Beranda » Agama Islam » Ramadhan Indah, Mengikat Ukhuwah Kepada Sesama Umat

Ramadhan Indah, Mengikat Ukhuwah Kepada Sesama Umat

T Diposting oleh pada 18 May 2018
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 434 kali

Ramadhan ialah bulan suci nan mulia, menjadi tamu agung untuk mereka yang mengharapkan ampunan Allah SWT dan merindukannya jannahNya. Bulan Ramadhan pula menjadi bulan pengikat ukhuwah kepada sesama umat. Mengikat tali silaturahim yang mana akan memperpanjang umur dan memperlancar rezeki kita.

Oleh karena itu, ada beberapa amalan-amalan yang dianjurkan untuk kita laksanakan agar tersampainya ukhuwah dan mempererat tali persaudaraan kepada sesama muslim. Yang sebelumnya kita atau orang lain tidak menyukai seseorang karena beberapa alasan, maka bulan Ramadhan adalah alasan terbaik untuk menghilangkan sifat benci dan dengki terhadap saudara kita.

Karena hanya dengan hati ikhlas, berbaikan kepada sesama muslim dan memperbaiki hubungan kita kepada sang maha pencipta. Maka dapat disimpulkan dibulan ini menjadi bulan satu-satunya mensucikan hati dan pikiran kita yang mana dapat memperbaiki ibadah kita kepada Allah SWT dan juga dapat mempererat ukhuwah islamiyah kita kepada umat muslim lainnya.

menyambung tali silaturahim di bulan Ramadhan

Menjaga Tali Silaturahim Kepada Sesama Umat

Dibulan Ramadhan ini kita dapat membangun tali silaturahim kepada umat muslim. Yang dimana akan menciptakan kedamaian. Yang dahulu kita hidup berkotak-kotak dan tidak perduli terhadap sesama dan sekitar, mulailah merubah diri menjadi lebik baik untuk kehidupan yang bahagia. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW yang berbunyi:

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ وَيُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

“Barangsiapa yang senang diluaskan rizqinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi”

Kita dapat melakukan amalan-amalan penyambung tali silaturahim dibulan Ramadhan dengan:

  1. Memperbanyak sedekah

Seorang manusia pasti akan merasa bahagia apabila mendapatkan sedekah dari saudaranya. Yang mana dapat meringankan beban hidup yang mereka alami. Disamping itu bersedekah dapat menumbuhkan rasa cinta kepada sesama umat dan menghilangkan rasa benci, sehingga dapat mempererat ukhuwah islamiyah kepada sesama. Dari Abdullah bin abbas ra, yang artinya:

“Rasulullah Shallallahu’alaihi wassalam adalah manusia yang paling dermawan dan kedermawanan beliau semakin bertambah ketika berada pada bulan Ramadhan”. (HR. Bukhori : 1902)

  1. Dapat menahan amarah dan mudah memaafkan kesalahan orang lain.

Tujuan dari melaksanakan puasa pada bulan Ramadhan ialah agar seseorang dapat meraih ketaqwaan. Allah Azza wa Jalla berfirman yang artinya, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas kamu bertaqwa”. ( QS. Al-Baqarah : 183)

Dan salah satu sifat orang yang bertaqwa ialah mampu menahan amarahnya dan mudah memaafkan orang lain. Maka, hendaklah kita melatih diri kita untuk menahan amarah. Apabila seseorang mampu menahan amarahnya dan mudah memaafkan atas segala kesalahan, maka rasa persaudaraan akan semakin erat.

  1. Memberi makan kepada orang yang berbuka puasa

Dan salah satu amalan lain yang dapat kita lakukan untuk mempererat ukhuwah kita kepada umat muslim ialah dengan menyediakan makanan untuk orang-orang yang berbuka puasa. Dari Nabi SAW bersabda, yang artinya: “Barang siapa memberi makanan untuk berbuka puasa, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun”. (HR. Tirmidzi : 807)

 

Macam Kebahagiaan Bagi Orang Yang Berpuasa

Sungguh banyak hikmah dibalik orang yang berpuasa, untuk meningkatkan taqwa kepada Allah dan menyambung tali sialturahim kepada sesama muslim. Ialah dapat mengkokohkan rasa peduli dan ukhuwah kita kepada umat. Janganlah kita menjadi salah satu orang yang masuk kedalam putusnya rahmat Allah SWT.

إِنَّ أَعْمَالَ بَنِي آدَمَ تُعْرَضُ كُلَّ خَمِيْسٍ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ فَلاَ يُقْبَلُ عَمَلُ قَاطِعِ رَحِمٍ

“Rahmat tidak akan turun kepada kaum yang padanya terdapat orang yang memutuskan tali silaturahim” (HR. Muslim)

Mudah-mudahan dengan keberkahan puasa Ramadhan ini dapat menghantarkan kita kepada kebahagiaan yang akan dengan mudahnya kita raih. Dengan memperbaiki hubungan kita kepada Allah SWT dan mempererat ukhuwah kepada sesama umat muslim, terhantarlah kita kepada keberkahan puasa Ramadhan yang kita idam-idamnkan

Aamiin Aamiin Ya Robbal’aalamiin

Belum ada Komentar untuk Ramadhan Indah, Mengikat Ukhuwah Kepada Sesama Umat

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Ramadhan Indah, Mengikat Ukhuwah Kepada Sesama Umat

maaf lagi puasa

Pengertian Puasa Dan Macam Ketentuannya

T 9 April 2018 F A WP-YNI

Puasa merupakan arti dari kata Shaum dalam bahasa arab yang berarti menahan. Sedangkan menurut istilah ialah menahan dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa dari terbit fajar subuh hingga terbenamnya matahari (maghrib). Menahan sesuatu yang dapat membatalkan puasa seperti makan... Selengkapnya

yayasan anak yatim di jakarta timur

Pengertian Akhlak Menurut Bahasa dan Istilah

T 10 March 2017 F A Admin Web YNI

Akhlak adalah kata jamak dari kata khuluk, berasal dari bahasa Arab yang berarti perangai, tingkah laku, atau karakter. Tiga ahli di bidang akhlak, yaitu Ibnu Miskawaih, Al Ghazali, dan Ahmad Amin menyatakan bahwa moralitas adalah temperamen yang melekat dari seseorang... Selengkapnya

lailatul qodr

Lailatul Qodr Ibadah Malam Seribu Bulan

T 2 July 2016 F A Yayasan Nurul Ihsan

Lailatul Qodr atau para ulama sering menyebutnya Malam Seribu Bulan. Artinya Ibadah kita pada malam lailatul qord bernilai seribu bulan kita beribadah, yang jika kita hitung kurang lebih 83 tahun. Sungguh luar biasa amalan di malam Lailatul Qodr. Semoga kita... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00