Beranda » Agama Islam » Bagaimana Cara Mengatasi Kesedihan Menurut Islam?

Bagaimana Cara Mengatasi Kesedihan Menurut Islam?

T Diposting oleh pada 4 May 2020
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 485 kali
Bagaimana Cara Mengatasi Kesedihan Menurut Islam_

Kesedihan merupakan salah satu sifat emosional alami manusia. Kesedihan tercipta karena hati atau fikiran tidak dapat menerima sebuah keadaan yang tidak diinginkan seperti kesedihan yang di dapat dari kehilangan, kekecewaan, kegagalan, patah hati, stress, kesusahan hati dan lain sebagainya. Cara mengekspresikan kesedihan ialah dengan menangis. Menangis tidak identic dengan kesedihan, kenapa demikian? Karena menangis akibat bahagia juga banyak kita temui. Misalnya seorang suami yang menangis karena istri dan anaknya melahirkan dengan selamat.

Menangis juga tidak lemah bahkan kebalikannya. Orang yang tidak dapat menangis berarti ia lemah. Orang yang mudah menangis menandakan ia kuat mental, berhati baja dan bermanfaat bagi kesehatan. Namun, jangan di salah artikan dengan kita menangis secara terus menerus. Menangis yang berlarut-larut malahan justru di larang, karena dapat menimbulkan gangguan kesehatan seperti sakit kepala, pembengkakan, dan iritasi mata.

Bahwasanya kesedihan dan kebahagiaan adalah ujian dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Apakah akan menjadi hamba Allah yang bersyukur saat di berikan kenikmatan dan sabar saat di berikan cobaan atau sebaliknya. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ ٱلْمَوْتِ ۗ وَنَبْلُوكُم بِٱلشَّرِّ وَٱلْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

Artinya: “ Tiap-tiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu di kembalikan.” (QS. Al – anbiya : 35)

Tips-Tips Menghilangkan Rasa Kesedihan

Rasa kesedihan datang akibat dari bisikan setan. Setan senang bila ada manusia yang bersedih terus-menerus maka dia terus membisikan kata-kata atau mungkin tindakan yang akan kita lakukan. Naudzubillah, bagaimana bisa setan merasuki pikiran kita? karena kesedihan itu lah dia datang.

Lalu berikut cara agar kita tidak bersedih yang berkepanjangan.

  1. Mengingat Allah

Mengingat Allah di kala susah dan senang merupakan perkara yang tidak boleh di lupakan. Bahwa Allah selalu bersama kita, Allah tidak akan membiarkan kita sendiri dan percaya apa yang terjadi pada kita ini bahwa tanda Allah perhatian dan sayang pada kit. Yakni dengan cara mendatangkan musibah atau cobaan pada hambanya. Bila kita dapat melewatinya, maka Allah akan mengangkat derajat kita. insya Allah

  • Berzikir dan beristighfar pada Allah

Mengucapkan kalam Allah, membaca zikir dengan hati ikhlas karena Allah bahwa “Tiada Daya Dan Upaya Kecuali Dengan Kekuatan Allah”. Dan ucapkan kalimat-kalimat istighfar dengan segenap hati, menyerah atas Allah, berpasrah pada Allah.

Semoga dzikir ini menenangkan bagi siapa saja yang membacanya. Aamiin

  • Shalat Sunnah

Dengan Shalat, ialah salah satu perantara kita berkomunikasi kepada Allah. Berkeluh-kesah atas kesusahan yang di alami. Curhat dengan Allah, Insya Allah hati menjadi lebih tenang.

Sabar menjadi salah satu kunci utama dalam menghadapi kesusahan dan kesedihan. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ

      Artinya: “ Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.” (QS. Al – Baqarah : 153)

Amalan-Amalan Yang Dapat Membuang Kesedihan

Berikut amalan-amalan yang dapat di lakukan untuk membuang kesedihan.

