Beranda » Agama Islam » 8 Macam Amalan Dibulan Suci Ramadhan

8 Macam Amalan Dibulan Suci Ramadhan

T Diposting oleh pada 22 May 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 305 kali

Bulan suci Ramadhan merupakan bulannya kaum muslimin berlomba-lomba untuk mengais banyak pahala. Mereka umat muslim bergembira dengan datangnya bulan suci ini karena mereka dapat bertemu lagi dengan bulan nan mulia tersebut. Bahkan para sahabat nabi terdahulu diberi kabar oleh Rasulullah SAW atas kedatangan bulan suci Ramadhan.

Dari Abu Huraira ra, ia berkata, yang artinya “Rasulullah SAW memberi kabar gembira kepada para sahabatnya dengan bersabda:

“Telah datang padamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah SWT mewajibkan kepadamu puasa didalamnya, pada bulan ini pintu-pintu surge dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan dibelenggu, juga terdapat dalam bulan ini malam yang lebih baik dari seribu blan, barang siapa yang tidak memperoleh kebaikannya, maka ia tidak memperoleh apa-apa.” (HR. Ahmad dan Nasai)

Maka hendaklah kita jangan menyia-nyiakan bulan ini, bulan yang dimana keberkahan melimpah keseluruh alam semesta. Yang dimana apabila kita melakukan amal baik maka pahala baginya dilipat gandakan. Lalu apa saja amalan-amalan yang dapat kita kerjakan dibulan ramadhan ini? Berikut beberapa ulasannya.

Amalan dibulan puasa

Macam-Macam Amalan Dibulan Ramadhan

Berikut beberapa amalan-amalan yang dianjurkan dilakukan pada bulan Ramadhan:

  1. Menghatamkan Al-Qur’an

Bulan ramadhan merupakan bulan turunnya Al-Qur’an, maka sangat dianjurkan bagi kita umat muslimin untuk banyak membaca Al-Qur’an hingga menghatamkannya. Seperti firman Allah SWT yang berbunyi, yang artinya, “Bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembela (antara yang hak dan yang bathil)” (QS. Al-Baqarah : 185)

Bahkan Rasulullah SAW memperbanyak membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan, seperti yang diceritakan oleh Aisyah ra, berkata, yang artinya, “Saya tidak pernah mengetahui Rasulullah SAW membaca Al-Qir’an semuanya, shalat sepanjang malam, dan puasa sebulan penuh, selain dibulan Ramadhan.” (HR. Ahmad). Karena membaca satu huruf pada Al-Qur’an bernilai satu kebaikan.

  1. Mengerjakan Shalat Tarawih Secara Berjamaah

Shalat tarawih merupakan shalat sunah yang Rasulullah kerjakan disaat Ramadhan, namun Rasulullah SAW tidak membebani umatnya untuk mengerjakan shalat sunah tersebut. Dari Aisyah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya kedudukan kalian tidaklah sama bagiku, aku khawatir ibadah ini diwajibkan kepada kalian, lalu kalian tidak sanggup melaksanakannya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Namun, bila kita mengetahui pahala yang kita dapat pada setiap kali kita melaksanakan shalat terawih maka sangat disayangkan bila ditinggalkan.

  1. Menghidupkan Malam Lailatul Qadar

Malam lailatul qadar merupakan malam yang dimana diturunkannya Al-Quran. Maka itu, malam lailatul qadar sendiri ialah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Seperti yang telah dikatakan dalam Al-Quran, Allah Berfirman yang artinya, “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al-Qadar :3)

Dn malam lailatul qadar merupakan malamnya pelebur dosa-dosa dimasa lalu, Rasulullah SAW bersabda: “Dan barang siapa yang beribadah pada malam lailatul qadar semata-mata karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa-dosanya yang terdahulu.” (HR. Bukhari )

  1. Memperbanyak sedekah

Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan dalam semasa hidup beliau, apalagi dibulan Ramadhan , beliau lebih pemurah lagi. Seperti dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya, “Sebaik-baik sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan” (HR. Tirmidzi).

