Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Syarat-Syarat Sah Dan Rukun Berwudhu

Syarat-Syarat Sah Dan Rukun Berwudhu

T Diposting oleh pada 13 February 2019
F Kategori , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 274 kali

Syarat-Syarat Sah Dan Rukun Berwudhu

Wudhu merupakan perihal yang wajib dilakukan sebelum shalat. Wudhu sama dengan bersuci atau membersihkan diri dari kotoran atau najis-najis kecil yang menempel dikulit. Yang mana apabila bagus dan tertib wudhu kita insyaAllah shalat kita akan lebih berpahala. Maka dalam perlaksanannya, berwudhu memiliki syarat-syarat sah dan  rukun-rukun yang harus dilakukan dengan baik. Dan berikut merupakan syarat-syarat wudhu:

  1. Menggunakan air yang suci ketika berwudhu.

Air suci dan mensucikan merupakan air yang digunakan ketika berwudhu. Yakni air langsung dari aliran atau pancuran air. Air tersebut bukan bekas air cucian, air yang terkena sinar matahari dan air keruh yang menggenang. Dan air suci dan mensucikan yaitu:

  1. Air hujan;
  2. Air sumur;
  3. Air laut;
  4. Air sungai;
  5. Air telaga;
  6. Air salju; dan
  7. Air embun.

 

  1. Air yang digunakan bukanlah air dari hasil mencuri yakni harus halal

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang bathil. (QS. An- Nisa : 29)

  1. Membersihkan benda-benda yang menempel pada kuku dan kulit yang dapat menghambat jalannya air dalam membasuh. Yakni, cat kuku atau tato. Seperti pada penjelasan dalam hadits berikut ini,

 

أَنَّ رَجُلًا تَوَضَّأَ فَتَرَكَ مَوْضِعَ ظُفُرٍ عَلَى قَدَمِهِ فَأَبْصَرَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَقَالَ : ارْجِعْ فَأَحْسِنْ وُضُوءَكَ ، فَرَجَعَ ثُمَّ صَلَّى

Artinya: “Ada seseorang yang berwudhu dan meninggalkan satu tempat dikakinya (tidak dibasuh), kemudian Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda melihatnya, dan beliau bersabda: “Kembali dan perbaiki wudhu kamu, maka dia kembali kemudian dia shalat.” (HR. Muslim)

SYARAT-SYARAT SAH DAN RUKUN WUDHU

 

Rukun-Rukun Dalam Berwudhu

Selain syarat-syarat sah dalam berwudhu, rukun-rukun wudhu juga harus dilakukan dengan tertib, yakni

  1. Niat

Dalam melakukan segala hal haruslah dilakukan dengan niat. Seperti dalam hadits riwayat berikut,

الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى

Artinya: “Semua perbuatan tergantung dengan niatnya dan balasan bagi tiap-tiap orang apa yang diniatkan.” (HR. Muttafaqun ‘alaih)

  1. Membasuh wajah (termasuk dengan berkumur-kumur dan istinsyaq)

 

كَانَ إِذَا تَوَضَّأَ أَخَذَ كَفًّا مِنْ مَاءٍ فَأَدْخَلَهُ تَحْتَ حَنَكِهِ فَخَلَّلَ بِهِ لِحْيَتَهُ وَقَالَ « هَكَذَا أَمَرَنِى رَبِّى عَزَّ وَجَلَّ

Artinya: “Merupakan kebiasaan (Nabi Muhammad SAW) jika beliau akan berwudhu, beliau mengambil segenggam air kemudian air kemudian beliau basuhkan ke wajahnya sampai ke tenggorokannya, kemudian beliau menyela-nyela jenggotnya.” Kemudian beliau mengatakan, “Demikianlah cara berwudhu yang diperintahkan Robbkukepadaku.” (HR. Abu Dawud)

  1. Membasuh kedua tangan hingga kesiku

Membasuh kedua tangan dimulai dari tangan kanan lalu berlanjut kekiri. Mengalirkan air dari telapak tangan hingga ke siku. Dari hadits hasan, diriwayatkan oleh Muttafaqun ‘alaih,

 

ثُمَّ غَسَلَ يَدَهُ الْيُمْنَى إِلَى الْمَرْفِقِ ثَلاَثًا ، ثُمَّ غَسَلَ يَدَهُ الْيُسْرَى إِلَى الْمَرْفِقِ ثَلاَثًا

Artinya: “… kemudian beliau membasuh tangannya yang kanan dampai siku sebanyak tiga kali kemudian membasuh tangannya yang kiri sampai siku sebanyak tiga kali..”

