Beranda » Puasa » Menu Untuk Berbuka Puasa dan Persiapan Sahur

Menu Untuk Berbuka Puasa dan Persiapan Sahur

T Diposting oleh pada 14 June 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 232 kali

Menu Berbuka Puasa dan Menu Sahur pada bulan Ramadhan ini sangat perlu kita perhatikan. Bukan sekedar makan minum apa saja atau sesuai yang kita suka pada saat berbuka puasa atau pada saat bersantap sahur. Pastinya pilihan menunya harus dipersiapkan dengan menu makanan yang sehat dan bergizi.

Mengapa perlu makanan dan minuman yang bergizi untuk berbuka pausa dan sahur ? Supaya kita tetap bugar dan bersemangat dalam menjalani aktivitas pekerjaan meski sedang berpuasa. Asupan makanan dengan kandungan gizi yang baik untuk kita tentunya harus kita ketahui agar mendukung kondisi kesehatan dan kebugaran kita.

Berikut ini kami berikan ulasan mengenai menu yang bisa kita gunakan untuk berbuka puasa dan sahur yang merupakan makanan sehat :

MENU BERBUKA PUASA

*) Kurma

Menyantap kurma pada saat berbuka puasa sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW. 3 butir kurma cukup untuk menu berbuka puasa, cukup sehat dan menyenyangkan. Kurma mampu memberikan energi pengganti tubuh yang hilang saat berpuasa seharian penuh. Biasanya kurma menjadi menu ta’jil atau makanan pembuka saat berbuka puas.

*) Buah

Buah baik dikonsumsi saat berbuka puasa sebagai menu takjil, karena tergolong makanan yang ringan untuk dikonsumsi sehingga mudah dicerna pada saat kali pertama menerima asupan pada saat berbuka. Beragam jenis buah yang bisa dikonsumsi seperti pisang, mangga, melon, apel, air buah kelapa dll.

*) Capcay

Capcay bagus dikonsumsi pada saat berbuka puasa karena merupakan perpaduan dari sayuran seperti sawi, kembang kol, brokoli, wortel, dll. Serta tambahan protein hewani seperti bakso, daging sapi, daging aya, ikan, sosis dll.. Kita bisa mendapatkan makanan sehat dan nikmat sekaligus mengenyangkan, perpaduan protein nabati (dari sayuran) dan protein hewani (dari daging hewan).

*) Rendang

Rendang bisa menjadi pilihan favorit pada saat berbuka puasa, karena dimasak dngan aneka bumbu yang khas sehingga menghasilkan perpaduan rasa yang lezat, di samping memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh manusia. Pada umumnya rendang disajikan bersama nasi hangat dan sayuran.

menu berbuka puasa dan sahur

MENU SAHUR

Bersantap sahur di pagi hari sebelum datangnya waktu imsak menjadi penting ketimbang berbuka puasa. Karena menu sahur berkaitan langsung dengan kondisi kita pada saat berpuasa. Tubuh harus dibekali nutrisi yang cukup untuk kebugaran kita pada saat aktivitas harian kita.

Beberapa pilihan menu sahur yang bisa kita persiapakan, antara lain :

*) Omelet

Mempersiapkan menu omelet cukup singkat sekitar 5-10 menit saja. Cukup telur ditambahkan dengan menu lain yang kita sukai seperti bayam, jamur, juga sosis. Cukup mudah membuatnya meski kita masih mengantuk di pagi buta mempersiapkanya.

*) Sandwich

Menyantap sandwich juga bisa jadi pilihan, karena juga cukup simpel disamping nutrisi yang ada didalamnya cukup untuk kebugaran saat berbuka puasa. Tinggal mempersiapkan roti tawar, atau roti gandum , ham, tomat, daging asap dengan tambahan telur rebus. Menyantap sandwich dijamin sehat selain mengenyangkan, apalagi ditambah dengan segelas susu hangat.

*) Ikan Tuna

Pilihan menu sahur yang agak berat bisa memilih ikan tuna ditambah dengan sedikit garam dan merica. Disajikannya dengan kentang panggang campur brokoli atau keju. Bisa juga dicampur dengan semangkuk sup jamur yang hangat. Nutrisi yang dikandung dari ikan tuna sangat cukup untuk kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan kita pada saat berpuasa.

 

AIR PUTIH

Mengkonsumsi air putih sangat perlu untuk diperhatikan. Karena pada saat berpuasa selama kurang lebih 12 jam tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Maka mengkonsumsi air putih penting untuk menunjang tubuh dalam beraktivitas puasa selain asupan makanan yang sehat dan bergizi. Usahakan selalu mengkonsumsi air utih minimal 1 liter perharinya.

 

Demikianlah sekilas artikel untuk persiapan berbuka puasa dan menu sahur yang baik untuk kebugaran tubuh manusia saat berpuasa.

 


Ingin berbagi dengan anak-anak yatim binaan Yayasan Nurul Ihsan dalam mempersiapkan Paket Bingkisan Lebaran untuk 80 anak yatim binaan kami. Silakan hubungi kami di 021-8625728 | 081288183400.

Atau salurkan donasi Anda melalui rekening bank kami :

  • Bank Mandiri, no. rek. 006.00.0609147.8
  • Bank BRI, no. rek. 0997.01.003230.50.0
  • Bank Syariah Mandiri, no. rek. 7085.2222.22

 

Belum ada Komentar untuk Menu Untuk Berbuka Puasa dan Persiapan Sahur

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Menu Untuk Berbuka Puasa dan Persiapan Sahur

manfaat puasa bagi kesehatan

Puasa Ramadhan Ditinjau Dari Segi Kesehatan

T 11 June 2017 F , A Yayasan Nurul Ihsan

“Berpuasalah, niscaya kamu sehat” (HR Thabrani). Begitu dikatakan dalam sebuah hadits. Dari hadits tersebut Rosululloh menjelaskan bahwa dibalik puasa ada hikmah bagi manusi yakni kesehatan baik  jasmani maupun rohani. Tubuh manusia mempunyai mekanisme alamiah yang dipergunakan untuk mangatasi kondisi-kondisi yang... Selengkapnya

ramadhan di rusia

Melihat Kemeriahan Ramadhan Di Berbagai Negara (bag.1)

T 12 June 2017 F , A Yayasan Nurul Ihsan

Shoum atau Puasa adalah salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan kaum muslimin di seluruh dunia  ketika datang bulan Ramadan. Ibadah ini tidak cuma menahan lapar dan haus  saja, tetapi juga upaya menahan hawa nafsu. Kewajiban ini adalah salah satu bentuk... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai kegiatan sosial kami.