Beranda » Agama Islam » Amalan-Amalan Istimewa Pada Hari Jum’at

Amalan-Amalan Istimewa Pada Hari Jum’at

T Diposting oleh pada 2 March 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 588 kali

Hari jum’at merupakan hari yang istimewa bagi kaum muslim. Kenapa demikian? Karena di hari jum’at akan dilaksanakannya Shalat jum’at untuk kaum adam. Namun bukan hanya itu,di hari jum’at pula banyak kaum muslimin yang ingin memperoleh berkah jum’at dengan melakukan amalan-amalan pada hari jum’at. Karena amalan-amalan pada hari jum’at mendatangkan keberkahan dan pahala yang amat besar.

Pasti kita sudah mengetahui tentang hal ini, namun ada sebagian orang yang belum mengetahui makna hari jum’at bagi kaum muslimin itu sendiri. Yang mengatakan bahwa hari jum’at ialah hari yang sama seperti hari-hari lainnya,namun di hari jum’at  Allah jadikan hari tersebut terjadinya suatu peristiwa besar.

jum'at berkah

Dan disebutkan dalam sebuah hadits, “ Hari terbaik dimana matahari terbit dihari itu adalah hari jum’at. Dihari itu Adam diciptakan, dihari itu pula Adam dimasukkan kedalam surga dan juga dikeluarkan dari surga. Dan kiamat tidak akam terjadi kecuali pada hari jum’at”. (HR. Muslim). Sungguh Maha Besar Allah atas segala kekuasaannya. Namun, amalan-amalan apa sajakah yang dimaksud tersebut. Mari kita simak bersama.

Amalan – Amalan Yang Rasulullah Lakukan Pada Hari Jum’at

Begitu banyak pahala yang kita peroleh dengan amalan-amalan pada hari jum’at. Banyak kaum muslimin yang berlomba melakukan kebaikan pada hari jum’at. Berikut amalan-amalan pada hari Jum’at :

  • Membersihkan Diri

Membersihkan diri pada hari jum’at bukan berarti hanya dihari ini saja kita membersihkan diri kita. Karena dimaksudnya membersihkan diri pada hari jum’at diibaratkan mandi janabah. Di jelaskan dalam sebuah hadits  “Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari jum’at, maka ia mandi seperti mandi janabah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Bagi kaum Adam sendiri hari jum’at ialah hari untuk menjalankan shalat jum’at maka dari itu maka amat perlu membersihkan diri kita ketika sebelum shalat jum’at.

  • Memperbanyak Berdoa

Waktu yang paling mustajab untuk berdoa memang pada hari jum’at,karena dihari tersebut besar kemungkinan doa kita dimaqbul oleh Allah. Seperti pada penjelasan sebuah hadits, Dari Abu Hurairah ra,  “ Rasulullah SAW membicarakan mengenai hari jum’at lalu ia bersabda, Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, maka pasti diberikan apa yang ia minta” lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebenarnya waktu tersebut. (HR. Bukhari no. 935 dan Muslim no. 852, dari sahabat Abu Hurairah)”

  • Memperbanyak Sholawat Nabi

Bershalawat kepada Nabi dapat kita lakukan dimanapun dan kapanpun,namun ada keistimewaan pada hari jum’at dimana kita sangat dianjurkan untuk bershalawat kepada Nabi,seperti dijelaskan pada sebuah hadits, Dari Abu Umamah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, “ Perbanyaklah sholawat kepadaku pada setiap jum’at. Karena Shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barang siapa yang banyak bershalawat kepadaku,dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan ligoirihi -yaitu hasan dilihat dari jalur lainnya-. Lihat Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1673) .

