Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Apa Arti Dari Malam Lailatul Qadar?

Apa Arti Dari Malam Lailatul Qadar?

T Diposting oleh pada 15 May 2018
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1297 kali

Malam lailatul qadar merupakan malam yang ditunggu umat muslim diseluruh penjuru. Bagaimana tidak, malam ini merupakan malam yang penuh kebaikan melebihi malam-malam lainnya. Yang dimana sering dikatakan bahwa malam lailatul qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Maka sangat dianjurkan bagi kita kaum muslimin untuk mencari malam lailatul qadar tersebut.

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadar : 3-5)

Disebutkan dari Aisyah ra, Rasulullah SAW bersabda,

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

Artinya : “Carilah lailatul Qadar pada sepuluh malam terakhir dibulan Ramadhan.” (HR. Bukhari dan Muslim). Atau bisa dikatakan malam lailatul qadar terjadi pada tanggal-tanggal ganjil pada hari-hari terakhir pada bulan Ramadhan.

 

                      Tanda-Tanda Turunnya Malam Lailatul Qadar

Malam lailatul qadar juga disebut dengan malam Nuzulul Qur’an atau malam turunnya Al-Qur’an. Maka di anjurkan sekali kita untuk membaca Al-Qur’an, Asma-asma Allah, Berzikir dan memohon Doa kepada-Nya. Seperti dijelaskan dalam ayat berikut:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan.” (QS. Al-Qadar : 1)

Dan berikut tanda-tanda datangnya malam lailatul qadar:

  1. Udara malam tersebut sangat lah tenang. Udara atau anginnya tidaklah terlalu panas atau terlalu dingin. Seperti yang telah diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Rasululullah SAW bersabda

لَيْلَةُ القَدَرِ لَيْلَةٌ سَمْحَةٌ طَلَقَةٌ لَا حَارَةً وَلَا بَارِدَةً

Artinya: “Lailatul qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas , juga tidak begitu dingin,..” (HR. Ibnu Hamzah)

  1. Matahari pada pagi harinya tidak lah begitu panas dan berwarna putih dan tenang, pula tidak memancarkan sinarnya kesegala penjuru. Sebagaimana diriwayatkan oleh Ubay bin Ka’ab ra, ia berkata :

هِىَ لَيْلَةُ صَبِيحَةِ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ وَأَمَارَتُهَا أَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ فِى صَبِيحَةِ يَوْمِهَا بَيْضَاءَ لاَ شُعَاعَ لَهَا

Yang artinya : “..Malam itu adalah malam yang cerah yaitu malam ke dua puluh tujuh (dari bulan Ramadhan). Dan tanda-tandanya ialah pada pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa sinar yang menyorot.” (HR. Muslim : 762)

  1. Tanda-tanda turunnya malam Lailatul Qadar diperlihatkan bagi manusia yang beriman lewat mimpi. Seperti yang pernah dialami oleh sebagian para sahabat Nabi SAW. Diriwayatkan oleh Ibnu Umar ra, bahwa salah satu sahabat Nabi SAW diperlihatnya tanda turunnya malam lailatul qadar yang artinya, “Aku tahu bahwa kalian melihat lailatul qadar pada tujuh hari terakhir Ramadhan. Siapa yang sungguh-sungguh dalam mencarinya, maka carilah ditujuh terkahir dari bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari dan Muslim )
  2. Ibadah yang kita lakukan pada malam tersebut sangatlah tenang dan damai dibandingkan dengan malam-malam lain. Disebabkan malaikat turun pada malam itu. Allah SWT berfirman, yang artinya: “ Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat jibril,” (QS. Al-Qadar : 4)

malam lailatul qadar

Hikmah Dari Turunnya Malam Lailatul Qadar Bagi Umat Manusia

Hikmah yang dapat kita ambil dari peristiwa malam lailatul qadar ialah agar kita dapat meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Dan sangat dianjurkan agar kita bersungguh-sungguh untuk beribadah kepada Allah dimalam-malam turunnya malam lailatul qadar. Yang kadang kita tidak sadari dan malah kita melewatkan malam yang bersejarah bagi umat muslim.

Seperti yang telah disebutkan oleh Ibnu Hajar al-Asqalani sendiri ketika menjelaskan tanda-tanda lailatul qadar, beliau berkomentar, “Terkadang lailatul qadar telah memperlihatkan sejumlah tanda-tandanya, dan kebanyakan tidak kita ketahui kecuali setelah tanda-tanda itu berlalu.” (Fathul Bari : 4/307). Memanglah tidak dituntut untuk mencari tanda-tanda tersebut.

Maka, kita harus bersungguh-sungguh dalam beribadah pada malam-malam turunnya lailatul qadar ialah di akhir-akhir bulan Ramadhan dna pada tanggal-tanggal ganjilnya. Semoga kita dapat merasakan tanda-tanda turunnya lailatul qadar dan semoga Allah SWT memudahkan kita untuk meraih malam tersebut.

 

Aamiin Ya Robbal’aalamiin

Belum ada Komentar untuk Apa Arti Dari Malam Lailatul Qadar?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Apa Arti Dari Malam Lailatul Qadar?

Sah Kah Orang Yang Puasa Tapi Tidak Shalat

Sah Kah Orang Yang Puasa Tapi Tidak Shalat?

T 13 May 2019 F , A WP-YNI

puasa namun tidak shalat

lailatul qodr

Lailatul Qodr Ibadah Malam Seribu Bulan

T 2 July 2016 F A Yayasan Nurul Ihsan

Lailatul Qodr atau para ulama sering menyebutnya Malam Seribu Bulan. Artinya Ibadah kita pada malam lailatul qord bernilai seribu bulan kita beribadah, yang jika kita hitung kurang lebih 83 tahun. Sungguh luar biasa amalan di malam Lailatul Qodr. Semoga kita... Selengkapnya

godaan iblis

Godaan Iblis dari 4 Arah! Bagaimana Menghindarinya?

T 14 February 2018 F A WP-YNI

Iblis ialah salah satu ciptaan Allah SWT,makhluk laknat yang telah diusir dari jannahnya Allah  yang dimana iblis dan para pengikutnya selalu menyesatkan manusia. Kenapa mereka diusir? Karena hanya merekalah yang tak mematuhi perintah Allah SWT untuk bersujud kepada Nabi Adam... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00