Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Hukum Islam » Puasa Sunnah Yang Bertepatan Dengan Hari Tasyrik

Puasa Sunnah Yang Bertepatan Dengan Hari Tasyrik

T Diposting oleh pada 13 August 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 36 kali

Puasa Sunnah merupakan puasa yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau sangat menyukai puasa Sunnah hingga-hingga menjadikannya itu menjadi sebuah kebiasaan. Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam selalu menjalankan puasa senin kamis, puasa sunnah popular yang jarang dilaksanakan oleh kebanyakan orang padahal mengandung manfaat dan keutamaan yang luar biasa.

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata:

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ

Artinya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.”

(HR. An-Nasa’I : 2362 dan Ibnu Majah : 1739. Al Hafiz Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.)

Puasa Sunnah lainnya yang dapat dilakukan selain puasa Senin Kamis ialah puasa ayyamul bidh

Lalu apakah boleh berpuasa sunnah yang bertepatan dengan hari tasyrik?

Hukumnya Puasa Sunnah Di Hari Tasyrik

Puasa Sunnah memiliki keutamaan dan faedah yang luas. Yakni dimana hari tersebut diangkat amal-amal perbuatan kita, hari dibukannya pintu-pintu surge, hari lahirnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan turunnya wahyu , dapat menghapus dosa- dosa serta ditinggikannya derajat oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Namun, berpuasa di hari tasyrik bagaimana hukumnya?

Dari Abu Said Al Khudri radhiyallahu anhu, berkata:

نَهَى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ الْفِطْرِ وَالنَّحْرِ

Artinya: “ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang berpuasa pada hari idul fitri dan idul adha.” (HR. Bukhari : 1992 dan Muslim : 827)

Para ulama berijtima’ bahwa berpuasa pada dua hari raya diharamkan. Sama halnya dengan berpuasa di hari tasyrik yakni tiga hari setelah idul adha yang jatuh pada tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah. Berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang artinya:

“Hari – hari tasyrik adalah hari-hari makan, minum dan mengingat Allah.” (HR. Muslim)

Lalu dari Abu Muroah, budak Ummu Hani, bahwa dia masuk bersama Abdullah bin Amr kepada ayahnya Amr bin Ash. Kemudian dihidangkan makanan pada keduanya dan berkata, “makanlah?” dia berkata, “Saya sedang berpuasa.” Maka Amr bin Ash mengatakan, “Makanlah, hari-hari ini dahullu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kami untuk berbuka dan melarang puasa.” (Hr. Tirmidzi : 2418)

Lalu Imam Malik mengatakan, “Dia adalah hari-hari Tasyrik.” (Disahihkan oleh Al Albani dalam shahih Abu Daud)

Diperbolehkan Puasa Bagi Jamaah Yang Tidak Mendapat Hadyu

Tetapi, diperbolehkan berpuasa bagi jamaah haji yang tidak mendapatkan hadyu. Dari Aisyah dan Ibnu Umar radhiyallahu anhum berkata yang artinya,

لم يرخص في أيام التشريق أن يصمن إلا لمن لم يجد الهدي

“Tidak diberikan keringanan pada hari-hari tasyrik untuk berpuasa kecuali bagi orang yang tidak mendapatkan hady.” (HR. Bukhari : 1998)

Lalu dari syaikh Ibnu utsaimin rahimahuillah mengatakan bahwa, “ Dibolehkan bagi jamaah haji tamattu dan qiron kalua keduanya tidak mendapatkan hadyu untuk berpuasa di tiga hari tasyrik agar tidak berlalu musim haji sebelum berpuasa. Selain dari mereka, tidak diperbolehkan berpuasa, termasuk kepada orang yang wajib berpuasa dua bulan berturut-turut, dia berbuka pada hari raya dan tida hari setelahnya, kemudia melanjutkan puasanya.” (Fatawa Ramadhan hal. 727)

Bagaimana bila hari tasyrik bersamaan dengan hari puasa ayyamul bidh?

Abdullah bin Amr bin Ash radhiyallah ‘anhuma, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صَوْمُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ صَوْمُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

Artinya: “Puasa tiga hari pada setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.” (HR. Bukhari : 1979)

Hadits diatas menyatakan bahwa puasa ayyamul bidh itu utama yang mana dapat dilihat dari keutamaan yang diperoleh. Islam adalah agama yang luwes, maka diperbolehkan mengganti tanggalnya pada 14, 15, 16 atau bisa juga di tanggal 17 Dzulhijjah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan berpuasa tiga hari setiap bulannya baik bertepatan pada ayyamul bidh atau bukan. Namun jika bertepatan pada hari ayyamul bidh ini lebih diutamakan.

Belum ada Komentar untuk Puasa Sunnah Yang Bertepatan Dengan Hari Tasyrik

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Puasa Sunnah Yang Bertepatan Dengan Hari Tasyrik

Meninggal Dunia, Tapi Memiliki Hutang Puasa

Meninggal Dunia, Tapi Memiliki Hutang Puasa

T 20 May 2019 F , A WP-YNI

Barang siapa meninggal dunia tapi masih memiliki hutang puasa. Bagaimanakah puasanya bagi yang telah meninggal dunia? Diqodho’ oleh ahli waris nya atau kah tidak?. Para ulama berselisih pendapat mengenai hal ini. Pendapat terkuat, harus dipuasakan oleh ahli warisnya baik puasa... Selengkapnya

INILAH DOA YANG TAK TERTOLAK

Inilah Doa-Doa Yang Tidak Tertolak

T 26 March 2019 F , A WP-YNI

Doa merupakan jalur penghubung seorang hamba kepada Tuhannya. Manusia lemah yang selalu butuh pertolongan Allah subhanahuwata’ala sang maha kuasa atas segala-galanya. Doa adalah suatu aktifitas yang tidak hanya bernilai ibadah tetapi doa tersebut juga sebagai salah satu koridor yang harus... Selengkapnya

Hukum Makan Daging Kurban Milik Sendiri

Bolehkah Makan Daging Kurban Milik Sendiri?

T 1 August 2019 F , A WP-YNI

Banyak sekali yang bertanya dan memikirkan hal ini. Apakah boleh kita dan keluarga yang berkurban untuk makan daging tersebut? Adapun dalam memakan daging kurban sendiri, dari jumhur ulama mengatakan bahwa itu Sunnah. Ini diperkuat oleh firman Allah subhanahuwata’ala dalam firman-Nya:... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00