  • Membaca Surah Al – Kahfi

Amalan istimewa yang dianjurkan pada hari jum’at ialah membaca Surah Al – Kahfi. Hal ini didasari pada sebuah hadits , dari Abu Sa’id al-Khudri ra, “Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua jum’at.” (HR. Al-Hakim : 2/368 dan Al-baihaqi : 3/249. Ibnul Hajar mengomentari hadits ini dalam Takhrij al-adzkar, “Hadits hasan.” .”Beliau menyatakan bahwa hadits ini adalah hadits paling kuat tentang surat Al-Kahfi. Syaikh Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih al-Jami’, no. 6470)

  • Membaca Surah Al-Ikhlas, An-Nas, Al-Falaq masing-masing 7 kali

Adapun selain amalan-amalan lain seperti yang telah disebutkan sebelumnya,terdapat  1 perbuatan lagi pada hari jum’at yakni membaca Surah Al-Ikhlas, An-Nas dan Al Falaq masing-masing tujuh kali pengulangan. Pembacaan surah-surah ini dapat dilakukan setelah salam atau sesudah shalat. Karena memiliki keutamaan yang luar biasa,yakni bisa menjadi sebab turunnya ampunan dari Allah SWT.

Dianjurkannya Melakukan Amalan Jum’at Dengan Istiqomah

Setelah mengetahui banyaknya hikmah yang tersimpan pada hari jum’at,maka tentu kita akan melaksanakan amalannya. Sunnah jum’at ini selalu dilakukan oleh nabi Muhammad SAW sebagai tanda cintanya kepada Allah SWT. Banyak sunnah-sunnah yang Rasulullah ajarkan lainnya yang dilakukan pada hari tersebut yaitu dengan memotong kuku,mencukur rambut,memakai wewangian & berpakaian rapih.

Amalan-amalan yang Rasulullah lakukan sungguh mudah dilakukan namun iblis sudah pasti mengganggu kita dan menggoda kita agar lalai melakukannya, maka berat kita lakukan amalan tersebut. Maka selalu niatkan dalam hati lakukan dengan mengharap Ridha dan RahmatNya,agar kita tetap istiqomah menjalankan amalan-amalan jum’at tersebut.

Bahkan bukan hanya ampunan dari Allah yang kita dapat, Allah juga memberikan pahala yang besar, menjaga diri, keluarga dan harta kita.

Dari sinilah kemudian disunahkan atau anjuran membaca surah-surah tersebut.

Semoga kita tetap istiqomah pada kebaikan dan Allah maha mengetahui segalanya.

Aamiin…

 

Belum ada Komentar untuk Amalan-Amalan Istimewa Pada Hari Jum’at

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Amalan-Amalan Istimewa Pada Hari Jum’at

Shalat Tarawih

Keutamaan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan

T 28 May 2018 F A WP-YNI

Shalat tarawih merupakan shalat sunnah yang hanya ada dibulan suci Ramadhan. Shalat sunnah ini dilaksanakan ba’da Shalat Isya yang terdiri dari 23 Rakaat. Shalat tarawih merupakan shalat sunah dengan segudang pahala. Shalat tarawih ini memiliki pahala yang sangat luar biasa... Selengkapnya

Amalan yang dapat dilakukan wanita ketika dalam keadaan haid dibulan ramadhan

Bagaimana Tetap Meraih Pahala Dalam Keadaan Haid Dibulan Ramadhan?

T 4 June 2018 F A WP-YNI

Bulan Ramadhan merupakan kesempatan bagi seluruh umat muslim untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya. Bagaimana tidak? Dibulan suci tersebut pahala yang kita dapatkan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Maka tak heran banyak umat muslim yang berlomba-lomba meraih pahala yang besar agar... Selengkapnya

Tidur cara Nabi SAW

Tidur Penuh Manfaat Ala Nabi Muhammad SAW

T 28 February 2018 F , A WP-YNI

Tidur ialah salah satu aktifitas rutin yang dilakukan setiap makhluk hidup termasuk manusia. Tidur berfungsi menenangkan dan merelekskan tubuh. Aktifitas ini sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia karena pastinya selama seharian kita beraktifitas tubuh perlu istirahat  dan alat-alat vital tubuh... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00