  1. Memperbanyak i’tikaf

I’tikaf ialah berdiam diri disuatu tempat untuk beribadah kepada Allah SWT, i’tikaf biasa dilakukan dimasjid. Seperti yang dilakukan Rasulullah SAW, Nabi mengajak para istrinya untuk beritikaf dimasjid,diceritakan oleh Aisyah RA, “Sesungguhnya Nabi SAW selalu i’tikaf pada sepuluh hari terkahir dari bulan Ramadhan sampai meninggal dunia, kemudian istri-istri beliau beri’tikaf sesudah beliau.” (HR. Muttafaqun alaih)

  1. Berpuasa pada bulan Ramadhan

Bila kita sudah mengerjakan hal-hal tersebut diatas, pastikanlah diri kita dalam keadaan  berpuasa, karena berpuasa merupakan salah satu dari rukun islam. Dan barang siapa yang bersungguh-sungguh puasa karena Allah Ta’ala maka Allah akan menghapus dosa-dosanya. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang berpusa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa-dosanya telah lalu.” (HR. Muttafaqun alaih)

  1. Melaksanakan Umrah

Umrah kala di bulan Romadhon ialah seperti pahalanya orang yang berhaji bersama Rasulullah SAW. Beliau bersabda, “Umrah pada bulan Ramadhan seperti haji bersamaku.”

  1. Memperbanyak berbuat kebajikan

Berbuat kebaikan dibulan puasa sangat berpahala, karena dibulan ini segala amal perbuatan kita dilipat gandakan oleh Allah SWT. Maka berbuat baiklah dalam segala hal apapun walaupun itu terlihat kecil dan tidak berarti dimata kita, tapi pasti sangat berharga bagi mereka.

 

Keuntungan Dari Pengaplikasian Amalan Baik Dibulan Ramadhan

Jadikanlah bulan ramadhan ini sebagai peningkatan iman, peningkatan taqwa serta peningkatan amal kita kepada Allah SWT. Kita dapat juga memperbaiki hubungan kita kepada saudara kita dengan menyambung tali silaturahim. Karena dengan menyambung tali silaturahim maka Allah panjangkan umur kita dan terlimpahnya rizki kita.

Selain menyambung tali silaturahim, mari perbaiki hubungan kita kepada Allah SWT, dengn berzikir, menyebut asma-Nya, dan memohon ampunan atas segala dosa yang telah kita lakukan dimasa lalu. Bila kita mengingat Allah maka Allah pasti akan ingat kepada kita, hambanya selalu menyebut NamaNya, yang selalu bedoa dan memohon pertolongan hanya kepadanya.

Marilah petik hikmahnya, kita ajak seluruh saudara kita, agar dapat memanfaatkan momentum bulan puasa dengan sebaik-baiknya. Agar dapat meningkatkan taqwa dan iman kita kepada Allah SWT, sehingga bersama-sama kita masuk kedalam surga dan dibebaskan dari api neraka.  Aamiin Aamin Ya Robbal’aalamiin

Belum ada Komentar untuk 8 Macam Amalan Dibulan Suci Ramadhan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait 8 Macam Amalan Dibulan Suci Ramadhan

contoh makanan yang halal dimakan

Memakan Makanan Haram Pemicu Jauhnya Keberkahan

T 19 April 2018 F , A WP-YNI

Allah SWT sudah menyiapkan umatnya segala macam makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi oleh segala makhlukNya dimuka bumi ini. Banyak sekali makanan yang dapat kita santap namun harus sesuai dengan syariat islam tentunya, ialah makanan dan minuman halal. Di zaman... Selengkapnya

peringatan nuzulul qur'an

Hikmah Peringatan Malam Nuzulul Qur’an

T 12 June 2017 F , A Yayasan Nurul Ihsan

Peristiwa Nuzulul Quran merupakan anugerah yang luar biasa dari Allah SWT untuk umat manusia. Dari kondisi zulumat (kegelapan) kepada kondisi yang penuh dengan petunjuk Ilahi (Nur), Nabi Muhammad menyampaikan risalah Ilahi secara bertahap mulai dari Mekah hingga terwujudnya Madinah (Ibukota... Selengkapnya

maulid nabi

Sejarah, Arti, Makna Dan Hikmah Maulid Nabi Muhammad

T 6 February 2017 F , A Admin Web YNI

  Peringatan Maulid Nabi pertama kali dilakukan oleh Raja Irbil (wilayah Irak sekarang), bernama Muzhaffaruddin Al-Kaukabri, pada awal abad ke 7 Hijriyah. Ibn Katsir dalam kitab Tarikh berkata: Sultan Muzhaffar mengadakan peringatan Maulid Nabi pada bulan Rabi’ul Awal. Dia merayakannya... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00