Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Apa Keutamaan Sepuluh Hari Dibulan Dzulhijjah?

Apa Keutamaan Sepuluh Hari Dibulan Dzulhijjah?

T Diposting oleh pada 18 July 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 671 kali

keutamaan awal 10 hari dibulan Dzulhijjah

Ada beberapa dalil yang menunjukkan adanya keutamaan pada sepuluh hari dibulan Dzulhijjah, yakni diantaranya.

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ. يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ « وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ

Artinya : “Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari (yaitu 10 hari pertama dibulan Dzulhijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad dijalan Allah?” Nabi Muhammad SAW menjawab: “Tidak pula jihad dijalan Allah, keculai orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.” (HR. muttafaqun Alaih)

Dan dari hadist diatas disebutkan keutamaan pada bulan Dzulhijjah. Lalu, dalam Firman Allah yang menunjukkan keutamaan hari-hari dibulan Dzulhijjah yakni,

وَلَيَالٍ عَشْرٍ

Artinya: “Dan demi malam yang sepuluh.” (QS. Al – Fajr : 2)

Para ulama memiliki beda pendapat dalam menafsirkan arti dari “malam yang sepuluh” yaitu:

  1. 10 hari pertama bulan Dzulhijjah
  2. 10 malam terakhir bulan Ramadhan
  3. 10 hari pertama bulan Muharram

Namun, Ibnu Rajab Al Hambali mengatakan bahwa tafsiran yang menyebutkan 10 hari Dzulhijjah itulah yang lebih tepat. Dan pendapat ini dipilih oleh para pakar tafsir dari salaf dan selain mereka dan juga menjadi pendapat Ibnu Abbas (Latgo-if Al Ma’arif, Ibnu Rahab Al-Hambali hal. 469 dari Al-Maktab Al Islamiy, cetakan pertama tahun 1428 H)

 

Amalan Yang Dianjurkan Pada Sepuluh Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Adapun keutamaan pada sepuluh hari pertama dibulan Dzulhijjah ialah berlaku untuk amalan apapun dan tidak terbatas. Yakni seperti shalat, tilawah Al-Qur’an, bersedekah dan lain sebagainya. Namun, amalan yang danjurkan ialah berpuasa. Karena dibulan Dzulhijjah ada hari yang sangat agung yaitu hari Arafah.

Pada hari tersebut disunnahkan bagi yang tidak sedang melaksanakan haji untuk mengerjakan puasa sunnah. Puasa Arafah yang dilaksanakan pada 9 Dzulhijjah dapat menggugurkan dosa-dosa selama dua tahun yang dimana lebih afdhal dari pahala puasa Asyura(10 Muharram). Dari Hunaidah bin Kholid, dari isterinya, beberapa isteri Nabi SAW mengatakan,

عَنْ بَعْضِ أَزْوَاجِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ

Artinya: “Rasulullah SAW biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijjah, pada hari Asyura(10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya.” (HR. Abu Daud : 2437)

Namun ada sebuah riwayat yang menyebutkan bahwa Aisyah tidak pernah melihat Nabi Muhammad SAW berpuasa sama sekali.  Dari Aisyah radhiyallahuanha,bahwa:

مَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- صَائِمًا فِى الْعَشْرِ قَطُّ

Artinya: “Aku tidak pernah melihat Rasulullah Shallallahu’alaihi wassalam berpuasa pada sepuluh hari bulan Dzulhijjah sama sekali.” (HR. Muslim : 1176)

Ibnu Hajar Al Asqolani mengatakan bahwa Nabi Saaw meninggalkan puasa ketika itu, padahal Nabi SAW suka mengerjakannya, dikarenakan khawatir umatnya mengganggap puasa tersebut wajib. (Fathul Bari, 3/390, Mawqi’ Al Islam).
Dan diantara para sahabat yang mempraktekkan puasa selama sembilan hari awal dzulhijjah adalah Ibnu Umar. Beberapa ulama seperti Al Hasan Al Bashri, Ibnu Sirin dan Qotadah menyebutkan keutamaan puasa pada hari-hari tersebut yang menjadi pendapat mayoritas para ulama.

