Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Beranda » Agama Islam » Penyebab Doa Yang Tak Kunjung Terkabul

Penyebab Doa Yang Tak Kunjung Terkabul

T Diposting oleh pada 26 November 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 91 kali
Penyebab Doa Yang Tak Kunjung Terkabul

Doa merupakan bentuk komunikasi antara seorang hamba dengan Tuhannya. Allah Subhanahu wa ta’ala berinteraksi dengan hambanya melalui berdoa. Allah subhanahu wa ta’ala sebagai tempat keluh kesah, tempat bercerita dan memohon pertolongan kepada-Nya. Namun, tidak sedikit manusia yang masih tidak sadar bahwa tempat keluh kesahnya ialah hanya kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Ketika kita mendapati masalah pasti kita akan bercerita kepada orang yang telah kita percayai untuk menyimpan segala rahasia yang kita miliki. Padahal, Allah-lah pendengar terbaik saat kita mau bercerita dan pemberi solusi yang baik pula kepada kita untuk meminta bantuan. Kenapa kita masih mengeluarkan aib kita kepada manusia lainnya? Belum tentu mereka menjaga rahasia kita dan memberikan bantuan atas masalah yang ada.

Berdoa hanya kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Memohon pertolongan dan meminta segala sesuatu hanya kepada diri-Nya. Maka, Insya Allah segala permohonan kita akan di kabulkan oleh Allah. Namun, harus yakin dan bersungguh-sungguh. Yakin kepada Allah subhanahu wa ta’ala bahwa hanya Dia-lah yang mampu untuk mengabulkan segala doa kita. Dan bersungguh-sungguh dalam berdoa, bahwa kita tidak mampu apa-apa tanpa-Nya.

Adab-Adab Yang Benar Dalam Berdoa

Pernahkah kita berfikir bahwa, “Kenapa doaku tak kunjung terkabul?” atau “Ya, Allah kenapa doaku tidak terkabul?”. Sebenarnya perkataan seperti itu tidak boleh di ucapkan. Menandakan bahwa kita telah berhenti doa dan menyerah atas doa kita serta tidak yakin pada Allah bahwa Ia pasti mengabulkan segala doa entah kapan dimana dan tempatnya berada.

Lalu kenapa doa kita tak kunjung terkabul? Kemungkinan terjadi ialah kita tidak menggunakan adab yang benar ketika berdoa. Sebab, kita yang kecil meminta kepada sesuatu kepada Allah Yang Maha Besar maka haruslah dengan cara atau adab yang benar. Dan berikut adab dalam berdoa :

  1. Memuji Nama Allah

Mengagungkan nama-nama Allah sebelum berdoa merupakan salah satu ajaran Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Singkat cerita seorang badui mendatangi Rasulullah untuk meminta suatu kalimat yang dapat di ucapkannya lalu Rasulullah berkata : “Laa Ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, Allahu Akbar kabiiro, wal hamdulillahi katsiroo, wa subhanallahu robbil ‘aalamiin, wa laa hawla wa laa quwwata illa billahil’azizil hakim” (artinya: tidak ada sesembahan yang berhak di sembah selain Allah Yang Maha Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Allah maha Besar, segala puji bagi Allah yang banyak, Maha Suci Allah Rabb semesta alam, serta tidak ada daya dan upaya kecuali bersama Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.)

Lalu orang Arab Badui itu bekata, “Itu semua untuk Rabbku, lalu manakah untukku?”. Beliau menjawab, “Ucapkanlah: Allahummaghfirlii warhamnii wahdinii warzuqnii” (artinya: Ya Allah, ampunilah aku, rahmatilah aku, berilah aku hidayah) (HR. Muslim no. 2696)

  • Bershalawat Kepada Nabi
    hal yang perlu di lakukan saat berdoa ialah memasukkan shalawat Nabi di dalamnya. Dari Ibnu Qayyim menyatakan bahwa ada 3 tingkatan dalam bersholawat saat doa:
  • Bersholawat sebelum memanjatkan doa setelah memuji Allah.
  • Bersholawat di awal, pertengahan dan akhir doa.
  • Bersholawat di awal dan di akhir, lalu menjadikan hajat yang di minta di pertengahan doa.
  • Meyakinkan hati dalam berdoa

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan di kabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai.” (HR. Tirmidzi : 3479. Syaikh al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan. )

  • Tidak Ragu dalam berdoa

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Doa seorang hamba akan senantiasa di kabulkan, selama dia berdoa bukan untuk keburukan atau memutus tali silaturahim dan selama dia tidak tergesa-gesa dalam berdoa. Kemudian seseorang bertanya, ‘Ya Rasulullah, apa yang di maksud dengan tergesa-gesa dalam berdoa?’ kemudian Rasulullah menjawab, yaitu seseorang yang berkata, ‘Sungguh aku terlah berdoa dan berdoa, namun tak juga aku melihat doaku di kabulkan’, lalu dia merasa jenuh dan meninggalkan doa tersebut.” (HR. Muslim no, 2735)

Waktu Yang Baik Untuk Berdoa

Berdoa harus dengan keyakinan bahwa Allah hanya satu-satunya penolong dan tempat memohon bantuan. Maka Insya Allah doa akan di kabul oleh Allah. Dan juga ada waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa yakni;

  1. 1/3 malam
  2. Hari Jum’at
  3. Saat hujan
  4. Saat berbuka puasa
  5. Di antara Azan dan Iqamah
  6. Saat dalam perjalanan
  7. Malam Lailatul Qadar
  8. Hari Arafah

Belum ada Komentar untuk Penyebab Doa Yang Tak Kunjung Terkabul

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Penyebab Doa Yang Tak Kunjung Terkabul

yayasan anak yatim di jakarta timur

Pengertian Akhlak Menurut Bahasa dan Istilah

T 10 March 2017 F A Admin Web YNI

Akhlak adalah kata jamak dari kata khuluk, berasal dari bahasa Arab yang berarti perangai, tingkah laku, atau karakter. Tiga ahli di bidang akhlak, yaitu Ibnu Miskawaih, Al Ghazali, dan Ahmad Amin menyatakan bahwa moralitas adalah temperamen yang melekat dari seseorang... Selengkapnya

Ganjaran Pahala Puasa Di Bulan Ramadhan

Ganjaran Pahala Puasa Di Bulan Ramadhan

T 1 May 2019 F , A WP-YNI

Bulan Ramadhan merupakan  bulan yang penuh dengan ampunan begitu juga pahala yang terkandung didalamnya. Maka hampir seluruh umat muslim banyak melakukan amalan-amalan baik untuk memperoleh ganjaran pahala yang banyak. Bulan Ramadhan merupakan bulannya Allah, pahala puasanya juga dari Allah subhanahuwata’ala.... Selengkapnya

KEUTAMAAN MEMBACA AL-QUR'AN

Keutamaan Membaca Al-Qur’an

T 24 March 2019 F A WP-YNI

  Al – Qur’anul Karim merupakan kitab terakhir yang Allah turunkan ke bumi. Dijadikan sebagai petunjuk bagi orang-orang yang berfikir, bahwa kandungan dari kitab terakhir ini ialah petunjuk-petunjuk untuk umat muslim agar selalu berada dijalan yang benar (tidak sesat). Maka,... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.

Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Sekretaris

Rohmat Sidik

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00

Rohmat Sidik

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu ? 00.00