Beranda » Agama Islam » Apa Itu Kurban? Dan Apa Keutamaannya?

Apa Itu Kurban? Dan Apa Keutamaannya?

T Diposting oleh pada 20 July 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1447 kali

Qurban berasal dari bahasa Arab yakni “Qurban” yang artinya dekat (قربان). Kurban dalam islam juga disebut dengan Al-Udhhiyah dan Adh-dhahiyyah yang artinya binatang sembelihan, seperti unta, sapi atau kerbau, dan kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari-hari Tasyriq (setelah hari raya Idul Adha) sebagai bentuk taqarrub kita kepada Allah SWT.

Seperti yang telah diketahui bahwa Qurban dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah yang mana dianjurkan untuk umat muslim yang tidak melaksanakan haji. Sangat wajib hukumnya bagi seorang muslim yang mampu dalam hal finansial untuk melaksanakan salah satu dari perintah Allah. Semua itu berdasarkan syariat islam dalam berqurban.

Allah SWt berfirman, yang artinya, “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membencimu dialah yang terputus. (QS. Al-kautsar :1-3)

Dan di ayat lain yang berbunyi, yang artinya, “ Dan telah Kami jadikan kamu unta-unta itu sebagai Syiar Allah. Kamu banyak memperoleh kebaikan dari padanya, maka sebutlah nama Allah ketika kamu menyembelihnya.” (QS. Al – Hajj : 36).

apa itu qurban dan apa keutamaannya

Keutamaan Qurban Bagi Seluruh Umat Muslim

Dari Aisyah radhiyallahuanha, bahwa Rasulullah SAW bersabda, yang artinya “ Tidak ada suatu amalan pun yang dilakukan oleh manusia pada hari raya Qurban yang lebiih dicintai Allah SWT dari menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima disisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dnegan (pahala) qurban itu.” (HR. Tirmidzi)

Berdasarkan hadits shahih diatas, sangat besar keutamaan berkurban bagi setia muslim yang mampu. Namun banyak keutamaan qurban lainnya. Dan berikut keutamaannya:

  1. Qurban sebagai pintu mendekatkan diri kepada Allah SWT

Qurban ialah salah satu pintu tebaik dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT yang mana sama halnya dengan shalat. Qurban juga menjadi media penghubung dan sebagai tanda taqwa seorang muslim kepada Allah. Sebagaimana firman Allah, yang artinya, “Sesungguhnya Allah hanya menerima (qurban) dari orang-orang yang bertaqwa”. (QS. Al-Maidah : 27).

Di ayat Al-Qur’an yang lain menjelaskan, Allah SWt berfirman

لَن يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَاؤُهَا وَلَكِن يَنَالُهُ التَّقْوَى مِنكُمْ كَذَلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَبَشِّرِ الْمُحْسِنِين

Artinya: “Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.” (QS. Al – Hajj : 37)

  1. Sebagai Saksi Amal kita dihadapan Allah SWT

Ibadah qurban yang kita laksanakan akan mendapatkan ganjaran pahala yang berlipat ganda, dalam hadis disebutkan, yang artinya, “Pada setiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah). Dan hewan yang kita qurbankan kelak akan menjadi saksi untuk kita pada hari akhir nanti. Berikut haditsnya,

حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدِّمَشْقِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ ابْنُ نَافِعٍ حَدَّثَنِي أَبُو الْمُثَنَّى عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا عَمِلَ ابْنُ آدَمَ يَوْمَ النَّحْرِ عَمَلًا أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ هِرَاقَةِ دَمٍ وَإِنَّهُ لَيَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَظْلَافِهَا وَأَشْعَارِهَا وَإِنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنْ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ عَلَى الْأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا

Artinya: “Tidak ada  amalan yang dikerjakan anak Adam ketika hari (raya) kurban yang lebih dicintai oleh Allah Azza Wajalla dari mengalirkan darah, sesungguhnta pada hari ia akan datang dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya dan bulu-bulunya. Dan sesungguhnya darah tersebutu akan sampai kepada Allah Azza Wa Jalla sebelum jatuh ke tanah, maka perbaguslah jiwa kalian dengannya.” (HR. Ibnu Majah no.3117)

  1. Sebagai Salah Satu Ajaran Nabi Ibrahim AS

Qurban sebagi salah satu ajaran Nabi Ibrahim AS, yang saat itu Allah memerintahkan beliau untuk menyembelih anak tercintanya sebagai tebusan yaitu Ismail AS ketika di hari an nahr (Idul Adha). Diriwayatkan dari Ibnu Majah, yang artinya:

“Berkata kepada kami Muhammad bin Khalaf Al Asqalani, berkata kepada kami Adam bin Abi Iyas, berkata kepada kami Sullam bin Miskin, berkata kepada kami ‘Aidzullah, dari Abu Daud, dari Zaid bin Arqam, dia berkata: berkata para sahabat Rasulullah SAW: “Wahai Rasulullah, hewan qurban apa ini?” Beliau bersabda: “Ini adalah sunah bapak kalian, Ibrahim.” Mereka berkata: “Lalu pada hewan tersebut, kami dapat apa wahai Rasulullah?” Beliau bersabda: “Pada setiap bulu ada satu kebaikan.” Mereka berkata: “Bagaimana dengan shuf (bulu domba)?” Beliau bersabda: “Pada setiap bulu shuf ada satu kebaikan.” (HR. Ibnu Majah dalam sunannya no. 3127)

 

InsyaAllah akan disambung diartikel berikutnya

Belum ada Komentar untuk Apa Itu Kurban? Dan Apa Keutamaannya?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Apa Itu Kurban? Dan Apa Keutamaannya?

Keutamaan Membaca Surah Al-Mulk

Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk

T 7 October 2019 F A Admin Web YNI-1

Surah Al-Mulk dalam tulisan Arab الملك artinya Kerajaan. Surah Al-Mulk merupakan surah ke-67 dalam Al-Qur’an yang tergolong ked alam surat Makiyyah, yang terdiri atas 30 ayat. Surah Al-Mulk yang artinya Kerajaan dan surah ini disebut juga dengan At-Tabaarak yang artinya... Selengkapnya

Keutamaan Dan Kemuliaan Hari Jum’at Bagi Umat Muslim

Keutamaan Dan Kemuliaan Hari Jum’at Bagi Umat Muslim

T 11 January 2019 F A Admin Web YNI-1

Seluruh hari terlihat seperti biasa saja. Namun Allah subhanahuwata’ala memberikan keistimewaan pada hari jum’at. Banyak yang tidak mengetahui bahwa hari jum’at merupakan hari proses  diciptakannya Nabi Adam Alaihissalam. Nabi Adam Alaihissalam merupakan bapak dan nenek moyang semua manusia  diseluruh dunia.... Selengkapnya

Amalan-Amalan Yang Dapat Menyia-nyiakan Puasa Ramadhan

Amalan-Amalan Yang Dapat Menyia-nyiakan Puasa

T 25 April 2019 F , A Admin Web YNI-1

Dibulan Ramadhan setiap muslim diwajibkan untuk melaksanakan puasa. Menahan haus dan lapar dimulai dari fajar hingga terbenamnya matahari. Namun tidak hanya untuk menahan haus dan lapar tapi juga menahan dalam melakukan segala maksiat atau perbuatan yang menjurus ke sia-siaan. Karena,... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00