Beranda » Peringatan Hari Besar Islam » Apa Itu Kurban? Dan Apa Keutamaannya? Bag. 2

Apa Itu Kurban? Dan Apa Keutamaannya? Bag. 2

T Diposting oleh pada 3 August 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 380 kali

Dan berikut sambungan dari artikel Apa itu Kurban? Dan Apa Keutamaannya? Bag. 1. Dan keutamaan lainnya dari berkurban:

  1. Sebagai Pembeda Antara Orang Islam Dan Dengan Orang Kafir

Penyembelihan hewan kurban sebenarnya tidak hanya dilakukan oleh umat muslim dan pada hari raya Idul Adha saja, namun pada zama Jahiliyah terdahulu orang-orang kafir pun  juga menyembelih hewan namun sebagai sesembahan kepada selain Allah.

قُلْ إِنَّ صَلاَتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
لاَ شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَاْ أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ

Artinya: “Katakanlah, ‘Sesungguhnya shalatku, sembelihanku (kurbanku), hidupku, dan  matiku hanyalah untuk Allah, Rabb semesta alam, tiada sekutu baginya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah).” (QS. Al An’am : 162-163)

  1. Sebagai Tanda Sikap Patuh Dan Taat Atas Perintah Allah SWT

Berkurban merupakan perintah Allah bagi hambanya yang mampu. Namun, yang patuh dan taat kepada perintah Allah sajalah yang akan melaksanakan perintah-Nya.

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنسَكاً لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَى مَا رَزَقَهُم مِّن بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ فَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ

Artinya: “Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada Allah. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk kepada Allah.” (QS. Al Hajj : 34)

  1. Untuk Menyebarkan Kebaikan Dan Manfaat Kepada Sesama Umat Muslim.

Berkurban merupakan ibadah yang tidak hanya bernilai individu namun juga bersifat sosial. Dengan berkurban kita dapat menyebarkan kebaikan dan merupakan suatu manfaat bagi mereka yang mendapatkan bagian dari daging-daging kurban. Bagi orang-orang yang tidak mampu pasti akan kesulitan untuk membeli daging sebagai kebutuhan gizi keluarga mereka. Maka, di hari raya Idul Adha dapat dilain artikan penyembelihan kurban sebagai perbaikan gizi.

apa itu qurban dan apa keutamaannya

Makna Dari Diperintahkannya Umat Muslim Untuk Berkurban

Perintah berkurban merupakan tapak tilas dari kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, yang dimana Allah memberian perintah kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya sendiri yakni Nabi Ismail as.

وَالْبُدْنَ جَعَلْنَاهَا لَكُمْ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ لَكُمْ فِيهَا خَيْرٌ ۖ فَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهَا صَوَافَّ ۖ فَإِذَا وَجَبَتْ جُنُوبُهَا فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْقَانِعَ وَالْمُعْتَرَّ ۚ كَذَٰلِكَ سَخَّرْنَاهَا لَكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: “Dan telah Kami jadikan unta-unta itu sebahagian dari syiar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebahagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami telah menundukkan unta-unta itu kepada kamu, mudah-mudahan kamu bersyukur.” (QS. Al-Hajj : 36)

Dari ayat-ayat diatas menjelaskan bahwasanya manusia dan segalanya adalah milik Allah dan hendaknya libatkan Allah dalam apa saja yang kita kerjaan, Karena, segala apa yang diperintahkanlah yang menjadi hal utama.

Kembali kepada kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, sosok Nabi yang sangat patuh, tunduk dan memasrahkan diri atas segala apa yang Allah perintahkan. Perintah Allah kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelilh anaknya sendiri yakni Nabi Ismail. Namun, karena rasa tunduk dan ikhlas yang sangat besar kepada Allah itulah Allah SWT mengganti penyembelihan Nabi Ismail menjadi hewan.

Hendaknya kita jadikan beliau sebagai panutan dan contoh yang dapat kita ambil dalam kepatuhan dan ketundukannya atas perintah Allah. Semoga seluruh umat muslim dapat menjalankan ibadah kurban sebagaimana atas perintah Allah SWT. Aamiin Aamiin Ya Robbal’aalamiin.

Belum ada Komentar untuk Apa Itu Kurban? Dan Apa Keutamaannya? Bag. 2

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Apa Itu Kurban? Dan Apa Keutamaannya? Bag. 2

apa itu puasa arafah dan apa niatnya

Apa Itu Puasa Arafah ? Dan Apa Niatnya?

T 25 July 2018 F , A WP-YNI

Bulan Dzulhijjah merupakan waktu yang ditunggu kedatangannya oleh seluruh umat musllim. Karena dibulan Dzulhijjah banyak terjadinya momen penting diantaranya karena hanya dibulan ini haji dan berqurban terlaksana dan bagi yang tidak melaksanakan haji dapat digantikan dengan berpuasa arafah dan tarwiyah... Selengkapnya

santunan yatim

Beribadah Puasa Ramadhan dan Berbagi di Yayasan Nurul Ihsan

T 28 June 2014 F A Yayasan Nurul Ihsan

Marhaban Ya Ramadhan Umat Islam seluruh dunia kini kembali menjalankan ibadah puasa Ramadan. Bulan yang oleh Allah SWT dihimpun di dalamnya rahmah (kasih sayang), maghfirah (ampunan), dan itqun minan naar (terselamatkan dari api neraka). Bulan Ramadan juga disebut dengan “shahrul... Selengkapnya

Amalan Di Bulan Ramadhan

Amalan Di Bulan Ramadhan

T 16 July 2014 F A Yayasan Nurul Ihsan

Bulan Ramadhan tiba. Selama bulan suci tersebut, umat Islam yang menjalaninya harus menahan diri dari makan dan minum termasuk perkara yang membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga tenggelam matahari. Meski menjalani ibadah puasa, segala aktifitas yang biasa kita lakukan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00