Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Keutamaan Banyak Bersedekah Di Bulan Ramadhan

Keutamaan Banyak Bersedekah Di Bulan Ramadhan

T Diposting oleh pada 30 May 2018
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1025 kali

Sedekah di bulan ramadhan sangatlah dianjurkan. Bagaimana tidak, keutamaan dibulan ramadhan merupakan alasan terbaik orang mukmin untuk memperbanyak sedekah.  Rasulullah SAW merupakan manusia yang sangat bersemangat dalam berbuat kebaikan. Dari Ibnu Abbas Radhiallahu’anhuma, ia berkata:

“Nabi SAW adalah orang yang paling gemar bersedekah. Semangat beliau dalam bersedekah lebih membara lagi ketika bulan Ramadhan. Tatkala itu Jibril menemui beliau. Jibril menemui beliau setiap malamnya dibulan Ramadhan. Jibril mengajarkan Al-Qur’an kala itu. Dan Rasul SAW adalah yang paling semangat dalam melakukan kebaikan bagai angin yang bertiup.” (HR. Bukhari : 3554 dan Muslim : 2307)

Dan ini bukan hanya perintah Nabi Muhammad SAW namun, termasuk perintah Allah SWT. Karena kedermawanan merupakan salah satu dari sifat Allah Ta’ala.

“Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi). Dan diteruskan oleh sabda Nabi Shallallahu’alaihi wassalam yang artinya, “Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang dibawah. Tangan diatas adalah orang yang memberi dan tangan yang dibawah adalah orang yang meminta.” (HR. Bukhari dan Muslim)

bersedekah dibulan ramadhan

Alasan Dianjurkannya Banyak Bersedekah Dibulan Ramadhan

Tak dapat dielakkan, bulan Ramadhan merupakan bulan dengan pahala yang Allah siapkan dengan berlipat ganda. Lalu apa sajakah alasan lainnya? Berikut uraiannya.

  1. Bulan Ramadhan adalah waktu yang mulia dan pahal berlipat ganda pada bulan tersebut.
  2. Berderma dibulan ramadhan sama saja dengan membantu orang yang berpuasa. Dan orang yang membantu tersebut mendapat pahala seperti pahala mereka yang beramal.

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikitpun juga.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad)

  1. Digabungkannya puasa dan sedekah merupakan sebab seseorang dimudahkan masuk surga.

Dari Ali, ia berkata bahwa Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya disurga ada kamar yangn luasnya bisa dilihat dari  dalamnya dan dalamnya bisa dilihat dari luarnya.” Lantas orang Arab Badui ketika mendengar hal itu langsung berdiri dan berkata, “Untuk siapa keistimewaan-keistimewaan tersebut wahai Rasulullah?” Beliau bersabda, “Itu disediakan bagi orang yang berkata yang baik, memberi makan(kepada yang butuh), rajin berpuasa dan melakukan shalat dimalam hari ketika manusia terlelap tidur.” (HR. Tirmidwzi dan Ahmad)

  1. Didalam berpuasa pasti ada kekurangannya, maka sedekah merupakan penutup dari kekurangan tersebut. Oleh karena itu, diakhir ramadhan disyariatkan untuk seluruh kaum muslimin agar menunaikan zakat fitrah. Bertujuan mensucikan orang yang berpuasa. Dari Ibnu Abbas radiyallahuanhuma, ia berkata “Rasulullah Shallallahu’alaihi wassalam mewajibkan zakat fitrah untuk menyucikan orang yang berpuasa dari kata-kata yang sia-sia dan dari kata-kata kotor, juga untuk memberi makan kepada orang miskin.” (HR. Abu Daud : 1609 dan Ibnu Majah : 1827)
  2. Dibulan Ramadhan, Allah SWT beri kasih sayang dan berderma kepada hamba-hamba –Nya dengan memberikan rahmat, ampunan dan dibebaskan dari api neraka, terlebih lagi pada malam Lailatul Qadar
  3. Disyairatkan banyak berderma ketika puasa seperti memberi makan buka puasa adalah agar orang kaya dapat merasakanorang yang biasa menderita lapar sehingga mereka pun dapat membantu orang yang sedang kelaparan. Oleh karena itu sebagian ulama teladan dimasa silam ditanya, “kenapa kita diperintahkan untuk berpuasa?” Jawab mereka, “Supaya yang kaya dapat merasakan penderitaan orang yang lapar. Itu supaya ia tidak melupakan deritanya orang lapar.” (Lathaif Al-Ma’arif hal 300)

 

Imam Syafi’i rahimahullah berkata, “Aku sangat senang ketika melihat ada yang bertambah semangat mengulurkan tangan membantu orang lain dibulan Ramadhan karena meneladani Rasulullah SAW, juga karena manusia saat puasa sangat-sangat membutuhkan bantuan dimana mereka telah tersibukkan dengan puasa dan shalat sehingga sulit untuk mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan mereka. Contoh ulama yang seperti itu adalah Al-Qadhi Abu Ya’la dna ulama Hambali lainnya.” (Latahif Al-Ma’arif hal 301)

Semoga tangan dan kaki kita selalu ringan dalam berbuat kebaikan. Dan apapun kebaikan yang kita lakukan semata-mata hanya mengharapkan Allah SWT.

Pencarian dari Google :

Belum ada Komentar untuk Keutamaan Banyak Bersedekah Di Bulan Ramadhan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Keutamaan Banyak Bersedekah Di Bulan Ramadhan

Penyebab Kaum Muslimin Banyak Telat Shalat Subuh

Penyebab Kaum Muslimin Banyak Telat Shalat Subuh

T 22 March 2019 F , A WP-YNI

Seperti yang telah kita ketahui bersama,  bila kita melihat masjid yang begitu megah-megah namun memiliki jamaah yang sedikit. Terutama, saat waktu shalat subuh. Ini merupakan kondisi kaum muslimin saat ini yang dimana tidak bisa didiamkan saja. karena sedikit kaum muslimin... Selengkapnya

Anak Yatim

Pengertian Dan 8 Keutamaan Memuliakan Anak Yatim

T 19 February 2018 F A WP-YNI

Agama Islam adalah agama yang mengajarkan kedamaian. Dalam agama islam kita selalu diajarkan untuk saling menyayangi dan menolong kepada sesama, terutama pada anak yatim. Allah SWT menciptakan manusia sebagai makhluk sosial,ialah makhluk yang saling membutuhkan satu sama lain. Karena kita... Selengkapnya

Bulan Syawal _ Dianjurkan Menikah Bagi Akhwat Dan Ikhwan

Bulan Syawal : Dianjurkan Menikah Bagi Akhwat Dan Ikhwan

T 25 June 2019 F A WP-YNI

Bulan Syawal merupakan bulan yang istimewa, karena dibulan Syawal tanggal 1 merupakan hari raya umat islam seluruh dunia. Selain itu dibulan Syawal juga terdapat perintah untuk melaksanakan puasa sunah syawal selama 6 hari dibulan syawal yang dimana didalamnya memiliki keutamaan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00