Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Peringatan Hari Besar Islam » Perintah Untuk Berqurban Serta Hikmahnya

Perintah Untuk Berqurban Serta Hikmahnya

T Diposting oleh pada 29 July 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 146 kali

Ibadah qurban merupakan salah satu ibadah yang memiliki nilai bersejarah yang tinggi, yang dikisahkan dari Nabi Ibrahim as dengan anaknya Nabi Ismail as. Yang dimana Allah subhanahuwa ta’ala menguji keimanannya kepada Allah dengan menyembelih anak kesayangannya, Nabi Ismail. Karena keikhlasan dan cintanya kepada Allah subhanahuwa ta’ala, pada penyembelihan digantikan dengan seekor hewan besar.

Bila itu terjadi kepada kita apakah kita mampu seikhlas tersebut? Anak yang dinanti-nantikan namun harus di sembelih oleh tangan kita sendiri. Tentunya kita sebagai manusia awam tidak dapat menyamakan derajat dengan para Nabi-Nabi. Ini semua merupakan bentuk keihlasan, pengorbanan dan kesalehan seorang ayah dan anak yang sama-sama taat kepada Allah subhanahuwa ta’ala.

Dan semua ini merupakan berdasarkan dari dalil-dalil shahih. Bukan hanya sekedar kisah dari mulut kemulut atau mendengar kisah dari orang lain. Dan berikut dibawah ini dasar dalil-dalil dari penyembelihan qurban

Dalil-Dalil Dari Perintah Untuk  Ber-Qurban

Dalil pertama: QS. Al hajj ayat 34-35

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ ۗ فَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا ۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ

Artinya: Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepadaNya. Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).”

Dalil kedua : QS. As-saffat ayat 102-107

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يَا بُنَيَّ إِنِّي أَرَىٰ فِي الْمَنَامِ أَنِّي أَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرَىٰ ۚ قَالَ يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ ۖ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَ . فَلَمَّا أَسْلَمَا وَتَلَّهُ لِلْجَبِينِ . وَنَادَيْنَاهُ أَنْ يَا إِبْرَاهِيمُ . قَدْ صَدَّقْتَ الرُّؤْيَا ۚ إِنَّا كَذَٰلِكَ نَجْزِي الْمُحْسِنِينَ . إِنَّ هَٰذَا لَهُوَ الْبَلَاءُ الْمُبِينُ . وَفَدَيْنَاهُ بِذِبْحٍ عَظِيمٍ

Artinya: “ Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”. Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya). Dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar (kambing). “

Hikmah Dan Manfaat Dari Berqurban

Menjalankan ibadah Qurban merupakan suatu kewajiban yang banyak menuai manfaat nya. Seperti makna yang terkandung dalam Al-Qur’an surah al-Kautsar ayat 1-2, setelah diberi kenikmatan, bahwa kita diperintahkan untuk mendirikan shalat dan berqurban sebagai bukti ketaatan dan rasa syukur kepada Allah subhanahuwa ta’ala. Dan berikut dibawah ini hikmah serta manfaat dari berqurban:

  1. Setiap helai bulu hewan yang diqurban akan dibalas satu kebaikannya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Setiap satu helai rambut hewan qurban adalah satu kebaikan.” Lalu sahabat bertanya, “Kalau bulu-bulunya.?” Beliau menjawab, “Setiap helai bulunya juga satu kebaikan.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

  • Ibadah yang dicintai Allah Subhanahuwa ta’ala.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya, “Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari Raya Idul Adha yang lebih dicintai Allah melebihi dari mengucurkan darah (kurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan itu akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya dan bulu-bulunya.

Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah subhanahuwa ta’ala –sebagai qurban- dimanapun hewab itu disembelih sebelum darahnya sampai ketanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya.” (HR. Ibnu Majah dn Tirmidzi)

  • Sebagai tanda keislaman seseorang.

Rasululah shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda yang artinya, “Barang siapa yang mendapati dirinya dalam kelapangan lalu ia tidak mau berqurban, maka janganlah dekati tempat shalat kami.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

  • Bentuk syiar Islam

Dari Al-Qur’an surah Al Hajj, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman ,

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ ۗ فَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا ۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ

Artinya: Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepadaNya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah). (QS. Al-Hajj : 34)

  • Mengenang ujian kecintaan Allah SWT kepada Nabi Ibrahim as.

Seperti yang terkandung dalam surah Ash-Shaffat ayat 102-107. Nabi Ibrahim diuji keimanannya terhadap Allah subhanahuwa ta’ala untuk menyembelih anaknya, Nabi Ismail dan ia dengan ikhlas dan sebagai bukti patuh Nabi Ibrahim menyembelih anaknya dan Allah mengganti anaknya menjadi seekor hewan yang besar.

  • Rasa peduli sesama

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Hari Raya Qurban adalah hari untuk makan, minum dan zikir kepada Allah subhanahuwa ta’ala.” (HR. Muslim)

Belum ada Komentar untuk Perintah Untuk Berqurban Serta Hikmahnya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Perintah Untuk Berqurban Serta Hikmahnya

Bolehkah Berqurban Dengan Kambing Betina _

Bolehkah Berqurban Dengan Kambing Betina ?

T 5 August 2019 F , A WP-YNI

Menjadi pertanyaan bagi sebagian orang yang belum mengetahui, apakah harus berkurban dengan kambing jantan? Apakah boleh berkurban dengan kambing betina dan sapi betina? Sebagian orang berpendapat bahwa ini tidak diperbolehkan. Tentu, rujukan yang diambil bukan berdasarkan pendapat orang. Melainkan dari... Selengkapnya

makna maulid nabi

Pengertian Dari Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

T 16 November 2018 F A WP-YNI

Nabi Muhammad merupakan utusan Nabi terakhir oleh Allah SWT. Kedatangan Nabi dizamannya untuk memperbaiki akhlak dan iman kita. Nabi ﷺ mengenalkan islam, Islam turun sebagai agama yang sebenar-benarnya. Mengubah manusia dizaman jahiliyah agar benar jalan hidupnya dan tertata perilakunya. Sepeninggal... Selengkapnya

peringatan nuzulul qur'an

Hikmah Peringatan Malam Nuzulul Qur’an

T 12 June 2017 F , A Yayasan Nurul Ihsan

Peristiwa Nuzulul Quran merupakan anugerah yang luar biasa dari Allah SWT untuk umat manusia. Dari kondisi zulumat (kegelapan) kepada kondisi yang penuh dengan petunjuk Ilahi (Nur), Nabi Muhammad menyampaikan risalah Ilahi secara bertahap mulai dari Mekah hingga terwujudnya Madinah (Ibukota... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00