Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Apa Saja Keutamaan Bershalawat Kepada Nabi?

Apa Saja Keutamaan Bershalawat Kepada Nabi?

T Diposting oleh pada 30 November 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 71 kali

Salah satu refleksi dari kecintaan seseorang terhadap Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa salam ialah dengan banyak  dengan banyak bershalawat kepadanya. Perihal ini diperjelas  dalam Al-Quran surah Al-Ahzab ayat 56 yang  berbunyi:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Lalu apa arti dari shalawat dan salam itu sendiri? “Shallallahu alaihi wa salam” artinya semoga shalawat serta salam dari Allah kepada Nabi kita Muhammad, apa maksudnya?  Dari Imam Nawawi Al-Bantani rahimahullah berkata bahwa yang dimaksud dengan “shalawat dari Allah” yakni semoga Allah menambahkan kemuliaan. Adapun dengan “Salam” yakni semoga Allah memberikan penghormatan yang tinggi dan derajat yang mulia (lihat Kasyifah As-saja Syarh Safinah An-Najaa, hlm. 29)

Ada ulama yang mengatakan bahwa shalawat dari Allah artinya rahmat, shalawat dari malaikat artinya ampunan dan sedangkan shalawat dari manusia artinya do’a. dan lebih jelasnya, jika kita mengatakan semoga shalawat untuk beliau dari malaikat, artinya yakni doa berupa ampunan dari malaikat. Jikalau kita mengatakan semoga shalawat untuk beliau dari seorang khotib atau orang yang berkhutbah artinya ialah doa kebaikan dari khatib. Dan jika kita mengatakan semoga shalawat untuk beliau dari Allah, maksudnya ialah semoga Allah merahmati beliau.

Dan kata salam itu sendiri bermakna Allah yang menyelamatkan, menjaga dan menolong Nabinya. Dan sudah masuk dibulan ini, Rabi’ul Awal yakni bulan Maulid atau kelahiran Baginda Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa salam. Mari memperbanyak bershalawat kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wa salam.

keutamaan bershalawat kepada Nabi

Keutamaan-Keutamaan Bershalawat Kepada Nabi

  1. Allah mengangkat derajat manusia yang bershalawat kepada Nabi ﷺ

Pada suatu pagi Rasulullah shallallahu’alaihi wa salam tampak wajah bahagia yang terpancar dari wajah beliau. Para sahabat yang melihatpun bertanya pada beliau, “Ya Rasulullah, pagi ini engkau tampak bahagia seperti terlihat dari kecerahan wajahmu.” Beliau bersabda, “Memang benar, semalam aku ditemui oleh seorang utusan Tuhanku Yang Maha Agung. Dia berkata, ‘Barang siapa diantara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula’.” (HR. Ahmad)

  1. Mendapatkan Syafa’at Nabi Muhammad.

Rasululllah shallallahu’alaihi wa salam bersabda, yang artinya “Sesungguhnya orang yang bershalawt kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasila adalah sebuah tempat disurga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafa’at.” (HR. Muslim)

  1. Dikabulkannya Doa

Doa yang diijabah ialah doa yang sebelum disebutkan keinginannya, seorang hamba lebih dahulu mengagungkan nama Allah kemudia Rasul-Nya. Rasulullah shallallahu’alaihi wa salam bersabda, yang artinya, “Apabila salah seorang diantara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Na. setelah itu bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki.” (HR. Ahmad, Abu Daud dan Tirmidzi)

Bahkan dalam penjelasan hadits shahih lain bahwa, “Setiap doa akan terhalang (untuk dikabulkan) hingga dibacakan shalawat kepada Muhammad dan keluarganya.” (HR. Thabrani)

  1. Diberikan Pahala Yang Berlipat.

Rasulullah shallallahu’alaihi wa salam bersabda, yang artinya, “Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR. Muslim, Abu Daud, Tirmidzi dan Nasa’i)

  1. Dikumpulkan Bersama Nabi Dikemudian Hari.

Nabi shallallahu’alaihi wa salam bersabda, yang artinya, “manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak bershalawat kepadaku.” (HR. Tirmidzi)

Semoga Allah meringankan lisan kita untuk bershalawat kepada Rasulullah dan mendapat segala keutamaannya. Aamiin

Belum ada Komentar untuk Apa Saja Keutamaan Bershalawat Kepada Nabi?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Apa Saja Keutamaan Bershalawat Kepada Nabi?

3 fase ramadhan

3 Fase Ramadhan Yang Harus Kita Ketahui

T 10 June 2017 F A Yayasan Nurul Ihsan

Pada umumnya umat Islam telah memahami bahwa puasa Ramadhan selama satu bulan penuh terbagi menjadi 3 fase. Fase Pertama, yakni 10 hari pertama adalah Fase RAHMAT, kemudian 10 hari kedua adalah fase AMPUNAN, dan fase 10 hari ketiga adalah fase... Selengkapnya

Shalat Tarawih

Keutamaan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan

T 28 May 2018 F A WP-YNI

Shalat tarawih merupakan shalat sunnah yang hanya ada dibulan suci Ramadhan. Shalat sunnah ini dilaksanakan ba’da Shalat Isya yang terdiri dari 23 Rakaat. Shalat tarawih merupakan shalat sunah dengan segudang pahala. Shalat tarawih ini memiliki pahala yang sangat luar biasa... Selengkapnya

keutamaan awal 10 hari dibulan Dzulhijjah

Apa Keutamaan Sepuluh Hari Dibulan Dzulhijjah?

T 18 July 2018 F A WP-YNI

Ada beberapa dalil yang menunjukkan adanya keutamaan pada sepuluh hari dibulan Dzulhijjah, yakni diantaranya. مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ. يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ «... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00