Beranda » Agama Islam » Adakah Amalan dibulan Dzul Qo’dah Dalam Islam?

Adakah Amalan dibulan Dzul Qo’dah Dalam Islam?

T Diposting oleh pada 4 July 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 255 kali

Dari Abu Bakrah ra, Nabi SAW bersabda: “Sesungguhnya zaman berputar sebagaimana ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun ada dua belas bulan. Diantaranya ada empat bulan haram(suci), tiga bulan berurutan: Dzul Qo’dah, Dzulhijjah, dan Muharram, kemudian bulan Rajab suku Mudhar, antara jumaidi Tsani dan Sya’ban.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Anas bin malik ra, ia mengatakan: “Nabi SAW melakukan umrah sebanyak empat kali, semuanya dibulan Dzul Qo’dah, kecuali umrah yang dilakukan bersama hajinya. Empat umrah itu adalah umrah Hudaibiyah dibulan Dzul Qo’dah, umrah tahun depan dibulan Dzul Qo’dah” (HR. Bukhari)

Dari dua hadis Shahih diatas, tidak disebutkan amalan-amalan khusus ataupun sunahnya  dibulan Dzul Qo’dah. Hanya menyebutkan bahwa bulan Dzul Qo’dah termasuk kedalam bulan suci selain Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Namun, walaupun tidak ada amalan-amalan khusus beramal shaleh seperti biasa, melaksanakan kewajban sebagai seorang muslim, terus meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT.

 

Mengenal Bulan Haram Dan Asal Penamaan

Asal penamaan bulan Dzul Qo’dah ialah bulan kesebelas dalam penanggalan islam kalendar hijriyah. Dzul Qo’dah merupakan bulan suci yang dimana mendapat larangan untuk berperang. Makna kata Dzul Qo’dah adalah ‘Penguasa Gencatan Senjata’ sebab pada saat itu bangsa Arab menghindari peperangan pada bulan ini.

Secara bahasa, Dzul Qo’dah terdiri dari dua suku kata: Dzul, yang artinya ‘sesuatu yang memiliki’ dan Al Qo’dah, yanga artinya ‘tenpat yang diduduki’. Disebut bulan Dzul Qo’dah, karena pada bulan ini kebiasaan masyarakat Arab duduk (tidak bepergian) didaerah mereka dan tidak melakukan perjalanan atau peperangan. (Al Mu’jam Al Wasith, kata: Al Qo’dah)

Dan bulan Dzul Qo’dah memiliki nama lain. Diantaranya ialah, orang Jahiliyah menyebut bulan ini dengan Waranah. Ada juga orang Arab yang menyebut bulan ini dengan nama: Al Hawa’. (AL Mu’jam Al Wasith, kata: Waranah atau Al Hawa’)

Ayat Al-Qur’an yang menjelaskan bahwa bulan Dzul Qo’dah ialah termasuk kedalam  bulan-bulan haram.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan disisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah diwaktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya (terdapat) empat bulan haram. Itulah ketetapan agama yang lurus, maka janganlah kalian mendhalimi diri kalian sendiri dalam bulan yang empat itu. Dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kalian semua. Ketahuilah bahwasanya Allah bersama-sam orang yang bertaqwa.” (QS. At Taubah : 36)

adakah amalan amalan dibulan Dzulqodah

Masyarakat Jailiyah terdahulu di Bulan Dzul Qo’dah

Masyarakat Arab sangat menghormati bulan-bulan haram, baik dimasa Jahiliyah maupun dimasa Islam, termasuk diantaranya DzulQo’dah. Dimasa Jahiliyah, bulan Dzul Qo’dah merupakan kesempatan untuk berdagang dan memamerkan syair-syair mereka.

Mereka mengadakan pasar-pasar tertentu menngelar pamer syair, pamer kehormatan, suku dan golongan sambil berdagang disekitar Mekkah, kemudian selanjutnnya mereka melaksanakan ibadah haji.

Bulan ini menjadi bulan aman bagi semuanya, satu sama lain tidak boleh saling mengganggu. (Khazanatul Adab, 2/272).

Ada sebagian pasar yang menggelar pasar mereka dibulan Dzul Qo’dah, diantaranya adalah pasar Ukkadz yang terletak sekitar 10 mil dari Thaif ke arah Nakhlah. Pasar Ukkads diadakan sejak hari pertama Dzul Qo’dah hingga hari kedua puluh. (Al Mu’jam Al Wasith, kata: Ukkadz). Setelah pasar Ukkadz selesai, mereka menggelar pasar Majinnah ditempat lain. Pasar ini digelar selama 10 hari setelah selesainya pasar Ukkadz. Setelah selesai berdagnag dan pamer syair, selanjutnya mereka melaksanakan ibadah haji. (Al Aqdul Farid, 2/229)

 

Belum ada Komentar untuk Adakah Amalan dibulan Dzul Qo’dah Dalam Islam?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Adakah Amalan dibulan Dzul Qo’dah Dalam Islam?

ramadhan di rusia

Melihat Kemeriahan Ramadhan Di Berbagai Negara (bag.1)

T 12 June 2017 F , A Yayasan Nurul Ihsan

Shoum atau Puasa adalah salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan kaum muslimin di seluruh dunia  ketika datang bulan Ramadan. Ibadah ini tidak cuma menahan lapar dan haus  saja, tetapi juga upaya menahan hawa nafsu. Kewajiban ini adalah salah satu bentuk... Selengkapnya

maulid nabi

Sejarah, Arti, Makna Dan Hikmah Maulid Nabi Muhammad

T 6 February 2017 F , A Admin Web YNI

  Peringatan Maulid Nabi pertama kali dilakukan oleh Raja Irbil (wilayah Irak sekarang), bernama Muzhaffaruddin Al-Kaukabri, pada awal abad ke 7 Hijriyah. Ibn Katsir dalam kitab Tarikh berkata: Sultan Muzhaffar mengadakan peringatan Maulid Nabi pada bulan Rabi’ul Awal. Dia merayakannya... Selengkapnya

yayasan anak yatim di jakarta timur

Pengertian Akhlak Menurut Bahasa dan Istilah

T 10 March 2017 F A Admin Web YNI

Akhlak adalah kata jamak dari kata khuluk, berasal dari bahasa Arab yang berarti perangai, tingkah laku, atau karakter. Tiga ahli di bidang akhlak, yaitu Ibnu Miskawaih, Al Ghazali, dan Ahmad Amin menyatakan bahwa moralitas adalah temperamen yang melekat dari seseorang... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00