  1. Mengusap kepala

 

ثُمَّ مَسَحَ رَأْسَهُ بِيَدَيْهِ ، فَأَقْبَلَ بِهِمَا وَأَدْبَرَ ، بَدَأَ بِمُقَدَّمِ رَأْسِهِ ، حَتَّى ذَهَبَ بِهِمَا إِلَى قَفَاهُ ، ثُمَّ رَدَّهُمَا إِلَى الْمَكَانِ الَّذِى بَدَأَ مِنْهُ

Artinya: “Kemudian beliau membasuh mengusap kepala dengan tangannya, menyapunya kedepan dan kebelakang. Beliau memulainya dari bagian depan kepalanya ditarik kebelakang sampai ke tengkuk kemudian mengembalikannya lagi kebagian depan kepalanya.” (HR. Muttafaqun ‘alaih)

  1. Membasuh kedua kaki

Membasuh kedua kaki dimulai dengan kaki kanan lalu dilanjutkan kekaki kiri, dibasuh hingga ke mata kaki. Dari hadits hasan, diriwayatkan oleh muttafaun ‘alaih yang artinya, “Kemudian beliau membasuh kedua kakinya hingga dua mata kaki…(HR. Muttafaqun Alaihi).

 

  1. Tertib

Berurutan dalam berwudhu sangat diwajibkan, dimulai dari membasuh wajah hingga kaki. tanpa ada yang terlewat baik disela-sela kulit maupun dikuku. Maka hendaknya orang yang shalat membersihkan diri dari tato yang menempel dikulitnya dan menghilangkan cat kuku yang masih menempel dikukunya. Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Ada seseorang yang berwudhu lantas bagian kuku kakinya tidak terbasuh, kemudian Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Ulangilah, perbaguslah wudhunya.” Lantas dia pun mengulangi dan kembali untuk shalat.” (HR. Muslim : 243)

 

Hikmah Berwudhu Untuk Kesehatan Jasmani Dan Rohani

Berwudhu memiliki manfaat yang sangat luar biasa, berdasarkan penelitian dari Prof Leopold Werner von Ehrenfels, seorang psikiater sekaligus neurolog yang berkebangsaan Austria. Menemukan sesuatu yang mengejutkan dari berwudhu yang dimana keselarasan air dengan wudhu di titik-titik syaraf membuat kondisi tubuh selalu sehat. Hingga beliau memustuskan untuk masuk islam dan berganti nama menjadi baron Omar Rolf Ehrenfels.

Hikmah wudhu yang lainnya juga dikatan oleh ulama fikih yang mengatakn bahwa berwudhu ialah upaya dari memelihara kebersihan jasmani dan rohani. Begitupun dari penyakit kulit yang dimana diserang ke kulit yang lebih banyak terbuka karena kurang dijaga kebersihannya. Maka tak ayal, daerah-daerah tempat wudhu ialah daerah yang rentan terkena kotoran atau debu-debu.

Hikmah kerohanian dari berwudhu seperti yang telah dijelaskan oleh Rasulullah, yang artinya, “Umatku nanti kelak pada hari kiamat bercahaya muka dan kakinya karena bekas wudhu.”.

Lalu dari Buya Hamka (Haji Abdul Malik Karim Amrullah) dalam bukunya Lentera Hidup menuliskan keutamaan wudhu. “Sekurang-kurangnya 5x  dalam sehari-semalam setiap Muslim diperintahkan untuk berwudhu dan mengerjakan shalat. Meskipun wudhu belum lepas (batal), disunahkan pula memperbaharuinya. Oleh ahli tasawuf, diterangkan pula hikmah wudhu itu. Mencuci muka artinya mencuci mata, hidung, mulut, dan lidah kalau-kalau tadinya pernah berbuat dosa ketika melihat, berkata, dan makan.

Belum ada Komentar untuk Syarat-Syarat Sah Dan Rukun Berwudhu

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Syarat-Syarat Sah Dan Rukun Berwudhu

malam lailatul qadar

Apa Arti Dari Malam Lailatul Qadar?

T 15 May 2018 F , A WP-YNI

Malam lailatul qadar merupakan malam yang ditunggu umat muslim diseluruh penjuru. Bagaimana tidak, malam ini merupakan malam yang penuh kebaikan melebihi malam-malam lainnya. Yang dimana sering dikatakan bahwa malam lailatul qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Maka... Selengkapnya

INILAH DOA YANG TAK TERTOLAK

Inilah Doa-Doa Yang Tidak Tertolak

T 26 March 2019 F , A WP-YNI

Doa merupakan jalur penghubung seorang hamba kepada Tuhannya. Manusia lemah yang selalu butuh pertolongan Allah subhanahuwata’ala sang maha kuasa atas segala-galanya. Doa adalah suatu aktifitas yang tidak hanya bernilai ibadah tetapi doa tersebut juga sebagai salah satu koridor yang harus... Selengkapnya

manfaat puasa bagi kesehatan

Puasa Ramadhan Ditinjau Dari Segi Kesehatan

T 11 June 2017 F , A Yayasan Nurul Ihsan

“Berpuasalah, niscaya kamu sehat” (HR Thabrani). Begitu dikatakan dalam sebuah hadits. Dari hadits tersebut Rosululloh menjelaskan bahwa dibalik puasa ada hikmah bagi manusi yakni kesehatan baik  jasmani maupun rohani. Tubuh manusia mempunyai mekanisme alamiah yang dipergunakan untuk mangatasi kondisi-kondisi yang... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00