Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Info Kesehatan » Waktu Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Menurut Islam

Waktu Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Menurut Islam

T Diposting oleh pada 13 November 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 436 kali

Waktu Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Menurut Islam

Tidur merupakan salah satu kegiatan wajib yang dilakukan semua orang. Karena tidur merupakan pertanda tubuh memerlukan istirahat setelah sehari penuh melakukan runitinas seperti bekerja. Dengan menggunakan waktu yang baik dan cukup maka tubuh telah memenuhi keseimbangan. Karena apabila tubuh kekurangan tidur maka berdampak pada kesehatan tubuh seperti kelelahan, kerja otak yang tidak optimal dan turunnya imunitas tubuh yang menyebabkan kita mudah jatuh sakit.

Dan begitu pun dengan sebaliknya bila tubuh telah terpenuhi istirhatnya, maka tubuh akan dirasa lebih segar, lebih semangat dalam menjalankan aktifitas. Namun apabila kita terlalu banyak tidur juga tidak baik bagi kesehatan yang akan membuat kita lemas dan beresiko penyakit berbahaya. Dalam islam, agama mengajarkan agar dapat membagi atau memanfaatkan waktu. Yakni antara istirahat dan bekerja.

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَاخْتِلاَفِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لآيَاتٍ لِّأُوْلِي الألْبَابِ

Artinya: “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal.” (QS. Ali Imran : 190)

Seperti ayat diatas yang menjelaskan bahwa “UlulAlbab” (paracerdikcendikia) bukanlah orang-orang yang pandai dalam menghafal kata-kata ataupun orang yang dapat dengan mudah mampu menjawab soal-soalujian.Akan tetapi, mereka merupakan orang yang mampu melihat kejadian yang ada disekitarnya dan mampu memanfaatkan waktu yang ada sehingga dapat mengerjakan hal-hal yang lebih bermanfaat.

Dan berikut ini waktu tepat untuk tidur, yakni:

  1. Tidur diawal malam

Waktu tidur yang baik menurut islam salah satunya ialah tidur diawal malam setelah shalat isya. Rasulullah SAW membenci tidur sebelum isya dan mengobrol setelahnya. Karena tidur sebelum isya menjadikan orang lalai terhadap shalatnya. Dan begitupun sebaliknya apabila mengobrol saat waktu isya dapat membuat orang lalai dalam mengerjakan shalat isya dikarenakan sibuk atau asyik mengobrol. Sedangkan menurut penelitian Rumah Sakit Nasional Taiwan, tidur larut malam dapat mengakibatkan kerusakan hati.

  1. Tidur di siang hari

Berdasarkan penelitian kesehatan, tidur siang berdampak baik bagi kesehatan yakni dapat menetralisir resiko serangan jantung dan kelelahan. Dikarenakan tidur siang hari dapat mengurangi stress dan detup jantung yang berlebihan.

Akan tetapi sebaliknya, Islam sangat melarang tidur siang yang terlalu lama, karena dapat menyebabkan kelelahan yang berlebihan atau rasa malas dan juga menggangu kegiatan disiang hari. Berdasarkan surat Ar-Rum ayat 23, yakni

وَمِنْ آيَاتِهِ مَنَامُكُمْ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَابْتِغَاؤُكُمْ مِنْ فَضْلِهِ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَسْمَعُونَ

Artinya: Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.

Waktu Yang Dilarang Untuk Tidur Dalam Islam

Dan berikut ini merupakan waktu dan cara tidur yang dilarang dalam islam. Lalu, kapan dan apa saja yang dilarang untuk tidur dalam ajaran islam:

  1. Tidur dengan posisi tengkurap

Dari Ibnu Tikhfah Al Ghifari, dari Abu Dzar, ia berkata, yang artinya, “Nabi ﷺ lewat dihadapanku dan ketika itu aku sedang tidur tengkurap. Beliau pun menggerak-gerakkan dengan kaki beliau. Beliau pun bersabda, “Wahai Junaidib, tidur seperti itu seperti berbaringnya pendudukan neraka.” (HR. Ibnu Majah no. 3724).

Seperti yang telah dijelaskan hadits shahih diatas, salah satu posisi tidur yang dibenci oleh Rasulullah ﷺ ialah tidurnya orang yang tengkurap. Selain seperti yang dijelaskan tersebut menurut penelitian kesehatan, tidur dengan posisi tengkurap dapat mengakibatkan gangguan pernafasan karena paru-paru tertekan oleh tulang rusuk, sehingga aliran oksigen tidak berjalan lancar.

  1. Tidur pada pagi hari

Salah satu waktu yang dilarang untuk tidur ialah pada pagi hari, dan biasanya orang-orang akan tidur lagi setelah shalat subuh. Sangat disayangkan tidur setelah shalat, bahwasanya tidur setelah shalat subuh akan membuat kita malas disisa harinya, yang dpat membuat kita malas bekerja dan dapat mengahambat rezeki yang datang.

