Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Anjuran Puasa 3 Hari Di Setiap Bulan

Anjuran Puasa 3 Hari Di Setiap Bulan

T Diposting oleh pada 25 January 2019
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 110 kali

Umat muslim disunnahkan untuk berpuasa minimal 3 hari pada setiap bulan. Dan puasa yang dilaksanakan di setiap bulannya yakni pada tanggal ke-13, 14, 15 dibulan hijriyah (Qomariyah). Puasa tersebut disebut juga dengan puasa ayyamul bidh (hari putih). Dikarenakan pada malam-malam tersebut bulan purnama bersinar dengan rembulannya yang putih dan penuh.

Amalan ini juga didukung oleh hadits-hadits shahih, yakni dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, dia berkata,

أَوْصَانِى خَلِيلِى بِثَلاَثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاَةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

Artinya: “Kekasihku (yaitu Rasulullah ﷺ) mewasiatkan padaku 3 (tiga) nasihat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: 1. Berpuasa tida hari setiap bulannyam, 2. Mengerjakan shalat Dhuha, 3. Mengerjakan shalat witr sebelum tidur.” (HR. Bukhari no. 1178)

Lalu hadits lain, dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

صَوْمُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ صَوْمُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

Artinya: “Puasa pada tiga hari setiap bulannya dalah seperti puasa sepanjang tahu.” (HR. Bukhari no. 1979)

Dan dari Abu Dzar, Rasulullah ﷺ bersabda padanya,

يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

Artinya: “Jika engkau ingin berpuasa tiga hari pada setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, 15 (dari bulan Hijriyah).” (HR. Tirmidzi no. 761 dan An Nasai no. 2425. Abu ‘Isa Tirmidzi mengatakan bahwa haditsnya hasan)

Berikutnya dair Ibnu Milhan Al Qoisiy, dari ayahnya, beliau berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَأْمُرُنَا أَنْ نَصُومَ الْبِيضَ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ . وَقَالَ هُنَّ كَهَيْئَةِ الدَّهْرِ

Artinya: “Rasulullah ﷺ biasa memerintahkan pada kami untuk berpuasa pada ayyamul bidh yaitu pada 13, 14, 15 (dari bulan Hijriyah).” Dan beliau bersabda, “Puasa ayyamul bidh itu seperti puasa setahun.” (HR. Abu Daud no. 2449 dan An Nasai no. 2434. Syaihk Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Dan dari ‘Abbas radhiyallahu’anhuma, beliau berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يُفْطِرُ أَيَّامَ الْبِيضِ فِي حَضَرٍ وَلَا سَفَرٍ

Artinya: “Rasulullah ﷺ biasa berpuasa pada ayyamul bidh ketika tidak bepergian maupun ketika bersafar.” (HR. An Nasai no. 2347. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan  hadits ini hasan)

 

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

anjuran puasa 3 hari setiap bulanSeperti yang kita ketahui, berpuasa memiliki keutamaan-keutamaan seperti dapat meningkatkan iman kita kepada Allah SWT dan pula dapat menjaga kesehatan tubuh. Karena dapat menjaga gula darah dan asupan makanan yang berlebihan didalam tubuh. selain itu, berikut manfaat berpuasa bagi tubuh:

  1. Menurunkan resiko penyakit-penyakit dalam tubuh

Berpuasa dapat menetralisir gula darah dan lemak yang menumpuk didalam tubuh. tubuh yang diajak beraktifitas dalam keadaan puasa itulah yang menurunkan gula dan lemak yang dkeluarkannya melalui keringat, urin dan juga ketika buang air besar.

 

  • Resiko diabetes, saat berpuasa tubuh kita akan meningkatkan proses pemecahan glukosa sebagai modal untuk memproduksi energi dalam tubuh. Dan dengan pemecahan glukosa tersebut dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh karena proses tersebut memproduksi insulin dalam tubuh yang mana dapat mengurangi resiko diabetes.
  • Serangan jantung, dengan berpuasa ini tunuh kita mengalami penurunan tingkat trigserida (TG) hingga rata-rata 15% dan penurunan kolesterol low density liporprotein (LDL) hingga 10% yang merupakan salah satu faktor resiko penyebab terjadinya serangan jantung.
  • Penyakit ginjal, hal ini dikarenakan berkurangnya konsumsi air selama berpuasa seharian.
  • Darah tinggi, dikarenakan saat berpuasa produksi hormone dalam tubuh akan lebih terkontrol seperti hormone adrenalin yang menyebabkan kenaikan tekanan darah dalam tubuh.
  • Resiko plak jantung, saat berpuasa, asupan lemak jahat pada tubuh akan berkurang. Dengan berkurangnya asupan lemak jahat tersebut maka jantung kita akan lebih sehat dan terhindar dari resiko plak jantung.
  1. Dapat memperpanjang umur.
  2. Mengistirahatkan saluran pencernaan.
  3. Dapat mengurangi lemak.
  4. Detoksifikasi tubuh.
  5. Meningkatkan system imunitas tubuh untuk melawan penyakit.
  6. Membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Selain perintah Nabi Muhammad ﷺ puasa ayyamul bidh juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. namun, dikecualikan berpuasa pada tanggal 13 Dzulhijjah atau hari tasyriq yang merupakan berpuasa dihari itu diharamkan.

Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk Anjuran Puasa 3 Hari Di Setiap Bulan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Anjuran Puasa 3 Hari Di Setiap Bulan

wanita muslimah

19 Pintu Kebaikan Pembuka Jalan Bagi wanita

T 23 March 2018 F , A WP-YNI

Wanita bagi pandangan Rasulullah ialah kaum hawa, yang dimana Rasulullah angkat derajatnya pada saat jaman jahiliyah. Dijaman tersebut wanita tidaklah memiliki martabat atau harga diri. Mereka tidak dianggap layaknya manusia atau seorang wanita yang harus dilemah lembutkan, dihormati, atau dihargai... Selengkapnya

apa itu qurban dan apa keutamaannya

Apa Itu Kurban? Dan Apa Keutamaannya?

T 20 July 2018 F A WP-YNI

Qurban berasal dari bahasa Arab yakni “Qurban” yang artinya dekat (قربان). Kurban dalam islam juga disebut dengan Al-Udhhiyah dan Adh-dhahiyyah yang artinya binatang sembelihan, seperti unta, sapi atau kerbau, dan kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari-hari... Selengkapnya

SYARAT-SYARAT SAH DAN RUKUN WUDHU

Syarat-Syarat Sah Dan Rukun Berwudhu

T 13 February 2019 F , , A WP-YNI

Syarat-Syarat Sah Dan Rukun Berwudhu Wudhu merupakan perihal yang wajib dilakukan sebelum shalat. Wudhu sama dengan bersuci atau membersihkan diri dari kotoran atau najis-najis kecil yang menempel dikulit. Yang mana apabila bagus dan tertib wudhu kita insyaAllah shalat kita akan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00