Beranda » Pendidikan » Pentingnya Pendidikan Dalam Keluarga

Pentingnya Pendidikan Dalam Keluarga

T Diposting oleh pada 21 February 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 340 kali

Pendidikan keluarga adalah pendidikan yang berlangsung dalam suatu kelurga yang dilaksanakan  oleh orang tua sebagai tugas dan tanggung jawabnya dalam mendidik anak dan keluarga.

Pendidikan Keluarga adalah usaha sadar yang dilakukan orang tua, karena mereka pada umumnya merasa terpanggil secara naluriah untuk membimbing dan mengarahkan, pengendali dan pembimbing, serta membekali dan mengembangkan pengetahuan nilai dan ketrampilan bagi putra-putri mereka sehingga mampu menghadapi tantangan hidup di masa datang.

Dictionary of Education menyatakan bahwa pendidikan merupakan proses dimana seseorang mengembangkan kemampuan, sikap, dan bentuk-bentuk perilaku lainnya di dalam masyarakat dimana yang bersangkutan hidup. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pendidikan adalah proses timbal balik dari tiap pribadi manusia dalam penyesuaian dirinya dengan lingkungan hidupnya.

Happy family with several members in education process

Sementara itu, keluarga adalah kasatuan unit terkecil di dalam masyarakat. Jadi, pendidikan dalam keluarga adalah proses pembentukan mental dan tingkah laku seorang anak manusia secara berkesinambungan dalam unit terkecil di dalam masyarakat. Sejatinya, pendidikan dimulai dari dalam keluarga karena tidak ada orang yang tidak dilahirkan dalam keluarga.

Mengapa pendidikan dalam keluarga penting?? Faktanya, setiap orang yang bersosialisasi dalam masyarakat berasal dari keluarga. Kemampuan bersosialisasi tidak datang secara tiba-tiba melainkan hasil dari suatu pembelajaran panjang dalam keluarga.

Beberapa Tips Cara Mendidik Anak di Era Modernisasi

Pendidikan keluarga di era saat ini akan sangat berbeda pada saat mendidik pada era 80-an atau 90-an. Karena tentu pada saat ini,  pengaruh tekonologi yang hampir menyentuh semua lini kehidupan manusia dan sangat memudahkan tentunya di bandingkan pada masa-masa sebelumnya.

Berikut ini beberapa tips untuk mendidik anak-anak saat ini dalam menghadapi gempuran era modernisasi :

  1. Menanamkan Nilai-nilai Ketauhidan
  2. Menjadi Sahabat dan Mendidik dengan Keteladanan
  3. Mendidik dengan Kebiasaan
  4. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak
  5. Memotivasinya Anak Berbuat Baik
  6. Sediakan Waktu untuk Makan Bersama Anak
  7. Mendidik dengan Reward/Hadiah
  8. Memilih Sekolah yang Islami
  9. Mendidik dengan Hukuman
  10. Memahami Keadaan Anak Secara Baik dan Menggunakan Metode yang Tepat.

Peranan Keluarga Dalam Pendidikan Agama

Pendidikan yang paling utama dalam keluarga ialah yang mencakup pendidikan ruhani anak atau pendidikan agama. Pendidikan agama dimaksudkan untuk meningkatkan potensi spiritual anak agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.

Memasuki era globalisasi yang ditandai dengan berbagai perubahan tata nilai, maka anak harus disiapkan sedini mungkin dari hal-hal yang dapat merusak mental dan moral anak, yaitu dengan dasar pendidikan agama dalam keluarga. Sehingga anak diharapkan mampu menyaring dan tangguh dalam

Pendidikan agama dalam keluarga telah disyariatkan oleh Alloh dalam Al-qur’an dan diinterpretasikan melalui hadits Nabi Muhammad Saw. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Al-Quran Surat At-Tahrim ayat 6.

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. “

Al-Quran Surat Al-Kahfi ayat 46

“ Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi shaleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan. “

Rasululloh Saw bersabda

“Suruhlah anak-anakmu Shalat ketika berusia tujuh tahun, dan pukulah mereka (jika tidak mau) Shalat ketika sepuluh tahun, dan pisahkanlah tempat tidur mereka (HR. Abu Dawud)

Dari beberapa keterangan diatas, baik Al-qur’an maupun hadits mengisyaratkan bahwa pendidikan dalam keluarga itu sangat penting terutama dalam pendidikan agama. Pendidikan yang ditanamkan orang tua pada anak merupakan landasan dasar berpijak anak dalam berpikir dan berkembang secara jasmani, rohani dan mental anak.

Semoga informasi di atas dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi para sahabat semua.

Belum ada Komentar untuk Pentingnya Pendidikan Dalam Keluarga

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Pentingnya Pendidikan Dalam Keluarga

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.