  1. Memperkuat iman dan taqwa

Kesedihan dan kesusahan juga di rasakan para Nabi terdahulu, di kisahkan dari kisah Nabi Yusuf ‘alaihissalam ketika terpisah jauh dari keluarga dan kampong halamannya. Namun di pertemukan kembali dengan ayahanda dan keluarganya dalam keteguhan iman yang kuat.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَلَا تَهِنُوا۟ وَلَا تَحْزَنُوا۟ وَأَنتُمُ ٱلْأَعْلَوْنَ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ

                      Artinya: “ Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang laing tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.” (QS. Al- Imran : 139)

  • Mengikuti Rasulullah SAW

يَا بَنِي آدَمَ إِمَّا يَأْتِيَنَّكُمْ رُسُلٌ مِّنكُمْ يَقُصُّونَ عَلَيْكُمْ آيَاتِي فَمَنِ اتَّقَى وَأَصْلَحَ فَلاَ خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلاَ هُمْ يَحْزَنُونَ

Artinya: “Hai anak-anak Adam, jika datang kepadamu rasul-rasul dari pada kamu yang menceritakan kepadamu ayat-ayat-Ku, maka barang siapa yang bertaqwa dan mengadakan perbaikan, tidaklah ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedih hati.” (QS. Al-A’raaf: 7)

Maknanya ialah, umat islam tentunya harus mengikuti apa yang di ajarkan Rasulullah. Segala kebaikan yang di lakukan untuk melakukan perbaikan dalam hidup. Agar hidup lebih baik. Rasulullah merupakan suri tauladan yang baik.

قُلْنَا ٱهْبِطُوا۟ مِنْهَا جَمِيعًا ۖ فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُم مِّنِّى هُدًى فَمَن تَبِعَ هُدَاىَ فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Artinya: “ Turunlah kamu semuanya dari surge itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka dan tidak pula mereka bersedih hati.” (QS. Al-Baqarah: 38)

Menurut Ibn Katsir menjelaskan bahwa ayat tersebut untuk memerintahkan semua umat islam agar dekat dengan Al-Qur’an. Karena, pada sahabat dan ulama terdahulu begitu cinta dengan membaca dan memahami Al-Qur’an di karena kan hilang darinya kesedihan berkat Al-Qur’an.

Belum ada Komentar untuk Bagaimana Cara Mengatasi Kesedihan Menurut Islam?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Bagaimana Cara Mengatasi Kesedihan Menurut Islam?

keutamaan puasa asyura

Keutamaan Puasa Sunnah Asyura Di Bulan Muharram

T 31 August 2018 F A Admin Web YNI-1

Puasa merupakan salah satu perintah Allah bagi hambaNya, yang mana puasa merupakan bertujuan untuk menahan rasa haus, lapar dan nafsu manusia. Puasa wajib ialah puasa Ramadhan yang mana dikerjakan mendapat pahala yang berlipat ganda bila ditinggalkan tanpa sabab musabab yang... Selengkapnya

manfaat belajar agama

Pentingkah Mempelajari Agama Islam Di Era Modern Seperti Ini?

T 12 March 2018 F , A Admin Web YNI-1

Islam.. Apa itu islam? Semua orang-orang pasti mengatakan bahwa itu adalah agama. Tapi apakah arti dari islam sendiri? baiklah, dalam konteks yang cukup banyak, islam secara harfiyah berarti damai, berserah diri, selamat, bersih, dan patuh. Yang terbentuk dari huruf sim,... Selengkapnya

kejujuran dalam islam

Kejujuran… Harga Mahal Yang Harus Dibayar

T 20 March 2018 F A Admin Web YNI-1

Kejujuran merupakan salah satu sifat yang dimiliki setiap manusia. Kejujuran ialah mahal harganya. Kejujuran sendiri merupakan bagian dari kepercayaan. Orang yang telah kehilangan kejujuran pasti kehilangan kepercayaan,baik kepercayaan diri maupun kepercayaan dari orang lain. Manusia yang berbohong pada ucapannya pasti... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00