Beranda » Agama Islam » Amalan Pada 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan

Amalan Pada 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan

T Diposting oleh pada 6 June 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 347 kali

Sudah memasuki waktu 10 hari terakhir ramadhan, hendaklah kita lebih berkutat diri dengan mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Karena pada 10 malam terakhir dibulan ramadhan Allah menurunkan begitu banyak keutamaan. Maka sangat disayangkan bila kita melewati 10 malam terakhir dibulan ramadhan ini dengan sia-sia.

Lalu, apa yang Allah siapkan di 10 malama terakhir dibulan Ramadhan? Allah SWT menyiapkan satu malam yang sangat diistimewakan. Dimana malam tersebut lebih baik dari seribu bulan  yang dimana Allah SWT turun dengan membawa Rahmat-Nya ialah malam lailatul qadar. Rahmat bagi mereka yang mengingat dan menyebut dan bangun malam untuk beribadah kepadanya.

Malam lailatul qadar itu sendiri memiliki tanda-tanda tersendiri. Maka akan sangat terasa bagi mereka yang telah melewati malam lailatul qadar tersebut. Isilah malam-malam ramadhan dengan banyak membaca Al-Qur’an, Sholat malam, berzikir kepada Allah, berdoa memohon ampunan kepada-Nya atas segala dosa-dosa yang telah diperbuat dan meminta keberkahan ramadhan turun kepada dirinya dan keluarganya.

amalan di 10 hari terakhir ramadhan

Amalam-Amalan Pada 10 Malam Terakhir Dibulan Ramadhan

Dalam hadist-hadist banyak disebutkan kondisi Nabi SAW di 10 hari terakhir ramadhan.  “Pada sepuluh terakhir bulan Ramadhan Rasulullah SAW lebih giat beribadah melebihi hari-hari sebelumnya.” (HR. Muslim no. 2009). Nabi Muhammad SAW sudah mengajarkan kita umatnya bagaimana menghadapi malam-malam terakhir dibulan ramadhan, ialah dengan beribadah kepada dengan bersungguh-sungguh. Maka ikutilah apa yang telah diajarkan oleh Nabi SAW.

Berikut amalan-amalan pada 10  hari terakhir Ramadhan

  1. Lebih bersungguh-sungguh dalam beribadah

Pada 10 hari terakhir ramadhan dianjurkan bagi seluruh umat muslim untuk memperbanyak ibadah dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakannya. Karena dimalam-malam terakhir ramadhan Allh turunkan rahmatNya lewat malam lailatul qadar. Ajaklah seluruh keluarga untuk lebih giat lagi beribadah kepada Allah SWT.

  1. I’tikaf dimasjid

I’tikaf sebenarnya dapat dilakukan kapan saja, namun sangat dianjurkan untuk lebih ditekankan pada bulan Ramadhan ini apalagi menjelang malam-malam terakhrir dibukan Ramadhan. Seperti yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, dari Aisyah radhiyallahu’Anha, ia berkata: “Nabi Shallallahu’alaihi wassalam  selalu melakukan i’tikaf pada sepuluh hari terkakhir bulan Ramadhan sampai Allah mewafatkan beliau.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  1. Memperbanyak sholat malam

Menghidupi malam-malam di hari terakhir bulan ramadhan sangat dianjurkan, selain melakukan shalat lima waktu dan shalat sunah terawih kita juga dapat melakukan shalat malam pada malam harinya. Dari sebuah hadits dijelaskan yang artinya, “Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari)

  1. Memperbanyak berdoa

Disunahkan untuk memperbanyak doa dibulan ramadhan, terutama dihari-hari terakhir bulan ramadhan. Suatu ketika Nabi SAW ditanya oleh istri beliau, Aisyah ra, “Wahai Rasulullah, apa pendapatmu jika aku mengetahui suatu malam adalah lailatul qadar. Apa yang mesti aku ucapkan saat itu?” maka Beliau menjawab, “Katakanlah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni’ (Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku).” (HR. Tirmidzi, shahih)

