Beranda » Agama Islam » Apa Itu Puasa Arafah ? Dan Apa Niatnya?

Apa Itu Puasa Arafah ? Dan Apa Niatnya?

T Diposting oleh pada 25 July 2018
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 510 kali

Bulan Dzulhijjah merupakan waktu yang ditunggu kedatangannya oleh seluruh umat musllim. Karena dibulan Dzulhijjah banyak terjadinya momen penting diantaranya karena hanya dibulan ini haji dan berqurban terlaksana dan bagi yang tidak melaksanakan haji dapat digantikan dengan berpuasa arafah dan tarwiyah dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah.

Puasa Arafah merupakan puasa yang dilaksanakan sebelum hari raya Idul Adha. Puasa ini dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah, berlangsung ketika jamaah haji melaksanakan Wukuh dipadang Arafah yakni sehari sebelum hari raya Idul Adha. Namun disunnah kan melaksanakan puasa sunnah yakni ditanggal 1-7 Dzulhijjah.

Berikut niat puasa Arafah (9 Dzulhijjah) :

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya: “Saya niat puasa arafah, sunnah karena Allah Ta’ala”

Niat puasas tarwiyah (8 Dzulhijjah) :

نويت صوم ترويه سنة لله تعالى

Artinya: “Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah Ta’ala”

Niat puasa Sunnah (1-7 Dzulhijjah) :

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

      Artinya: “Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah, karena Allah Ta’ala”

apa itu puasa arafah dan apa niatnya

Keutamaan Bagi Yang Melaksanakan Puasa Arafah

Keutamaan puasa Arafah berasal dari hadits Abu Qatadah Al-Anshari Radhiyallahu’anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wassalam ditanya tentang puasa hari Arafah, beliau menjawab, “Puasa Arafah dihitung disisi Allah sebagi menghapus (Dosa) tahun sebelumnya dan tahun sesudahnya.” (HR. Muslim)

Dan berikut keutamaan bagi umat muslim yang melaksanakan puasa Arafah

Ulama mengatakan, “Barang siapa yang memuliakan dan menghidupkan 10 hari pertama dari bulan Dzulhijjah dengan amalan-amalan ibadah maka Allah Ta’ala akan memberinya 10 keistimewaa, yaitu:

  1. Allah memberikan berkah pada umurnya.
  2. Allah akan mengampuni dosa-dosanya selama dua tahun, yakni tahun lalu daan tahun yang akan datang.
  3. Allah SWT akan menjaganya untuk tidak berbuat dosa selama dua tahun.
  4. Allah SWT akan membebaskannya dari api neraka.
  5. Allah akan melipatgandakan pahalanya.
  6. Allah menerangi kehidupannya.
  7. Allah akan memudahkan keluarnya nyawa ketika dalam keadaan sekaratul maut.
  8. Allah akan memberatkan timbangan kebajikannya.
  9. Allah akan menyelamatkannya dari semua kesusahan.
  10. Allah akan angkat derajatnya di sisi-Nya.

Puasa Arafah Kategori Wajib Atau Sunnah?

Dilihat dari keutamaan yang didapatkan hukum puasa Arafah ialah sunnah muakkad, yakni sunnah yang sangat dianjurkan. Mengingat keutamaan yang sangat besar sangat disayangkan bila kita melewatkan puasa yang hanya terjadi setahun sekali ini. Namun dibeberapa hadits mengatakan bahwa hukum puasa Arafah ialah sunnah saja.

عَنْ أُمِّ الْفَضْلِ بِنْتِ الْحَارِثِ أَنَّ نَاسًا تَمَارَوْا عِنْدَهَا يَوْمَ عَرَفَةَ فِي صَوْمِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ بَعْضُهُمْ هُوَ صَائِمٌ وَقَالَ بَعْضُهُمْ لَيْسَ بِصَائِمٍ فَأَرْسَلَتْ إِلَيْهِ بِقَدَحِ لَبَنٍ وَهُوَ وَاقِفٌ عَلَى بَعِيرِهِ فَشَرِبَهُ

Artinya: “Dari Ummul fadhl binti Al-Harits, bahwa orang-orang berbantahan didekatnya pada hari Arafah tentang puasa Nabi Shallallhu’alaihi Wassalam. Sebagian mereka mengatakan, ‘Beliau Berpuasa.’ Sebagian lainnya mengatakan, ‘beliau tidak berpuasa’ maka Ummul Fadhl mengirimkan semangkuk susu kepada beliau, ketika beliau sedang berhenti diatas unta beliau, maka beliau meminumnya.” (HR. Bukhari : 1988 dan Muslim : 1123)

Lalu dihadits lainnya menjelaskan hal yang serupa dengan hadits yang diatas

عَنْ مَيْمُونَةَ – رضى الله عنها – أَنَّ النَّاسَ شَكُّوا فِى صِيَامِ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – يَوْمَ عَرَفَةَ ، فَأَرْسَلَتْ إِلَيْهِ بِحِلاَبٍ وَهْوَ وَاقِفٌ فِى الْمَوْقِفِ ، فَشَرِبَ مِنْهُ ، وَالنَّاسُ يَنْظُرُونَ

Artinya: “Dari Maimunah radhiyallahu’anha, ia berkata bahwa orang-orang saling berdebat apakah Nabi Shallallahu’alaihi Wassalam berpuasa pada hari Arafah. Lalu Maimunah mengirimkan pada beliau satu wadah yang berisi susu dan beliau dalam keadaaan berdiri (wukuf), lantas beliau minum dan orang-orang pun menyaksikannya.” (HR. Bukhari : 1989 dan Muslim : 1124)

Bagi yang melaksanakan ibadah haji tidak diwajibkan untuk berpuasa berdasarkan hadits diatas dan sedangkan yang tidak melaksakan ibadah haji dapat digantikan dengan berpuasa sunnah Dzulhijjah pada tanggal 1-7 Dzulhijjah, puasa Tarwiyah pada tanggal 8 Dzulhijjah dan puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah.

 

Belum ada Komentar untuk Apa Itu Puasa Arafah ? Dan Apa Niatnya?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Apa Itu Puasa Arafah ? Dan Apa Niatnya?

keutamaan bulan sya'ban

Keutamaan Melakukan Amalan Baik Dibulan Sya’ban

T 23 April 2018 F , A WP-YNI

Bulan Sya’ban merupakan bulan hijryah diantara bulan Rajab dan Ramadhan.  Rasulullah SAW bersabda , “Sya’ban itu bulan antara Rajab dan Ramadhan. Bulan ini banyak diabaikan oleh umat manusia, padahal dalam bulan ini amal-amal hamba itu diangkat (diterima oleh Allah). Aku... Selengkapnya

malam lailatul qadar

Apa Arti Dari Malam Lailatul Qadar?

T 15 May 2018 F , A WP-YNI

Malam lailatul qadar merupakan malam yang ditunggu umat muslim diseluruh penjuru. Bagaimana tidak, malam ini merupakan malam yang penuh kebaikan melebihi malam-malam lainnya. Yang dimana sering dikatakan bahwa malam lailatul qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Maka... Selengkapnya

amalan di 10 hari terakhir ramadhan

Amalan Pada 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan

T 6 June 2018 F A WP-YNI

Sudah memasuki waktu 10 hari terakhir ramadhan, hendaklah kita lebih berkutat diri dengan mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Karena pada 10 malam terakhir dibulan ramadhan Allah menurunkan begitu banyak keutamaan. Maka sangat disayangkan bila kita melewati 10 malam terakhir... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00