Beranda » Agama Islam » Zakat Salah Satu Solusi Pemberantas Kemiskinan

Zakat Salah Satu Solusi Pemberantas Kemiskinan

T Diposting oleh pada 5 April 2018
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 259 kali

Zakat merupakan harta yang wajib kita keluarkan dan memenuhi syarat berdasarkan ketentuan syariat islam. Zakat juga harus disalurkan kepada yang telah ditetapkan. Yaitu ada 8 (delapan) golongan sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Al-Quran surat At-Taubah ayat 60 yang artinya :

“ Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para muallaf yang dibujuk hatinya, untuk budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. At-Taubah : 60)

Hendaklah kita menyalurkan zakat tepat pada sasarannya, bila kita melihat banyak gelandang dipinggir jalan atau anak kecil yang sedang mengamen, sungguh akan teriris hati kita bila melihat masih adanya zakat yang tak zampai pada tempatnya. Karena sesungguhnya, zakat yang kita keluarkan sangat membantu mereka dan pasti mereka mengharapkan adanya sedikit banyaknya makanan atau harta yang mereka bisa miliki.

 

Wajib Hukumnya Membayar Zakat Bagi Yang Mampu

Hukum mengeluarkan zakat bagi kaum muslim ialah wajib bagi yang sudah memenuhi kriteria untuk berzakat. Sangat diwajibkan untuk berzakat seperti yangb dijelaskan dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 43 yang berarti : “ Dirikanlah sholat dan tunaikanlah zakat”. (QS. Al-Baqarah : 43)
Lalu kriteria apa saja bagi muzakki atau muslimin yang wajib mengeluarkan zakat? Berikut kriterianya :

  1. Islam
  2. Merdeka
  3. Berakal dan Baligh
  4. Memiliki Nishab

Zakat

Zakat dibagi menjadi beberapa bagian, zakat maal, zakat penghasilan, zakat emas dan perak, zakat fitrah, zakat profesi, zakat pertanian, zakat perdagangan, zakat hadiah, zakat simpanan, zakat saham dan investasi. Zakat menjadi penanda keislaman seseorang karena berzakat masuk kedalam rukun islam. Seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW yang artinya :

“ Islam didirikan diatas lima hal, yakni bersaksi bahwa tiada Tuhan kecuali Allah dan Muhammad utusan Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, berpuasa dibulan Ramadhan, dan haji ke Baitullah jika mampu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Lalu, bagaimana dengan seorang muslim yang sudah memenuhi kriteria untuk menunaikan zakat namun enggan mengeluarkan sebagian hartanya? Maka Allah SWT akan memberi ganjaran bagi kaum muslimin yang tak mau atau enggan mengeluarkan zakatnya padahal sudah memenuhi kriteria untuk mengeluarkan zakat. Maka ia akan menerima tiga ganjaran atau hukuman yang akan diterimanya :

  1. Hukuman Akhirat : orang yang mengingkari zakat ialah disebut kafir. Imam An-Nawawi menjelaskan tentang seorang muslim yang menhetahui akan kewajiban zakat namun mengingkarinya, maka dengan ingkatrannya itu ia menjadi kafir, berlaku atasnya hukum orang yang murtad, berupa disuruh taubat dan diperangi. Karena kewajiban zakat adalah sesuatu yang sudah diketahui kewajibannya dalam agama.
  2. Hukum duniawi yang ditetapkan oleh Allah, dijelaskan dalam hadits Nabi, “Tidak ada suatu kaum yang menolak zakat, pasti Allah akan uji mereka dengan paceklik (kelaparan dan kekeringan).” (HR. Al-hakim, Baihaqi, dan Thabrani).

Dan dijelaskan dalam hadits lain, “…dan mereka menolak zakat hartanya kecuali para malaikat akan mencegah hujan dari langit, dan jika tidak karena hewan ternak mereka tidak akan diberi hujan.” (HR. Al-Hakim, ibnu Majah, AL-Bazzar, dan Baihaqi).