  1. Bersungguh-sungguh dalam meraih malam lailatul qadar

Pada penghujung bukan Ramadhan, tepatnnya di 10 hari terakhir dibulan Ramadhan terdapat lailatul qadar. Merupakan malam yang sangat mulia, malam dengan penuh keberkahan yang mana pahala ibadah seorang hamba akan dilipatgandakan. Bahkan Allah SWT menjelaskan bahwa lailatul qadar itu malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Allah SWT berfirman yang artinya, “ Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan, dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliann itu lebih baik dari serubu bulan.” (QS. Al-Qadr : 1-3)

  1. Banyak membaca Al-Quran

Karena malam lailatul qadar sangat erat kaitannya dengan malam turunnya Al-Quran (Nuzulul Qur’an) maka sangat dianjurkan bagi kita umat muslim untuk banyak membaca Al-Qur’an yang mana akan menjadi syafaat bagi kita diakhirat kelak.

 

Berlomba-lomba Meraih Keutamaan Di 10 Hari Terakhir Ramadhan

Dalam musnad Imam Ahmad bin Hanbal, disebutkan bahwa pada dua puluh hari pertama )dari bulan ramadhan) Nabi SAW menyatukan antara tidur dan shalat. Dan apabila telah memasuki sepuluh (terakhir) beliau bersungguh-sungguh, dan mengencangkan sarungnya.” (HR. Ahmad no: 23254)

Kseungguhna dan perhatian besar untuk ibadah disepuluh terakhir ramadhan juga dalam rangka meraih  keutamaan malam lailatul qadar yang merupakan malam istimewa, malam yang diagungkan karena malam itu lebih baik dari seribu bulan. Dan Nabi berwasiat mengenai hal ini, “Carilah lailatul al-qadri disepuluh terakhir ramadhan. (HR. Bukhari no. 1880).

Hendaklah kita berlomba-lomba dalam meraih keutamaan malam lailatul qadar yang terdapat di 10 hari terakhir dibulan ramadhan. Semoga kita termasuk kedalama orang-orang yang bersungguh-sungguh untuk meraih kemuliaan lailatul qadar dan ikhlas melakukan karena hanya mengharap ridho dan ampunanNya. Aamiin YRA

Belum ada Komentar untuk Amalan Pada 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Amalan Pada 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan

Berdoa

Pantaskah Do’a Kita Dikabulkan Oleh Allah?

T 6 March 2018 F A WP-YNI

Doa merupakan jalur penghubung antara kita sebagai sosok hamba yang lemah, kepada Allah SWT, tuhan semesta alam yang maha kaya, luhur serta abadi. Doa adalah sebuah aktifitas yang tidak hanya bernilai ibadah, akan tetapi doa tersebut merupakan salah satu koridor... Selengkapnya

lailatul qodr

Lailatul Qodr Ibadah Malam Seribu Bulan

T 2 July 2016 F A Yayasan Nurul Ihsan

Lailatul Qodr atau para ulama sering menyebutnya Malam Seribu Bulan. Artinya Ibadah kita pada malam lailatul qord bernilai seribu bulan kita beribadah, yang jika kita hitung kurang lebih 83 tahun. Sungguh luar biasa amalan di malam Lailatul Qodr. Semoga kita... Selengkapnya

Amalan yang dapat dilakukan wanita ketika dalam keadaan haid dibulan ramadhan

Bagaimana Tetap Meraih Pahala Dalam Keadaan Haid Dibulan Ramadhan?

T 4 June 2018 F A WP-YNI

Bulan Ramadhan merupakan kesempatan bagi seluruh umat muslim untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya. Bagaimana tidak? Dibulan suci tersebut pahala yang kita dapatkan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Maka tak heran banyak umat muslim yang berlomba-lomba meraih pahala yang besar agar... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00