Dosa

Sedekah juga menjadi penghapus dosa kita dan itu merupakan janji Allah .Dalam hadits dijelaskan, “ Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api “ (HR. Tirmidzi). Dosa yang dapat dihapus oleh sedekah ialah dengan kita melakukan taubat nasuha.

Kenapa demikian? Karena tidak mungkin segala dosanya dapat di hapus oleh Allah bagi orang yang melakukan sedekah namun dia mengulangi lagi dosa tersebut dan bersedekah lagi dan menganggapnya impas. Haruslah kita melakukannya(bersedekah) semata-mata karena memohon ampunanNya bukan untuk dapat mengulangi dosanya tersebut..

  1. Dilipat Gandakan Pahalanya Oleh Allah

Dalam firman Allah menjelaskan bahwa, “ Sesungguhunya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak”. (QS. Al-Hadid : 18)

  1. Sedekah Ialah Pahala Yang Terus Mengalir

Dari Abu Huraira RA, bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda : “ Bila seseorang hamba telah meninggal, segala amalnya terputus, kecuali tigal hal: amal jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak salih yang mendoakannya”. (HR. Bukhari)

  1. Dijauhkan Dari Api Neraka

Janji Allah bagi manusia yang bersedekah ialah dijauhkannya api neraka bagi mereka yang bersedekah walau sebiji kurma. Diriwayatkan dalam sebuah hadits bahwa, “ jauhlah api neraka walau hanya dengan bersedekah sebjii kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat tayyibah”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadits lain menjelaskan pula diriwayatkan oleh Baihaqi, Abu Huraira berkata, “ Barang siapa yang memberi makan kepada orang mukmin (makanan keinginannya) Allah mengharamkannya dari pada api neraka”.

  1. Bersedekah Sebagai Tolak Bala

“ Bersegeralah bersedekah, sebab yang namanya bala tidak pernah mendahului sedekah”. Dijelaskan dari Ali ra, Rasulullah SAW bersabda, “ Segeralah bersedekah, sesungguhnya musibah tidak dapat melintasi sedekah”. (HR. Razin,Misykat)

“ Obatilah semua kesulitanmu dengan bersedekah”.

“ Belilah semua kesulitanmu dengan bersedekah “.

Orang-Orang Yang Tidak Takut Berinfak Untuk Jalan Allah

Banyak  para sahabat Rasulullah terdahulu yang menyedekahkan harta yang mereka miliki. Yaitu Abu Bakar Siddiq yang menginfakkan seluruh hartanya pada suatu kesempatan, Umar radhiallahu’anhu yang menginfakkan separuh hartanya dan Utsman Bin Affan yang menyedekahkan 600 ekor unta dan menanggung biaya perang tabuk.

Para sahabat mengetahui ganjaran kebaikan apa yang akan mereka dapatkan dari bersedekah,hingga mereka tidak segan menginfakkan hartanya yang begitu banyak untuk umat muslimin dan membantu dakwah Rasulullah. Lalu,apa yang kita takutkan dari menyedekahkan harta kita?

Semoga kita menjadi manusia yang ringan tangan terhadap kebaikan. Dan dapat meneladani apa yang telah Rasulullah SAW dan para sahabatnya ajarkan atau dicontohkan kepada kita untuk mendapatkan balasan kebaikan atas yang Allah janjikan pada mereka yang ikhlas bersedekah. Dan tidak segan atau takut untuk bersedekah.  Aamiin …

Belum ada Komentar untuk Bersedekah.. Siapa Takut? Dan Apa Manfaatnya?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Bersedekah.. Siapa Takut? Dan Apa Manfaatnya?

keutamaan shalat dhuha

Indahnya 2(Dua) Rakaat Kala Pagi Hari

T 14 March 2018 F , A WP-YNI

Shalat dhuha.. apa itu shalat dhuha? Shalat dhuha ialah rangkaian shalat sunnah yang amat bermanfaat bila dikerjakan. Shalat yang dikerjakan di waktu pagi ini atau lebih jelasnya shalat yang dikerjakan sekitar matahari terbit dan meninggi kira-kira setinggi tombak atau 18... Selengkapnya

apa itu puasa arafah dan apa niatnya

Apa Itu Puasa Arafah ? Dan Apa Niatnya?

T 25 July 2018 F , A WP-YNI

Bulan Dzulhijjah merupakan waktu yang ditunggu kedatangannya oleh seluruh umat musllim. Karena dibulan Dzulhijjah banyak terjadinya momen penting diantaranya karena hanya dibulan ini haji dan berqurban terlaksana dan bagi yang tidak melaksanakan haji dapat digantikan dengan berpuasa arafah dan tarwiyah... Selengkapnya

menyambung tali silaturahim di bulan Ramadhan

Ramadhan Indah, Mengikat Ukhuwah Kepada Sesama Umat

T 18 May 2018 F , A WP-YNI

Ramadhan ialah bulan suci nan mulia, menjadi tamu agung untuk mereka yang mengharapkan ampunan Allah SWT dan merindukannya jannahNya. Bulan Ramadhan pula menjadi bulan pengikat ukhuwah kepada sesama umat. Mengikat tali silaturahim yang mana akan memperpanjang umur dan memperlancar rezeki... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00