SEKILAS INFO
  • 1 bulan yang lalu / Niatkan Qurban Anda tahun ini, InsyaAllah terkabul segenap doa
WAKTU :

Mengenal Bisnis Startup dan Perkembangannya di Indonesia

Terbit 5 March 2017 | Oleh : Admin Web YNI | Kategori : Wira Usaha
Mengenal Bisnis Startup dan Perkembangannya di Indonesia

Starup saat ini sudah sangat populer di telinga kita, bahkan kita mungkin sudah sering melihat banyak bermunculan startup-startup yang baru hadir dan langsung populer.

Dilansir dari Wikipedia.org, startup adalah sebuah perusahaan rintisan, umumnya disebut startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi.

Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Istilah “startup” menjadi populer secara internasional pada masa gelembung dot-com, di mana dalam periode tersebut banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan.

startup

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa bisnis startup adalah bisnis yang baru berkembang, baru mencari bentuk bisnis yang sustainable. Biasasnya bisnis startup ini identik dengan bisnis yang berbau internet, website, dan teknologi.

Dilansir dari techinasia.com bisnis startup mulai berkembang pada akhir tahun 90an hingga tahun 2000, pada masa itu istilah startup mulai dipopularkan dikancah global.

Beberapa karakteristik perusahaan startup, sebagai berikut:

  1. Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
  2. Jumlah pegawai kurang dari 20 orang
  3. Pendapatan kurang dari $ 100.000/tahun
  4. Masih dalam tahap berkembang
  5. Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi
  6. Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital
  7. Biasanya beroperasi melalui website

Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

Untuk bisnis di bidang startup di Indonesia, saat ini sudah meningkat perkembangannya disertai banyak bermunculan starup-starup yang baru yang  hadir di iklan-iklan media elektonik. Setiap tahun banyak pemilik Startup baru bermunculan di indonesia. Potensi pengguna internet Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun tentunya merupakan suatu lahan basah untuk mendirikan sebuah Startup.

Menurut Rama Mamuaya, CEO dailysocial.net, Startup di Indonesia digolongkan dalam tiga kelompok yaitu Startup pencipta game, Startup aplikasi edukasi serta Startup perdagangan seperti e-commerce dan informasi. Menurutnya Startup game dan aplikasi edukasi punya pasar yang potensial dan terbuka di Indonesia. Hal ini dikarenakan proses pembuatan game dan aplikasi edukasi relatif mudah.

Dengan berkembangnya media sosial dan smartphone, pasar untuk mobile game dan social game semakin besar. Sementara itu untuk aplikasi atau website yang bergerak di bidang e-commerce dan informasi, Rama menilai tantangannya di Indonesia masih cukup besar dikarenakan masih minimnya penggunaan kartu kredit.

Jenis Perusahaan Startup

Jenis perusahaan startup sangat beragam seperti pengembangan aplikasi, system pembayaran, jasa, perdagangan dan lain sebagainya. Berikut ini beberpa jenis startup  yang sangat populer, Salah satunya :

  • Bukalapak
  • Gojek
  • com
  • Traveloka, dll.

Itulah sedikit ulasan mengenai bisnis starup dan contoh bisnisnya , semoga dapat bermanfaat bagi sahabat semua.

SebelumnyaApakah Penyakit Hati Bisa Disembuhkan ? SesudahnyaApakah Benar Penyakit Stroke Bisa Disembuhkan ?

Berita Lainnya

0 Komentar
Info Lengkap, Hubungi Kami

Kami dengan senang hati membantu Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Klik Chat di bawah ini.

customer Service

Apriliani

Online

Apriliani

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa Kami bantu ? 00.00