Jangan Lewatkan Keutamaan Didalam Bulan Dzulhijjah

Selain keutamaan yang disebutkan diatas, terdapat keutamaan lainnya, yakni dihari Arafah merupakan waktu mustajabnya doa. Dijelaskan dari Amr bin Syu’aib dari ayahnya dari kakeknya, Nabi SAW bersabda,

خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ

Artinya: “Sebaik-baiknya doa adalah doa pada hari Arafah.”

Yang dimaksudkan ialah, waktu ini yang tepat untuk memanjatkan doa pada Allah SWT.  Karena doa pada hari Arafah adalah doa yang mustajab dilakukan karena waktunya yang tepat dan utama. Maka kaum muslimin dianjurkan memanfaatkan waktu tersebut dengan sebaik-baiknya.

Dan keutamaan lainnya ialah bagi yang tidak berhaji dianjurkannya untuk melaksanakan puasa Arafah yang dikerjakan pada tanggal 9 Dzulhijjah dengan keutamaannya sebagai penghapus dosa dimasa lalu dan tahun yang akan datang.  Hal ini berdasarkan dari Abu Qotadah bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wassalam bersabda yang artinya,

“Puasa Arafah dapat menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim :1162)

Keutamaan Puasa Arafah  ialah menghapus  dosa setahun  yang lalu dan setahun yang akan datang. Apakah yangdimaksud dengan diampuni dosanya? Segala dosa yang telah kita perbuat dari dosa besar hingga kecil? Atau salah satu dari kedua nya? Yang dimaksudkan dengan disini ialah dosa-dosa kecil atau diringankannya dosa besar atau ditinggikan derajatnya.

Begitu pula berdasarkan hadits diatas, itu menunjukkan bahwa  Puasa Arafah lebih utama dari pada Puasa Asyuro, dikarenakan Puasa Asyuro berasal dari Nabi Musa as sedangkan Puasa Arafah berasal dari Nabi kita Muhammad Shallallahu’alaihi wassalam.

Belum ada Komentar untuk Apa Keutamaan Sepuluh Hari Dibulan Dzulhijjah?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Apa Keutamaan Sepuluh Hari Dibulan Dzulhijjah?

tata cara shalat dan bersuci

Shalat Ialah Wajib Hukumnya Bagi Setiap Muslim

T 11 April 2018 F A WP-YNI

Shalat merupakan perkara utama yang akan dihisab disaat kita menghadap ilahi. Apakah shalat tersebut kita jalankan? Apakah kita tinggalkan? Karena shalat merupakan tiang agama, barang siapa yang shalat maka ia mendirikan agama dan begitupun sebaliknya barang siapa yang tidak melaksanakan... Selengkapnya

gangguan setan saat kita shalat

Gangguan Nyata Setan Mengganggu Ibadah Manusia Kepada Allah

T 16 March 2018 F A WP-YNI

Gangguan setan ketika menjelang masuk waktu shalat sungguh sangat dirasakan. Hakikatnya setan ialah makhluk Allah yang selalu membisikan hal buruk dan mengganggu fokus pikiran kita. Contoh dalam hal Shalat seperti, ketika adzan dikumandangankan setan pun mulai mengganggu manusia dengan membuat... Selengkapnya

keutamaan puasa asyura

Keutamaan Puasa Sunnah Asyura Di Bulan Muharram

T 31 August 2018 F A WP-YNI

Puasa merupakan salah satu perintah Allah bagi hambaNya, yang mana puasa merupakan bertujuan untuk menahan rasa haus, lapar dan nafsu manusia. Puasa wajib ialah puasa Ramadhan yang mana dikerjakan mendapat pahala yang berlipat ganda bila ditinggalkan tanpa sabab musabab yang... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00