  1. Sedangkan hukuman bagi pengingkar oleh sekelompok kaum muslimin, maka wajib kita memerangi dan mengambil zakat mereka dengan paksa. Karena, itulah yang dilakukan Abu Bakar ra ketika ada kabilah-kabilah yanng menolak membayar zakat. Abu Bakar berkata, “Demi Allah, aku akan memerangi orang yang membedakan antara shalat dan zakat. Karena sesungguhnya zakat itu adalah hak harta kekayaan. Demi Allah jika mereka menolak memberikan seekor hewan kepadaku, yang pernah mereka berikan kepada Rasulullah SAW, pasti akan aku perangi karena penolakannya itu.” (Al-Jama’ah, kecuali Ibnu Majah)

Hikmah Dan Fungsi Harta Yang Dizakatkan

Zakat merupakan suatu ibadah yang dilakukan oleh seorang muslim untuk meraih ridha Allah, dengan niat yang ikhlas maka zakat kita diterima olehNya. Bukankah dengan itu, maka terealisasikan tujuan kita hidup didunia ini? Yaitu dengan beribadah kepada Allah dengan ikhlas dan mengharap ridhaNya. Dijelaskan dalam Al-Qur’an yang berarti : “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” (QS. Adz-Dzariyat : 56 )

Namun bukan hanya itu, dengan mengeluarkan zakat akan membebaskan kita dari penyakit pelit dan dapat membebaskan kita dari mengagungkan harta. Penyakit tersebut sangat berbahaya bagi manusia yang memilikinya. Karena itu dapat menutup mata dan hati manusia kepada apa yang telah mereka lihat bahkan mereka ketahui.

Dijelaskan dalam ayat Al-Qur’an yang berarti : “ Dan orang-orang yang telah menempati kota mandinah dan telah beriman (ansar) sebelum (kedatangan) mereka (muhajirin), mereka mencintai orang yang berhijrah kepada mereka. Dan mereka tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (orang muhajirin) dan mereka mengutamakan (orang2 muhajirin), atas diri mereka sendiri. sekalipun mereka memerlukan (apa yang mereka berikan itu).dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Lalu apa hikmah lain dari berzakat? Berikut beberapa hikmah lainnya :

  1. Zakat dapat memperkecil kesenjangan
  2. Zakat sangat berperan besar dalam menghapus peminta-minta atau pengemis
  3. Zakat berperan penting dalam perkembangan ekonomi
  4. Zakat dapat mensucikan harta
  5. Zakat dapat melipatgandakan harta yang kita keluarkan
  6. Zakat memberikan ketenangan hidup didunia dan diakhirat

Belum ada Komentar untuk Zakat Salah Satu Solusi Pemberantas Kemiskinan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Zakat Salah Satu Solusi Pemberantas Kemiskinan

keutamaan menuntut ilmu

Janji Allah Bagi Manusia Yang Menuntut Ilmu

T 29 March 2018 F , A WP-YNI

Ilmu merupakan pengetahuan untuk kita, dengan ilmu kita akan mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk. Maka itu manusia yang tak berilmu bagai terjebak didalam kegelapan. Mereka tak tahu kemana mereka harus melangkah, bagaimana mereka harus berbuat. Dan terkadang... Selengkapnya

adakah amalan amalan dibulan Dzulqodah

Adakah Amalan dibulan Dzul Qo’dah Dalam Islam?

T 4 July 2018 F A WP-YNI

Dari Abu Bakrah ra, Nabi SAW bersabda: “Sesungguhnya zaman berputar sebagaimana ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun ada dua belas bulan. Diantaranya ada empat bulan haram(suci), tiga bulan berurutan: Dzul Qo’dah, Dzulhijjah, dan Muharram, kemudian bulan Rajab suku... Selengkapnya

gangguan setan saat kita shalat

Gangguan Nyata Setan Mengganggu Ibadah Manusia Kepada Allah

T 16 March 2018 F A WP-YNI

Gangguan setan ketika menjelang masuk waktu shalat sungguh sangat dirasakan. Hakikatnya setan ialah makhluk Allah yang selalu membisikan hal buruk dan mengganggu fokus pikiran kita. Contoh dalam hal Shalat seperti, ketika adzan dikumandangankan setan pun mulai mengganggu manusia dengan membuat... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00