  1. Tidur pada sore hari

Kerap sekali setelah lelah kerja seharian tanpa kita sadari akan tertidur diwaktu sore hari. Berdasarkan pendapat sebagian ulama mengatakan bahwa, “Siapa saja yang tidur setelah waktu ashar sehingga terganggu kejiwaannya, maka janganlah dia mencaci selain dirinya sendiri.”

  1. Tidur setelah makan

Tidur setelah makan sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan gangguan kesehatan pencernaan. Antara lain seperti asam lambung, nyeri ulu hari serta resiko  penyakit stroke dan kenaikan berat badan.

  1. Tidur sepanjang hari

Larangan tidur sepanjang hari, memang adanya diberlakukan karean akibat dari tidur sepanjang hari dapat berdampak buruk bagi tubuh. Yakni, badan sakit-sakit, sakit kepala, rasa malas sepanjang hari, resiko penyakit stroke, lemah jantung dan mudah lelah.

  1. Tidur diawal malam

tidur diawal malam ialah dibenci oleh Nabi Muhammad ﷺ, “Bahwasanya Rasulullah Muhammad saw membenci tidur malam sebelum (sholat Isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya.” (Hadist Riwayat Al-Bukhari No. 568 dan Muslim No. 647 (235).

tidur diwaktu ini dibenci oleh Rasulullah ﷺ, hukum tidur diawal malam ini juga dilarang oleh sebagian ulama-ulama.

Waktu Tidur Yang Cukup Sesuai Dengan Usia

Jam tidur yang dimiliki setiap orang juga berbeda-beda, mereka memiliki rentan waktu yang berbeda antara satu dan yang lainnya. Dan semua itu tergantung pada aktifitas dan rutinitas keseharian mereka, termasuk juga pada bayi. Biasanya bayi lebih mudah untuk cepat tidur dan tidur lebih lama karena memang tidur pada bayi merupakan sebagai acuan perkembangan bayi. Maka mengatur waktu tidur sangat baik untuk kesehatan.

Dan berikut beberapa pedoman umum waktu tidur yang baik berdasarkan usia:

  1. Waktu tidur bayi

Biasanya bayi memiliki jam terbang yang lebih lama. Waktu lama tidur yang dibutuhkan bayi yakni 14-17 jam tidur. Bayi belum memiliki ritme sirkadian apapun dan biasanya sering terjadi mereka memiliki jam tidur yang cukup singkat yakni 2-4 jam sepanjang hari.

  1. Usia 4-11 bulan

Ketika bayi memasuki usia 4-11 bulan, jam tidur mereka akan berkurang. 12-14 jam perhari.

  1. Usia 1-2 tahun

Ketika memasuki usia 1 tahun jam tidur balita ini akan mengalami pengurangan kembali menjadi 11 sampai 14 jam.

  1. Usia 3-5 tahun

Memasuki usia 3-5 tahun, maka balita akan membutuhkan waktu 10 jam perhari.

  1. Usia 6-13 tahun

Bila sudah memasuki usia anak-anak sekolah maka kegiatan mereka akan bertambah yang membuat anak-anak diusia ini  membutuhkan tidur 9-11 jam.

  1. Usia 14-17 tahun

Memasuki usia remaja, pengurangan jam tidur akan terus terjadi. Mereka membutuhkan waktu tidur 8-10 jam.

  1. Usia 18-65 tahun

Diusia remaja, hingga menanjak dewasa biasanya mereka membutuhkan waktu tidur 7 hingga 8 atau 9 jam.

Belum ada Komentar untuk Waktu Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Menurut Islam

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Waktu Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Menurut Islam

yayasan anak yatim di jakarta timur

Apakah Benar Penyakit Stroke Bisa Disembuhkan ?

T 8 March 2017 F A Admin Web YNI

Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga terjadi kematian sel-sel pada sebagian area di otak. Stroke adalah kondisi kesehatan yang serius yang membutuhkan penanganan cepat. Jenis stroke jika dilihat... Selengkapnya

pola hidup sehat, gaya hidup sehat, hidup sehat ala rasulullah, sehat, sakit, mati

Larangan Pengobatan Selain Dengan Syariat Islam

T 27 April 2018 F , A WP-YNI

Menurut ilmu medis, sakit merupakan kondisi dimana tubuh mengalami penurunan daya tahan tubuh atau yang disebut imunitas. Bagi yang sedang sakit disarankan untuk memenuhi makanan yang sehat. Selain itu mereka juga dianjurkan untuk minum obat yang telah diberikan oleh dokter.... Selengkapnya

herbal kesehatan

10 Manfaat Virgin Coconut Oil Bagi Kesehatan

T 14 February 2017 F A Admin Web YNI

Virgin coconut oil memiliki perbedaan penting dari minyak kelapa biasa. Perbedaan ini utamanya terdapat pada sumber (secara spesifik, bentuk dari sumbernya), metode ekstraksi, dan keuntungan lebih lanjut. Perbedaan utama dengan minyak kelapa biasa dan virgin coconut oil terdapat pada proses... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00